- Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami motor yang tiba-tiba mati ketika memasang aksesoris kelistrikan tambahan di motor. Misalnya mengganti bohlam lampu motor, menambah aksesoris menyerupai klakson atau sistem motorize.
Uniknya komponen-kompoenen tersebut butuh supplai kelistrikan. Dan biasanya bersinggungan pribadi dengan kiprok motor. Kiprok ialah komponen yang bertugas melaksanakan pengaturan listrik motor dan punya sifat sensitif alasannya ialah pribadi berafiliasi dengan aki.
Dalam bahasa teknisnya kiprok disebut rectifier regulator dengan maksud penyearah sistem contohnya mengatur perubahan jenis listrik AC-DC sebelum disimpan ke dalam aki.
Kiprok itu terkadang masih fungsi untuk mengecas aki motor akan tetapi ketika kiprok itu sudah rusak kesannya tidak sanggup membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai contoh idealnya tegangan yang keluar dari kiprok pada motor yaitu ±15V tanpa ada beban.
Kiprok bermasalah akan menjadikan ketidaknyamanan ketika berkendara. Apalagi kalau sudah menjadikan motor mati total. Oleh alasannya ialah itu baiknya lakukan service secara bersiklus dan menyidik tegangan aki. Sehingga kita sanggup memantau kinerja kiprok motor.
Sumber : metrotv
Sumber http://www.blogotech.netUniknya komponen-kompoenen tersebut butuh supplai kelistrikan. Dan biasanya bersinggungan pribadi dengan kiprok motor. Kiprok ialah komponen yang bertugas melaksanakan pengaturan listrik motor dan punya sifat sensitif alasannya ialah pribadi berafiliasi dengan aki.
Dalam bahasa teknisnya kiprok disebut rectifier regulator dengan maksud penyearah sistem contohnya mengatur perubahan jenis listrik AC-DC sebelum disimpan ke dalam aki.
Aksesoris lampu berlebihan
Menggunakan aksesoris lampu berlebihan, sanggup menawarkan beban besar terhadap kiprok. Sedangkan regulator maksudnya pengatur segala hal yang berkaitan dengan listrik di motor. Ilustrasinya menyerupai apabila aki motor sudah terisi penuh daya listriknya, kiprok yang akan menyalurkan listrik ke belahan lain dan menghentikan pasokan listrik ke aki. Namun Anda sanggup memperhatikan tanda tanda-tanda yang ada ketika kiprok motor mulai bermasalah.Lampu Redup
Salah satu penyebab kiprok mati perlu diganti ialah lampu depan yang terkadang tiba-tiba redup. Bisa juga lampu pribadi mati bila arus dari sepul dalam kondisi baik maka ada kemungkinan besar kiprok motor mati. Atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa terhubung pribadi atau melekat kabelnya.Aki Cepat Soak
Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya ialah aki motor yang cepat soak. Kalau kondisi sepul dan suplai arus berjalan normal ada kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak sanggup digunakan.Kiprok itu terkadang masih fungsi untuk mengecas aki motor akan tetapi ketika kiprok itu sudah rusak kesannya tidak sanggup membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai contoh idealnya tegangan yang keluar dari kiprok pada motor yaitu ±15V tanpa ada beban.
Waspada memotong kabel kiprok, alasannya ialah sanggup jadi masih menyimpan arus listrik. Apabila motor mengalami persoalan menyerupai gejala-gejala di atas, segera bawa ke daeler resminya untuk pengecekan atau perbaikan biar motor kembali maksimal atau prima kembali.
Kiprok bermasalah akan menjadikan ketidaknyamanan ketika berkendara. Apalagi kalau sudah menjadikan motor mati total. Oleh alasannya ialah itu baiknya lakukan service secara bersiklus dan menyidik tegangan aki. Sehingga kita sanggup memantau kinerja kiprok motor.
Sumber : metrotv