Tuesday, October 10, 2017

√ Download Rpp Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi


Sahabat guru di seluruh Indonesia yang berbahagia, kali ini Jendela sekolah.net bagikan RPP Kelas 4 semester 2 Kurikulum 2013 edisi revisi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Revisi ini merupakan perbaikan/penyempurnaan yang disesuai Buku Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan  RPP ini diperlukan sanggup membantu sahabat  guru dalam mempersiapkan manajemen kelas atau setidaknya sebagai tumpuan sahabat guru sehingga akan mempermudah tugas-tugas sahabat guru, dan pada alhasil pembelajaran akan berhasil secara optimal.
RPP K 13 Kelas 4 Semester 2 Revisi
RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi ini terdiri dari 4 Tema, 4 Subtema dan setiap Tema terdiri dari 6 pembelajaran. Adapun 6 tema tersebut adalah; Tema 6 Cita-citaku, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, dan tema 9 Kayanya Negeriku.

RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi bisa diunduh di bab bawah posting ini

Baca Juga:

Contoh  RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013



Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  4 /2
Tema                           :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                    :  Aku dan Cita-citaku  (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara mulut dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6  
Melisankan puisi hasil karya langsung dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : IPA
No
Kompetensi Dasar
3.2  


Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2  


Membuat sketsa siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.

C.    TUJUAN
1.      Melalui acara mengamati dan berdiskusi, siswa bisa mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
2.      Melalui acara menciptakan kesimpulan, siswa sanggup menyajikan hasil pengamatan wacana ciri-ciri puisi secara terperinci.
3.      Melalui kegiatan  melakukan pengamatan, siswa bisa mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
4.      Melalui acara menyusun gambar tahapan pertumbuhan binatang dan tumbuhan, siswa bisa menciptakan sketsa siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

D.    MATERI
  1. Ciri-ciri puisi
  2. Siklus makhluk hidup

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memperlihatkan salam dan mengajak berdoa berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali acara pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
1.      Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 wacana seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas wacana banyak sekali pekerjaan yang menjadi impian antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
2.      Guru mengaitkan acara ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
3.      Guru sanggup memperlihatkan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa wacana topik Cita-Citaku.

Pertanyaan:
  • Apakah yang dimaksud dengan cita-cita?
  • Apakah kau mempunyai cita-cita?
  • Apakah cita-citamu?

4.      Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan  berbagai profesi. Siswa kemudian mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
5.      Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 wacana pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi  yang dipilihnya tersebut.

Ayo Membaca
1.      Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Gurumembimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan memakai pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.

a.       Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
b.      Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
c.       Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kau sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
·         Apakah kau menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
·         Apakah kau menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
·         Tuliskan suara vokal dari kata terakhir setiap baris!
·         Apakah kau menemukan keteraturan suara vokal kata terakhir dalam setiap baris?
d.      Tunjukkan keteraturan itu!
2.      Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan wacana ciri-ciri puisi.
3.      Kegiatan ini dipakai sebagai acara untuk memahamkan kepada siswa wacana ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)


Ayo Berlatih
1.     Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa kemudian menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
2. Siswa membaca dan memahami teks isu wacana impian mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  profesi menjadi seorang dokter binatang serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Guru sanggup memperlihatkan pertanyaan:
  • Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
  • Apakah kiprah utama seorang dokter hewan?


Ayo Mengamati
1.      Siswa mengamati beberapa gambar binatang peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar bawah umur binatang dan binatang yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa kemudian mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Guru sanggup memperlihatkan pertanyaan:
· Apakah kalian mempunyai binatang peliharaan?
· Apakah binatang peliharaanmu mempunyai anak?
· Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuh  an binatang yang kau ketahui?

Ayo Berdiskusi
1.      Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan binatang yang terdapat pada halaman 8. Siswa kemudian menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan binatang tersebut menjadi tahapan pertumbuhan binatang yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya wacana tahapan pertumbuhan binatang tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.
150 menit
















Penutup
A.    Ayo Renungkan
·         Sikap apakah yang perlu dibangun untuk memilih cita-citamu?
·         Manfaat apakah yang sanggup kau berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
·         Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara binatang peliharaan?
Sebagai acara penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam menciptakan kesimpulan besar wacana kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
·         Sikap apa saja yang perlu mereka berdiri dalam menggapai cita-cita.
·         Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain dengan impian yang mereka miliki tersebut.
Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara binatang peliharaan.

B.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi wacana tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut.

C.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
  4. Video/slide.
  5. Gambar binatang dan tumbuhan,
  6. Contoh-contoh puisi.
  7. Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric evaluasi sebagai berikut.

1.      Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: rubrik 
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.


Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas 4 



………………………………
NIP………………………….

 RPP Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi dapat di unduh pada link berikut:



Demikian info terkait RPP Kelas 4 Lurikulum 2013 Revisi kali ini gampang mudahan bermanfaat, kalau posting ini berkesan silakan bagikan. Terimakasih




Sumber http://jendeladuniamaju.blogspot.com