Wednesday, November 1, 2017

√ Cara Menjadi Dropshipper Sukses Dalam 4 Langkah Sederhana

Bagaimana sih cara menjadi dropshipper? Ayo kita bahas mulai dari awal hingga tuntas di sini. Menjadi dropshiper yaitu salah satu cara paling gampang untuk mulai menghasilkan uang secara online di tahun ini. Hal ini didasari dengan pertumbuhan pasar dan toko online yang sangat cepat dan artinya kita sanggup ikut serta terjun dalam perjuangan online tersebut.

Tetapi dengan ramainya pasar tersebut tentunya persaingan juga sangat kompetitif. Jika Anda berniat untuk mulai bisnis online dropship baik sebagai perjuangan sampingan atau menggantikan pekerjaan utama Anda sanggup mencoba cara menjadi dropshipper yang akan uraikan dengan singkat dan melalui langkah-langkah sederhana.

Ada ribuan orang di dunia yang bisa menghasilkan pendapatan dari dropship hingga mencapai lima, enam, bahkan tujuh digit angka dan artinya tidak ada alasan bagi Anda tidak bisa ibarat mereka. Dalam panduan memulai bisnis dropship ini kami akan mengatakan kepada Anda cara memulai perjuangan dropship dalam 4 langkah mudah.

Memahami bagaimana bisnis dropshipping bekerja sebelum mencobanya yaitu salah satu hal penting alasannya yaitu cara kerjanya cukup berbeda dengan bisnis ritel ataupun e-commerce tradisional.

Dropship yaitu metode administrasi pemasaran yang bersifat ibarat rantai di mana penjual atau pengecer tidak mempunyai barang persediaan namun sanggup menjual memasarkan barang milik supplier kepada konsumen.

Dalam sistem kerja yang sederhana, dropship sanggup digambarkan seperti:

  1. Pembeli mendapat barang dari Anda dengan harga eceran.
  2. Anda sebagai pengecer meneruskan pesanan kepada pemasok barang dan membayarnya dengan harga grosir.
  3. Pemasok mengirimkan barang sesuai dengan pesanan menggunakan nama bisnis Anda.

Hal ini berarti pelaku dropship tidak perlu membeli dan menyimpan stok barang sehingga akan menekan biaya modal dan tempat. Selain itu, juga meminimalkan risiko kerugian akhir stok barang yang tidak laris terlalu banyak. 
Maka dari itu, ketika ini dropship banyak diminati alasannya yaitu bisa dijalankan dengan model relatif kecil dibandingkan dengan bisnis model usang yuang harus menyiapkan stok barang sendiri.

 Ayo kita bahas mulai dari awal hingga tuntas di sini √ Cara Menjadi Dropshipper Sukses Dalam 4 Langkah Sederhana

Cara Menjadi Dropshipper Sukses Melalui Persiapan yang Matang

Selain perilaku positif, etos kerja baik, dan kesepakatan dalam membangun bisnis baru, hanya ada beberapa hal penting yang diharapkan untuk mulai menjadi dropshipper. Antara lain:
  • Produk untuk dijual
  • Pemasok (supplier) produk tersebut
  • Tempat untuk menjual
  • Dan teknik pemasaran
Untuk bagaimana cara mulai menjadi dropshipper, silakan baca hingga selesai pembahasan lengkapnya berikut.

Langkah 1: Memilih Niche Produk

Niche yaitu segmen pasar. Contohnya speaker bluetooth dan headphone termasuk ke dalam niche peralatan audio rumahan. Semakin spesifik dalam menentukan niche produk yang akan dijual maka semakin baik. Memilih niche yaitu langkah awal untuk menjadi dropshipper.

Meningkatnya popularitas dropship berarti semakin sulit untuk menemukan niche yang belum jenuh. Namun tidak usah khawatir alasannya yaitu setiap ahad bahkan hari niche gres terus bermunculan sehingga peluang bisnis online ini sanggup dikatakan tidak terbatas.

Kesalahpahaman umum wacana dropship yang sering dialami oleh seseorang yang gres ingin memulai yaitu mereka berpikir bahwa sanggup sukses dan mendapat banyak laba ketika mengambil semua jenis niche. Padahal itu tidak benar. Jika Anda mengambil niche yang sudah dipenuhi oleh pemain besar, maka sebagai pemula akan mengalami kesusahan dalam hal persaingan pasar.

Berikut yaitu beberapa cara untuk membantu Anda dalam menentukan niche dropshipping yang akan menghasilkan uang secara online pada tahun ini.
  • Mulailah dengan minat dan hobi Anda: Cari tahu apa hobi Anda. Jika menyukai perjalanan atau hiking di luar ruangan kemungkinan besar akan mengetahui seputar produk dan tren pasar yang sanggup membantu mengidentifikasi peluang yang berkaitan dengan hobi tersebut.
  • Melihat persoalan yang sering dialami diri sendiri: Ini yaitu teori wirausahawan lama. Teorinya yaitu kalau kita mempunyai persoalan dalam kehidupan maka sangat mungkin bahwa orang lain juga mempunyai persoalan yang sama. Jika sanggup menemukan produk yang bisa memecahkan persoalan tersebut, mungkin itulah niche yang bisa dicoba.
  • Teliti kompetisi: Apakah niche yang kau minati terlalu berat persaingannya? Jika demikian, apakah bisa memenangkan persaingan tersebut? Anda mungkin akan menemukan niche yang diminati telah diambil oleh pemain besar. Namun bukan berarti Anda tidak sanggup masuk dalam persaingan tersebut yang terpenting yaitu persiapan untuk memenangkan kompetisi.
  • Pastikan sanggup mengatakan keuntungan: Tujuan bisnis untuk menghasilkan uang bukan? Oleh alasannya yaitu itu, perlu menyidik profitabilitas setiap niche dan wangsit produk yang akan diambil. Setidaknya mendapat laba margin di atas 40% sesudah dipotong biaya pengiriman, penjualan, dan pajak (bila menggunakan pajak). Tapi, tetap saja utamakan mendapat margin 100% atau lebih.

Sampai di sini Anda sudah menemukan kriteria niche yang potensial, selanjutnya sanggup mempersempit wangsit produk tersebut. Setidaknya harus melaksanakan brainstroming 10-20 wangsit produk dan kemudian menelitinya dengan anutan di atas tadi untuk menentukan mana yang masuk ke dalam pilihan.
Setelah selesai pada tahap tadi, mungkin hanya akan mempunyai beberapa wangsit produk yang dianggap lolos seleksi. Jika belum menemukan, ulangi proses dari awal lagi. Tetapi, bila sudah ada satu wangsit produk yang dianggap potensial, Anda siap untuk menuju tahap selanjutnya.

Langkah 2: Menemukan Supplier Dropship

Bagi banyak pedagang online, menemukan supplier yang bisa diandalkan yaitu bab paling sulit dalam tahapan memulai jualan. Dengan mempunyai supplier handal akan memudahkan upaya menjaga kualitas produk dan ketepatan waktu ketika proses pengiriman barang kepada pelanggan. Dalam dropship, supplier yaitu kawan bisnis terpenting.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Supplier?
  • Memiliki pengalaman dan staf yang membantu: Anda harus mempunyai supplier yang mempunyai pengalaman bertahun-tahun dengan dunia dropshipping alasannya yaitu supplier akan mengambil banyak tanggung jawab dalam kelancaran bisnis online Anda sehingga diharapkan kemampuan dan pengalaman lebih.
  • Tidak memberi biaya pelengkap pada pesanan barang: Hal ini sangat masuk akal bagi supplier untuk mengatakan beban biaya ringan pada dropshipper. Bagaimanapun mereka seharusnya tidak mengatakan biaya pelengkap untuk packing dan jasa pengiriman barang ke layanan ekspedisi. Kalaupun ada, seharusnya hanyalah biaya pengiriman pada jasa ekspedisi dengan jumlah sesuai alamat tujuan.
  • Responsif atau cepat tanggap: Jika Anda melaksanakan dropship dari luar negeri kemungkinan besar akan mendapat supplier dari Cina sehingga tidaklah mungkin barang hingga tujuan dalam waktu sehari. Namun, sebaiknya pastikan pelanggan bisa mendapat barang pesanan mereka secepat mungkin. 
  • Mempunyai produk berkualitas dan isu lengkap: Anda harus memastikan produk yang akan dijual mempunyai kualitas cukup baik sehingga mendapat respon konkret dari pembeli. Selain itu, supplier idealnya mempunyai pola gambar dan isu seputar barang yang sanggup digunakan oleh dropshipper menentukan berapa harga jual kepada konsumen.

Di mana sanggup menemukan supplier yang bagus?
Pada dasarnya terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk menemukan supplier yang baik. Berikut ini pembahasan secara garis besar.
  • Mencari supplier secara online: Anda bisa menulis ke pencarian Google "supplier" maka akan muncul isu yang dibutuhkan. Tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa mempunyai ulasan yang baik sebelum tetapkan untuk mengambil barang dari sana.
  • Mencari dengan mengunjungi secara offline: Ini yaitu cara paling kondusif untuk mendapat supplier berkualitas. Namun akan memerlukan waktu lebih usang dalam mendapatkannya.

Langkah 3: Memilih Platform Penjualan

Sampai di sini saya anggap Anda sudah mempunyai produk serta supplier dan siap untuk menghasilkan uang dengan menjual barang. Memilih platform penjualan yang sempurna sangat penting untuk menentukan keberhasilan perjuangan online. Tetapi, platform mana yang terbaik? 

Anda harus tetapkan antara menjual melalui toko online milik pihak ketiga atau membangunnya sendiri. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari dua pilihan tersebut.

Menggunakan Toko Online Pihak Ketiga
Kekurangan:
  1. Persaingan harga sangat ketat alasannya yaitu di dalamnya terdapat banyak penjual yang memasarkan barang serupa.
  2. Anda mempunyai kontrol terbatas pada platform tersebut.
  3. Konsumen tidak akan tertuju pribadi pada barang milik Anda.

Kelebihan: 
  1. Hemat biaya alasannya yaitu tidak perlu menyewa jasa pengembang web untuk menciptakan toko online.
  2. Sangat gampang untuk mulai menjual. Hanya dengan menciptakan akun, pribadi sanggup memasarkan produk.
  3. Kepercayaan pelanggan terhadap platfrom tersebut sudah baik.

Menggunakan Toko Online Milik Sendiri
Kekurangan:
  1. Membutuhkan biaya lebih untuk membangun website.
  2. Pelanggan akan berpikir dua kali sebelum toko online milikmu terkenal.
  3. Harus menguasai ilmu SEO untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Kelebihan:
  1. Dapat mengatur kendali secara penuh terkait desain, tata letak, branding, dan kebijakan.
  2. Tidak ada persaingan pribadi dari platform yang sama.
  3. Jika telah berkembang sanggup menjadi platform yang bisa menyaingi pihak ketiga.

Apabila Anda mempunyai niat, waktu, dan uang untuk berinvestasi dalam bisnis dropshipper dengan membangun toko online sendiri? Lebih baik memulai dengan menggunakan toko online pihak ketiga dan sesudah mempunyai cukup pelanggan sanggup mengarahkan mereka untuk bertransaksi melalui toko online milikmu sendiri. Selain hal di atas, sesungguhnya Anda juga bisa memanfaatkan sosial media ibarat Instagram, twitter, bahkan YouTube.

Langkah 4: Menerapkan Strategi Akuisisi atau Pemasaran

Ini yaitu tahap terakhir dalam menjalankan dropshipper. Setelah menentukan platfrom, dari sinilah pelanggan tiba dan mulai mengatakan laba buatmu. Akuisisi pelanggan yaitu seni persuasi di mana kebanyakan orang menganggapnya sebagai iklan dan pemasaran. Terdengar dari kata iklan tampaknya membutuhkan banyak biaya bukan? Tapi jangan berpikir ke situ terlebih dahulu alasannya yaitu ada dua jalur yang berbeda, yaitu jalur cepat (berbayar) dan jalur lambat (gratis) untuk mendapat pelanggan baru. Mari kita lihat kedua taktik tersebut lebih mendalam.

Hasil Cepat (Berbayar)

Iklan Facebook Untuk Dropshipper
Facebook yaitu pltafrom media umum terbesar di dunia dan ini yaitu daerah yang sempurna untuk memasang iklan produk alasannya yaitu sanggup memanfaatkan audiens yang besar. Inilah cara Facebook menghasilkan uang sehingga setiap pelanggan yang tiba dari iklan yang Anda tayangkan akan dikenakan biaya. Iklan Facebook yaitu pilihan yang manis alasannya yaitu beberapa alasan berikut:
  • Dapat dikontrol berapa besar biaya yang dikeluarkan setiap hari.
  • Bisa menargetkan demografi dengan spesifik (lokasi, hubungan, minat, jenis kelamin, dan status)
  • Dapat menjaring calon pembeli lebih cepat bila iklan sempurna sasaran.
  • Membantu mengenalkan merek dagang kepada masyarakat luas.
  • Iklan dengan kata-kata menarik sanggup menjadi firal alasannya yaitu dibagikan oleh banyak pengguna. Itu artinya sama saja Anda mendapat iklan gratis dari tiap akun yang membagikan iklan.

Google Ads untuk eCommerce
Selama ini Google menjadi mesin pencari paling terkenal di dunia. Apabila mempunyai toko online dan ingin peringkat pertama pada halaman Google. Anda bisa mendapatkannya dengan cara organik maupun memasang iklan biar muncul di peringkat atas dalam kueri pencarian tertentu. Google Ads yaitu pilihan yang manis alasannya yaitu alasan berikut:

  • Anda akan menang dalam kata kunci pencarian yang tertarget.
  • Adword yaitu layanan iklan terbesar di dunia dan terintegrasi dengan banyak sekali platform (YouTube, pencarian Google, blog/website).
  • Tidak berbeda dengan FB Ads, di sini anda juga sanggup menargetkan demografi secara spesifik.

Hasil Lambat (Gratis)

Pemasaran Melalui Forum
Anda sanggup menemukan lembaga diskusi yang aktif membahas produk terkait. Di sana cobalah ikut andil dalam diskusi dan mencari kesempatan untuk mengatakan barang milik Anda dengan mencantumkan link menuju halaman pembelian produk.

Pemasaran Media Sosial
Memang sedikit sulit untuk mendapat jangkauan organik dari media sosial, tetapi hal ini masih mungkin dilakukan apabila sering dan konsisten untuk membuatkan dan mengatakan melalui banyak sekali konten menarik.

Baca juga: Tips Sukses Jualan Online

Memang tidak gampang dalam menerapkan cara menjadi dropshipper. Namun setiap perjuangan akan mengalami hal di mana posisi awal kita berada pada paling bawah. Terus kembangkan taktik pemasaran dan carilah ilmu gres ibarat SEO, copywriting, dll untuk menunjang bisnis tersebut.

Sumber http://www.ifabrix.com/