Saturday, February 24, 2018

√ Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap Latin, Arab Dan Amalannya

Malam Lailatul Qadar yakni malam yang lebih baik daripada seribu bulan √ Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap Latin, Arab dan Amalannya

Malam Lailatul Qadar yakni malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Apabila kita berdoa dan berusaha mendapat pahala dengan hati yang lapang dada maka Allah SWT dengan gampang akan memberikannya, terutama mengampuni dosa - dosa kita.

Akan tetapi tidak ada yang tahu secara niscaya kapan malam itu terjadi, alasannya yakni Rasulullah SAW juga tidak memberitahunya. Melainkan malam lailatul qadar diperkirakan terjadi di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.

Maka dari itu apabila sudah masuk ke sepuluh hari terkahir, alangkah baiknya kita berdoa dan beribadah sebanyak - banyaknya dengan khusyu dan hati yang ikhlas.

Aisyah radiallahu 'anha bertanya kepada Nabi SAW :


يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ القَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا؟ قَالَ: قُولِي: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي “

Wahai Rasulullah, kalau saya menjumpai malam lailatul qadar, apa yang harus saya ucapkan di malam itu ? Beliau menjawab : Ucapkanlah : Allahumma Innaka 'Afuwwun...

(HR. Ahmad 25384, At-Turmudzi 3513, Ibn Majah 3850, An-Nasai dalam Amal Al-yaum wa lailah, dan Al-Baihaqi dalam Syua’bul Iman 3426)

Abu 'Itsa At Tirmidzi menyampaikan bahwa hadist diatas shahih, begitu juga dengan Al Hafizh Abu Thohir.

Doa Malam Lailatul Qadar

Kaprikornus doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW apabila kita mendapat malam lailatul qadar, yakni dengan membaca doa :

اللَّهُمّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فاعْفُ عَنِّي

(Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni)

Artinya : Ya Allah bergotong-royong Engkau Maha Pemaaf yang menyukai undangan maaf. Maka maafkanlah aku. (Diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi, al-Nasa’ dan Ibn Majah)

Ucapkan doa tersebut sebanyak - banyaknya di malam lailatul qadar, alasannya yakni di malam tersebut yakni waktu yang mustajad untuk berdoa kepad Allah SWT. Dan doa diatas sudah niscaya kebenarannya, alasannya yakni Rasulullah SAW lah yang memerintahkan istrinya untuk mengucapkan doa tersebut.

Amalan Lain di Malam Lailatul Qadar

Disamping berdoa sebanyak - banyaknya, kita juga dapat menyelingi doa dengan melaksanakan ibadah lainnya menyerupai shalat wajib juga sunah, membaca Al - Quran, dan berzikir. Meskipun akan lebih baik dilakukan pas di malam itu, akan tetapi tidak ada salahnya apabila kita melakukannya di siang hari juga. Bahkan akan lebih baik lagi apabila kita terbiasa melakukannya meskipun bukan di bulan Ramadhan.

Penutup

Kaprikornus itulah doa malam lailatul qadar latin, silahkan catat dan hafal. Jangan lupa bacakan doa tersebut sebanyak - banyaknya semoga kita jadi insan yang disukai Allah SWT.

Sumber http://www.siddiqrn.net/