Friday, February 23, 2018

√ Mengenal Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Untuk Orangtua

 Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD merupakan upaya dalam membina anak semenjak la √ Mengenal Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Orangtua


Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini – Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD merupakan upaya dalam membina anak semenjak lahir hingga umur enam tahun. Pendidikan ini untuk membantu pertumbuhan, merangsang kinerja otak anak, membantu perkembangan jasmani dan rohani. Pendidikan Anak Usia Dini masuk ke dalam aturan yang tercantum pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, amandemen Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 C, UU No. 23/2002, dan UU No. 20/2003.


Baca Juga : Adakah Nilai Positif Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!


Penyelenggaraan PAUD dilaksanakan sebelum anak masuk ke jenjang pendidikan dasar. PAUD sanggup diselenggarakan melalui pendidikan formal, non formal dan informal.


PAUD yang dilakukan secara formal misalnya yaitu sekolah taman kanak-kanak, raudhatul Athfal atau lainnya. Pendidikan Anak Usia Dini jalur non formal misalnya taman bermai dan penitipan anak. Sedangkan jalur informal misalnya PAUD dilakukan di lingkungan keluarga serta masyarakat.


Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini


Tujuan PAUD secara umum ialah membuatkan dan menumbuhkan potensi yang berada di dalam diri anak semenjak dini. Dengan begitu, anak bisa mempersiapkan untuk beradaptasi pada lingkungan sekitarnya. Bila ditinjau dari aspek didaktis, tujuan pendidikan anak usia dini terdiri dari dua tujuan utama.


Tujuan pertama untuk menumbuhkan sikap, keterampilan dan perilaku tanggung terhadap setiap tindakan yang dilakukan. Tujuan kedua yaitu memberitahu anak bagaimana cara mempelajari bahan pendidikan dari tingkatan dasar dengan menerapkan empat pilar pendidikan UNESCO (learning to live together, learning to be, learning to do, dan learning to know). Tujuan PAUD sanggup dicapai memakai pendekatan belajarlerning by playing.


Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini


Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini menurut tujuannya dibedakan menjadi 4 yaitu fungsi bermain, sosialisasi, fungsi pengembangan, danfungsi adaptasi. Penjelasan masing-masing fungsi sanggup dilihat pada berikut ini.


1. Fungsi bermain


Bermain merupakan hak yang harus didapatkan oleh anak, jadi selama pembelajaran PAUD tidak luput dengan berguru sambil bermain, kemudian sanggup mengeksplorasi membentuk pengetahuannya.


2. Fungsi sosialisasi


PAUD berperan dalam membantu biar anak melaksanakan sosialisasi dengan baik. Berbeda kalau anak di rumah saja, mereka tidak bertemu sahabat sebanyanya untuk bermain dan sosialisasi. Pendidikan yang diberikan menciptakan anak lebih banyak melaksanakan interaksi baik dengan guru atau temannya.


3. Fungsi pengembangan


Fungsi pengembangan membantu anak biar mengetahui potensi yang dimilikinya. Berbagai rangkaian aktivitas di PAUD bisa menumbuhkan potensi anak. Bila potensinya sudah diketahui maka, tinggal diasah supaya sanggup berkembang dengan baik.


4. Fungsi adaptasi


Fungsi terakhir ialah adaptasi. Melalui PAUD, anak dibantu melaksanakan pembiasaan ke lingkungan rumah maupun di sekolah. Anak tidak takut lagi kalau bertemu dengan orang lain di lingkungannya, bahkan mereka tidak segan melaksanakan adaptasi.


Itulah beberapa fungsi Pendidikan Anak Usia Dini. Untuk lebih yakin lagi memperlihatkan pendidikan PAUD kepada anak, sebaiknya anda mengetahui pentingnya melaksanakan pendidikan anak usia dini.


Pentingnya Melakukan Pendidikan anak usia dini


Terkadang orang menyepelekan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini tidak wajib bagi anak. Padahal pendidikan tersebut sudah menjadi janji dunia. Buktinya terdapat beberapa janji dunia yang salah satunya telah diungkapkan janji Jomtien Thailand (1990) yang menyatakan pendidikan itu diberikan semenjak lahir hingga menjelang ajal. Oleh sebab itu PAUD begitu penting untuk dilakukan.


Berikut merupakan alasan kenapa pentingnya dilakukan Pendidikan Anak Usia Dini.



  1. PAUD dilaksanakan selama masa golden age. Pada masa ini, otak anak mengalami tahapan perkembangan hingga 80%. Pendidikan yang diberikan ketika golden age bisa mempercepat perkembangan otak.

  2. PAUD memperlihatkan training anak semenjak dini untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan kesehatan yang memperlihatkan imbas baik terhadap produktivitas, prestasi berguru serta etos kerja.

  3. PAUD membantu orangtua mengetahui kepribadian anak semenjak dini. Selain itu, PAUD juga membantu dalam menampakkan talenta dan minat anak terhadap sesuatu.

  4. Anak yang menempuh PAUD di umur 0 hingga 6 tahun bisa mencapai keberhasilan berupa prestasi di sekolah.


Baca Juga : Jangan Salah! Berikut Tips Memilih Game Android Yang Baik Untuk Anak-Anak


Itulah alasan kenapa Pendidikan Anak Usia Dini penting sekali diberikan kepada anak. Sebagai orangtua semestinya Kita memperlihatkan pendidikan terbaik untuk anak semenjak dini, supaya gampang dalam menggapai keberhasilan di masa depannya.



Sumber http://info-menarik.nett