Thursday, February 22, 2018

√ Mengenal Teknologi Panel Surya, Sumber Energi Terbarukan Kelebihan Kekurangnnya

 Masalah sumber energi memang menjadi suatu hal yang sangat krusial √ Mengenal Teknologi Panel Surya, Sumber Energi Terbarukan Kelebihan  Kekurangnnya


Mengenal Teknologi Panel Surya – Masalah sumber energi memang menjadi suatu hal yang sangat krusial. Tidak hanya di Indonesia saja akan tetapi juga diseluruh dunia. Kebutuhan akan energi yang semakin meningkat setiap harinya sementara sumber energi yang terbatas mau tidak mau menciptakan insan menjadi aleternatif yang sanggup mereka gunakan sebagai sumber energi. Dan salah satunya yakni dengan teknologi panel surya.


Baca Juga : Manfaat Sinar Matahari Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner, Wajib Tahu!


Teknologi panel surya memang bukan merupakan hal baru. Akan tetapi penerapan dari teknologi ini masih dirasa sangat kurang di banyak sekali negara. Padahal jikalau teknologi ini diterapkan maka akan banyak sekali keunggulan yang didapatkan dari pada sumber energi lainnya. Dan berikut ini merupakan isu selengkapnya untuk Anda.


Mengenal Teknologi Panel Surya


Didalam hidupnya, insan mempunyai banyak sekali macam sumber energi dari alam yang tolong-menolong sanggup dipakai bagi kehidupannya. Termasuk matahari. Sinar matahari yang secara konstan sanggup kita nikmati sanggup menjadi sumber energi yang dimanfaatkan akan tetapi pemanfaatan dari sinar matahari ini belum terlalu maksimal. Untuk itulah perlu adanya pemanfaatan sinar matahari yang nantinya akan menjadi kiprah dari teknologi panel surya.


Matahari sebagai sumber energi terbesar di bumi memang sanggup menjadi suatu sumber energi yang memang sanggup dimanfaatkan bagi seluruh umat manusia. Indonesia sendiri yang merupakan negara tropis dan memang terletak di daerah garis khatulistiwa mempunyai potensi yang sangat besar mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Inilah yang diharapkan oleh teknologi panel surya.


Teknologi panel surya atau juga yang disebut sebagai solar panel, merupakan sebuah alat atau pembangkit listrik yang sanggup mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik. Teknologi ini menjadi sebuah wujud kasatmata perjuangan insan untuk mencari alternatif energi terbarukan yang memanfaatkan alam.


Teknologi panel surya ini dianggap sebagai teknologi masa depan lantaran sifatnya yang sanagt ramah lingkungan dan juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semakin banyalnya sinar matahari yang diserap oleh panel surya ini maka akan semakin banyak pula energi listrik yang akan dihasilkan.


Didalam teknologi panel surya tersebut terdapat sebuah kawat yang diikatkan ke sirkuit sentra dan saat sinar cahaya yang ditangkap oleh panell surya tersebut mengenai semikonduktor yang ada maka sinar cahayq tersebut akan secara otomatis terubah menjadi sebuah energi listrik yang ramah lingkungan.


Teknologi panel surya ini tolong-menolong bukan hal gres dalam bidang teknologi, buktinya yakni negara Jepang yang ternyata semenjak tahun 1980-an sudah mencoba berbagi teknologi ini sebagai suatu bentuk energi alternatif yang terbarukan dan sangat ramah lingkungan.


Di Indonesia sendiri, pemanfaatan panel surya bukannya tidak ada sama sekali. Dibeberapa daerah menyerupai Bali misalnya, sudah banyak ditemui rumah yang memakai panel surya sebagai sumber energi listrik  utama bagi rumah mereka. Kesadaran masyarakat Indonesia akan terbatasnya sumber energi juga sudah mulai masuk dalam tahapan yang cukup tinggi.


Kelebihan Panel Surya dan Kekurangannya


Dengan sifatnya yang sangat ramah lingkungan, teknologi panel surya ini juga mempunyai banyak manfaat yang sanggup dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini disebabkan panel surya yang mempunyai sifat fleksibel dan sanggup diletakkan dimanapun membuatnya gampang dipakai pada banyak sekali macam komponen benda yang sering kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.


Kelebihan inilah yang mengakibatkan teknologi panel surya semakin berpotensi menjadi teknologi masa depan yang akan sangat berkhasiat bagi kehidupan kita dimasa depan. Penerapan teknologi ini menyerupai contohnya dipakai pada kendaraan dengan tenaga panel surya, menyerupai motor ataupun mobil. Kemudian jaket dengan tenaga panel surya, drone dengan tenaga panel surya, dan juga yang terpenting yakni PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya.


Di Indonesia sendiri kegunaan panel surya juga sudah merambah di banyak sekali bidang. Namun, ada satu kekurangan dari teknologi ini yaitu yakni biaya penerapannya yang cukup mahal jikalau dibandingkan dengan sumber energi lainnya.


Baca Juga : 7 Teknologi Masa Depan Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Ilmu Pengetahuan


Jika dibandingkan dengan watu bara misalnya, Pembangkit Listrik Tenaga Surya akan membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal dibandingkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang diproduksi oleh watu bara, dan mungkin memang lantaran alasan inilah penerapan tenaga surya di Indonesia masih belum dilakukan secara masif.



Sumber http://info-menarik.nett