Thursday, February 22, 2018

√ Yuk, Cari Tahu Definisi Teknologi Blockchain Dan Keuntungannya Untuk Apa Saja!

Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya √ Yuk, Cari Tahu Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya Untuk Apa Saja!


Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya – Tidak sanggup kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi cukup umur ini semakin memperlihatkan taringnya. Mulai dari teknologi yang berkaitan dengan alat komunikasi, sampai ke teknologi data base yang dipakai sebagai dasar di internet. Dan salah satu teknologi yang tidak luput dari perbincangan yaitu teknologi blockchain.


Baca Juga : Keren, Berikut 6 Teknologi Pertanian Jepang Paling Mutakhir Saat Ini


Mungkin banyak orang akan masih merasa awam dengan istilah blockchain tersebut sebab memang hanya orang yang benar-benar tertarik dengan dunia mata uang digital atau teknologi data base internet saja yang mengetahui perihal blockchain ini. Maka dari itulah bagi Anda yang belum mengetahui mengenai teknologi blockchain, berikut ini merupakan ulasan selengkapnya untuk Anda.


Berikut Definisi Teknologi Blockchain!


Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa teknologi blockchain ini memang masih sangat awam ditelinga kita semua. Padahal yang tidak kita ketaui, bahwa teknologi ini sangatlah berkhasiat dan mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita dimasa depan. Inovasi masa depan yang sangat bernilai dan brilian.


Pada masa sebelumnya, segala macam acara kita yang memanfaatkan digital, akan secara otomatis dalam sebuah server atau buku besar yang menggunakan sistem terpusat atau sistem desentralisasi. Nah, akan tetapi sistem sentralisasi atau terpusat ini usang kelamaan menjadikan kekhawatiran banyak pihak akan keamanannya yang rapuh.


Dan muncullah teknologi blockchain ini sebagai solusi dari kekhawatiran rapuhnya sistem sistem terpusat tersebut. Sistem blockchain hadir dengan memperlihatkan terobosan yang menekankan lebih pada tingkat keamanan yang diklaim sangat jauh lebih baik dari pada sistem usang yang tersentralisasi atau terpusat.


Jadi, teknologi blockchain memungkinkan semua pencatatan mengenai segala transaksi atau acara digital kita diletakkan dalam sebuah buku besar atau general ledger yang mempunyai enskripsi data yang terbilang sangat berpengaruh dan ditulis dalam blockchain tersebut dengan menggunakan sistem tersebar atau desentralisasi yang akan meningkatkan tingkat keamanan dari data digital yang kita miliki.


Tentu dengan sistem desentralisasi yang diterapkan oleh teknologi blockchain maka segala data digital kita yang telah tertulis di buku besar atau general ledger tersebut hanya sanggup dibaca ataupun ditambahkan saja dan sangat sulit untuk dirubah. Karena untuk merubah data tersebut akan memerlukan proses yang sangat rumit dan panjang sebab sistem yang ter-desentralisasi itu tadi.


Teknologi blockchain ini diperkenalkan secara umum pada sekitar tahun 2009 oleh sekelompok orang yang menyebut diri mereka dengan sebutan Satoshi Nakamoto yang mana ilham mengenai blockchain ini hadir bersamaan dengan ilham mata uang digital yang dikala ini juga menjadi fenomena luar biasa yaitu yaitu Bitcoin.


Apa Manfaat dari Blockchain?


Dengan teknologi blockchain yang memperlihatkan kebaruan dan penemuan yang sangat brilian, maka sanggup dipastikan bahwa teknologi ini mempunyai banyak manfaat yang sayangnya banyaknya manfaat ini belum diketahui oleh banyak orang. Banyak yang menganggap bahwa blockchain hanya akan bermanfaat dibidang keuangan digital padahal nyatanya sama sekali tidak.


Memang bidang keuangan digital merupakan bidang pertama yang menggunakan manfaat dari teknologi blockchain ini, namun bukan berarti manfaat dari teknologi ini hanya sanggup dirasakan dalam bidang keuangan digital saja.


Seperti contohnya yaitu dalam bidang perbankan yang dikala ini mulai membuatkan sistem mereka dengan sistem teknologi blockchain yang sanggup dipastikan kalau hal ini berhasil maka akan meningkatkan tingkat keamanan dari segala sistem transaksi dan pencatatan yang dilakukan oleh bank yang mana selama ini masih dianggap rawan dari hilangnya atau rapuhnya data transaksi.


Selain dalam bidang keuangan, blockchain juga bermanfaat pada bidang pendidikan dan juga bidang kesehatan. Dalam bidang pendidikan misalnya, sebuah perusahaan yang bergerak pendidikan mulai membuatkan adanya sistem ijazah yang datanya ditulis atau diletakkan pada jaringan blockchain yang nantinya akan mencegah terjadinya pemalsuan ijasah, kerusakan ijazah, atau kehilangan ijazah.


Baca Juga : 5 Teknologi Medis Terbaru Berhasil Diciptakan Yang Membuat Takjub Siapapun


Sementara itu, pada bidang kesehatan teknologi blockchain juga sanggup sangat bermanfaat. Bahkan blockchain ini sudah diterapkan pada bidang kesehatan di beberapa negara di Eropa yang mana akan sangat berkhasiat dalam proses pencatatan atau rekam medis pasien-pasien. Tentu akan sangat mempermudah proses pencatatan dan menurunkan tingkat hilangnya data rekam medis pasien suatu rumah sakit.



Sumber http://info-menarik.nett