Friday, March 2, 2018

√ Mengenal Arti Dari Sejarah Logo Tut Wuri Handayani Berdasarkan Ki Hajar Dewantara

Logo Tut Wuri Handayani – Tahukah kalian apa arti Tut Wuri Handayani ? Kata Tut Wuri Handayani merupakan sebuah istilah yang dikeluarkan oleh seorang bapak pendidikan indonesia yang berjulukan Ki Hajar Dewantara dalam aliran kepemimpinannya. Kata Tut Wuri Handayani lahir mempunyai arti yang sangat mendalam, hingga kata ini dipakai sebagai semboyan pendidikan.


Ajaran kepemimpinan yang di contohkan oleh Ki Hadjar Dewantara yang sangat poluler di kalangan masyarakat adalah Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang terhadap pada dasarnya bahwa seorang pemimpin perlu mempunyai ketiga huruf tersebut biar bisa menjadi panutan bagi orang lain.



Sejarah Tut Wuri Handayani


 Tahukah kalian apa arti Tut Wuri Handayani  √ Mengenal Arti dari Sejarah Logo Tut Wuri Handayani Menurut Ki Hajar Dewantara


Logo Tut Wuri Handayani tidak absurd bagi kita. Yah, lambing tersebut kerap kita pergunakan sebagai kop surat di sekolah maupun didalam cover buku dan laporan pendidikan. Namun tahukah kita bagaimana histori dibuatnya simbol Tut Wuri Handayani itu? Mulai Kapan kementerian pendidikan dan kebudayaan memulai untuk mempergunakan logo tut wuri handayani sebagai logo resminya?


Tahukah kalian kapan Lambang Tut Wuri Handayani diresmikan? logo tut wuri handayani pertama kali diresmikan pada tanggal 6 September 1977 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Sjaref Thajeb.


Dalam pidatonya Bapak Sjaref Thajeb mengungkap latar belakang diresmikan simbol ini yaitu lantaran memandang banyaknya instansi di bawah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mempergunakan simbol sendiri-sendiri.


Sehingga hal ini menjadikan tidak mengatakan kordinasi dengan yang lain, persatuan dan kesatuan yang kokoh didalam badan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Selain latar belakang tersebut, pembuatan simbol ini dimaksudkan biar bisa melukiskan kiprah dan kegunaan Departemen didalam bisnis mendidik, mencerdaskan dan membudayakan kehidupan bangsa. Pembuatan lambing tersebut merupakan hasil sayembara yang diadakan oleh Panitia yang berhubungan bersama ASRI dan ITB.


Arti Tut Wuri Handayani


 Tahukah kalian apa arti Tut Wuri Handayani  √ Mengenal Arti dari Sejarah Logo Tut Wuri Handayani Menurut Ki Hajar Dewantara





style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-5072032675768050"
data-ad-slot="7868733699">





Tut Wuri Handayani mempunyai arti atau makna yang berasal dari istilah kata Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa , Tut Wuri Handayani itu ternyata yaitu slogan berasal dari Pahlawan kami Ki Hajar Dewantara.


Sungguh jago dia telah membuat Slogan keren ini dan amat manis sekali diterapkan di seluruh urusan , dimanapun , saya terkagum dengan sebuah Slogan ini, dan saya menghendaki beri tahu maksud atau obyek berasal dari Slogan ini.


Kata Kata ini yaitu manfaatkan Bahasa Jawa, yang jikalau di terjemahkan di dalam Bahasa Indonesia ini amat ”WoW” sekali. Makna kata-kata ”Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” .



  1. Ing Ngarsa sung Tuladha : ing ( di ), Ngarsa ( depan ), sung ( jadi ), Tuladha ( pola atau panutan ) makna: Di Depan menjadi Contoh atau Panutan

  2. Ing Madya Mangun Karsa : ing ( di ), Madya ( tengah ), mangun ( berbuat ), Karsa ( penjalar ) makna: Di sedang Berbuat Keseimbangan atau Penjalaran

  3. Tut Wuri Handayani : Tut ( di ), Wuri ( berbuat atau mengelola ), Handayani ( Dorongan ) makna: Di Belakang membawa dampak Dorongan atau Mendorong


Setidaknya maknanya itu, yang jikalau kita coba gabungkan dari istilah ”Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” artinya ”Di Depan Menjadi Panutan atau Contoh, Di Tengah menjadi Penjalar atau Penyeimbang sepantara, dan di Belakang melakukan sebuah dorongan (prajurit, ibaratnya)”


Sungguh Indah bukan arti dari Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa? Bahkan Kemdikbud telah mengambil kata ”Tut Wuri Handayani ” sebagai simbol yang sering kita temui dengan sebutan Logo tut wuri handayani dalam dunia pendidikan.


Pahlawan kami meskipun hidup di jaman yang sulit, selalu saja ia berkarya dan karyanya tetap kami nikmati. sehingga kita semua sebagai generasi penerus seharusnya biar bisa menjadi layaknya mereka ya.


Makna Ing Ngarso Sung Tulodo Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani


 Tahukah kalian apa arti Tut Wuri Handayani  √ Mengenal Arti dari Sejarah Logo Tut Wuri Handayani Menurut Ki Hajar Dewantara


(1) Ing Ngarso Sung Tulodo : Berasal dari asal katanya, maka bisa diartikan ing ngarso sung tuladho itu berasal berasal dari kata ing ngarso yang diartikan di depan, sung (lngsun) yang berarti saya, dan kata tulodo yang berarti tauladan.


Dengan demikianlah arti berasal dari semboyan ki Hajar Dewantara yang pertama ini yaitu disaat menjadi pemimpin atau seorang guru perlu bisa beri perhiasan suri tauladan untuk seluruh orang yang ada disekitarnya.


(2) Ing Madyo Mangun Karso : Berasal dari asal katanya, maka bisa diartikan Ing Madyo Mangun Karso berasal berasal dari kata Ing Madyo yang diartikan di tengah-tengah, Mangun yang mempunyai arti memunculkan dan karso yang mempunyai arti wujud kemauan atau niat.


Dengan demikianlah arti berasal dari semboyan Ki Hajar Dewantara yang ke-2 ini yaitu seorang guru di tengah-tengah kesibukannya dikehendaki bisa memunculkan dorongan terhadap akseptor didiknya.


(3) Tut Wuri Handayani : Berasal dari asal katanya, maka bisa diartikan Tut Wuri Handayani, dirangkai berasal dari kata tut wuri yang mempunyai arti mengikuti berasal dari belakang da kata handayani yang memilki arti beri perhiasan dorongan atau dorongan semangat.


Dengan demikianlah semboyan ki Hajar Dewantara yang ketiga ini mempunyai arti bahwa seorang guru dikehendaki bisa beri perhiasan suatu dorongan ethical dan dorongan kepada akseptor didik disaat guru selanjutnya berada di belakang.


 


Logo Tut Wuri Handayani


 Tahukah kalian apa arti Tut Wuri Handayani  √ Mengenal Arti dari Sejarah Logo Tut Wuri Handayani Menurut Ki Hajar Dewantara


Dalam penggunaan logo Tut Wuri Handayani didalam lambang pada departemen Pendidikan dan Kebudayaan, diperkuat dengan apa yang telah dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor : 0398/M/1977 tanggal 6 September 1977. Pada SK diatas juga telah disebutkan mengenai arti dari lambang Tut Wuri Handayani yaitu sebagai berikut ini:


Logo Bidang Segi Lima (warna Biru Muda)

Artinya, menggambarkan alam kehidupan dari Pancasila


Logo Belencong Menyala Bermotif Garuda


Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunanakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong memicu pertunjukkan jadi hidup. Sedangkan Burung Garuda (yang menjadikan sebagai motif Belencong) mengimbuhkan deskripsi sifat gagah perkasa, dinamis, bisa dan berani independen mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda diekspresikan tiap-tiap lima, yang berarti : “satunya kata dengan perbuatana Pancasilais”


Logo Buku


Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang bisa berfaedah bagi kehidupan manusia.

Bidang segi lima (biru muda). Menggambarkan alam kehidupan Pancasila


Logo Semboyan Tut Wuri Handayani


Digunakan oleh Ki hajar Dewantara didalam melakukan system pendidikannya. Pada ketika memulai pencantuman dari semboyan ini yang berarti mempunyai serta saling melengkapi penghargaan dan penghormatan kita kepada almarhum Ki hajar Dewantara yang mana hari lahirnya telah dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional.


Logo Warna


Warna putih oada ekor dan sayap Garuda dan buku berarti suci, higienis tanpa pamerih. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran pengabdian. Sedangkan pada warna biru muda, yang ada pada bidang segi lima yang mempunyai arti dedikasi yang tidak kunjung putus dengan hanya mempunyai pandangan hidup yang mendalam yaitu pandangan hidup Pancasila


Kesimpulan dari Tut Wuri Handayani


Dari semboyan tut wuri handayani, ia lah yang mendorong pendidikan rakyat Indonesia. Sudah harusnya guru-guru di Indonesia merupakan penerus dari seorang ayah pendidikan yang telah meneruskan dampak positif terhadap bangsa Indonesia.


Karena, di tangan para gurulah nasib para penerus generasi bangsa. yang sangat besar lengan berkuasa dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Salah satunya yang sangat menghipnotis yaitu para guru. oleh lantaran itu, guru sangat ikut berkontribusi di dalam hal yang positif dan ikut dan juga menyalurkan kemampuannya di di dalam bidang pendidikan semaksimal mungkin.


Ingat: jikalau kami berada di posisi depan maka kami harus menjadi Panutan, Jika kami berada di Tengah kami harus mempunyai berjiwa yang gampang bergaul, dan jikalau di kami berada di belakang maka kami harus menjadi pendorong ya. Kita manfaatkan 3 simbolis tadi yang ada pada arti dan logo tut wuri handayani tersebut yang mempunyai makna yang bisa kita terapkan di dalam kehidupan kita semua.




Sumber https://infoana.comm