Pengertian dan Tujuan IMK
Pengertian Interaksi Manusia Komputer Terlengkap – Interaksi insan dan komputer ialah disiplin ilmu yang mempelajari suatu kekerabatan antara insan serta komputer yang mencakup perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer supaya gampang dipakai oleh manusia.
Sedangkan interaksi insan dan komputer itu sendiri ialah serangkaian proses, obrolan serta kegiatan yang dilakukan oleh insan untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk sanggup melaksanakan serta menyelesaikan kiprah yang diinginkan.

Interaksi insan serta komputer ialah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi serta evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk sanggup dipakai oleh insan serta studi wacana ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu ataupun lebih insan serta satu atau lebih komputasi mesin.
Agar komputer sanggup diterima secara luas serta digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Hal tersebut tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang supaya sanggup mengakomodasi semua orang, tetapi komputer perlu dirancang supaya memenuhi serta mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
Tahun 1970 mulailah dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah sebagai Man-Machine Interface (MMI), serta mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor untuk penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pada pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI juga mengisyaratkan bahwa bidang studi ini memiliki fokus yang lebih luas, tidak hanya pada perancangan antarmuka secara fisik.
www.gurupendidikan.com HCI didefinisikan adalah sebagai disiplin ilmu yang berafiliasi dengan perancangan, evaluasi, serta implementasi sistem komputer interaktif untuk sanggup dipakai oleh insan serta studi wacana fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya menciptakan supaya sistem sanggup berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya pada perancangan layout layar monitor.
Sudut Pandang Pengguna
Dari sudut pandang pengguna ialah keseluruhan sistem sehingga sanggup Useful, Usable, Used
Useful ialaha fungsional, sanggup mengerjakan sesuatu.
Usable ialah Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, dan mengerjakan sesuatu yang benar (does the right things).
Used ialah Terlihat baik, tersedia dan diterima atau dipakai oleh organisasi.
Tujuan Interaksi Manusia Komputer
Tujuan utama IMK ialah untuk:
- Membuat sistem yang lebih dapat:
1.Berguna (usable).
2.Fungsional.
3.Aman.
4.Produktif.
5.Efektif.
6.Efisien. - Meningkatkan interaksi antara insan dengan sistem komputer :
Sistem yang bermanfaat (usable) serta aman (safe), ialah sistem tersebut sanggup berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa juga untuk berbagi serta meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) serta efisiensinya (eficiency).
Para perancang antarmuka insan serta komputer berharap supaya sistem komputer yang dirancangnya sanggup bersifat dekat serta ramah dengan penggunanya (user friendly).
Pemahanan Dalam Membuat Antarmuka yang User Friendly
Membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain adalah :
1. Teknik elektronik dan ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk sanggup merancang suatu sistem HCI
2. Psikologi
memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar juga sanggup bermakna sama dengan seribu kata. Gambar sanggup dipakai sebagai sarana obrolan cukup efektif antara insan dan komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapat lingkungan kerja yang nyaman, contohnya adalah bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu.
5. Antropologi
ilmu pengetahuan wacana manusia, yang memberi suatu pandangan wacana bagaimana cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya sanggup memperlihatkan konstribusi yang sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
ialah cabang ilmu yang mempelajari wacana bahasa. Untuk melaksanakan obrolan diharapkan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, contohnya ialah bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah dan lain-lain.
7. Sosiologi
ilmu yang mempelajari tentang efek sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK dikarenakan adanya otomasi kantor.
Demikian Penjelasan wacana Pengertian Interaksi Manusia Komputer Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂
Sumber aciknadzirah.blogspot.com