Wednesday, May 30, 2018

√ Cara Lengkap Masuk Bios Di Banyak Sekali Brand Laptop/Pc

BIOS (Basic Output Input System)

BIOS (Basic Input Output System) ialah sebuah aktivitas dasar yang dapat mengendalikan semua hardware yang terpasang di PC atau laptop. Setelah masuk ke BIOS, kita dapat melihat banyak sekali hardware yang terpasang, menyerupai processor, vga, RAM, hardisk, DVD, dan sebagainya. Selain itu kita dapat setting beberapa konfigurasi dasar menyerupai setting tanggal dan waktu, bahasa, kinerja, kestabilan, dan yang paling penting yaitu setting proses booting (boot priority) yang biasa dilakukan saat akan melaksanakan install ulang memakai USB Flashdisk.

Baca Juga : Cara Membuat Flashdisk Bootable Tanpa Software

Ada cara tersendiri supaya dapat masuk ke bios. Secara keseluruhan memasuki bios yaitu saat proses "Power ON", sebelum munculya logo atau merk. Biasanya ada pesa menyerupai ini :

"Press <DEL> to Enter Setup"

"Press F2 to enter setup, F12 for Network Boot, ESC for Boot Menu"

Jika muncul pesan menyerupai itu akan sangat gampang sekali untuk masuk bios, alasannya kita hanya perlu menekan tombol yang diharapkan sesuai dengan pesan tersebut.

Namun tidak semua brand PC/Laptop muncul pesan menyerupai itu. Bahkan meskipun brand nya sama, suka ada perbedaan antara tipe - tipenya. Maka kali ini Saya akan memperlihatkan cara lengkap supaya dapat masuk ke bios di semua atau banyak sekali brand pc atau laptop.


Cara Lengkap Masuk BIOS di Berbagai Merk PC/Laptop

ASUS : F2 , tapi sebagian model ada yang F10, Delete dan Insert

Acer : F2, tapi untuk tipe dulu yaitu F1 atau kombinasi "CTRL+ALT+ESC"

HP/Compaq : F10

Dell : F2, alternatif lainnya dapat coba F1, Delete, F12. Untuk tipe dulu nya "CTRL+ALT+ENTER" atau "Fn+ESC" atau "Fn+F1"

Sony : F2 untuk tipe lama. Namun untuk tipe gres yaitu dengan cara berbeda. Silahkan baca artikel :

Toshiba : F2

Fujitsu : F2

Jadi itulah cara masuk ke bios di banyak sekali brand pc atau laptop, secara keseluruhan memakai tombol F2. Selain itu bila Anda memakai Windows 8 atau Windows 8.1, ada cara berbeda untuk masuk ke bios, silahkan baca artikel : Cara Masuk BIOS di Windows 8 dan 8.1

Semoga bermanfaat
Sumber http://www.siddiqrn.net/