Monday, June 18, 2018

√ 10 Ciri-Ciri Dan 12 Pola Binatang Mamalia Darat Dan Perairan

Salah satu contoh binatang mamalia yang hidup di darat maupun di laut? Untuk tahu jawabannya, silakan simak uraian berikut!

Contoh Hewan Mamalia

Sebelum membahas apa saja pola binatang mamalia, mari terlebih dahulu kita kenali apa saja ciri-ciri binatang yang termasuk golongan ini. Pengetahuan mengenai ciri-ciri mamalia sanggup membantu kita dalam memilih apakah suatu binatang tergolong mamalia atau bukan.

 yang cukup banyak jenisnya dan hidup di alam sekitar kita yaitu binatang mamalia √ 10 Ciri-Ciri dan 12 Contoh Hewan Mamalia Darat dan Perairan

Hewan mamalia sanggup kita temukan dengan beberapa ciri. Ciri ciri binatang mamalia tersebut antara lain:
  1. Memiliki tulang belakang (vertebrata).
  2. Memiliki sebuah kelenjar susu (glandula mammae) dan menyusui anaknya.
  3. Memiliki anggota gerak untuk berjalan, berenang, atau pun memegang sesuatu
  4. Memiliki kuku dan cakar pada jarinya untuk menangkap makanan.
  5. Memiliki gigi seri, gigi taring, ataupun gigi geraham.
  6. Alat pernafasannya berupa paru-paru.
  7. Organ jantungnya terbagi menjadi 2 serambi dan 2 bilik.
  8. Pengaturan suhu badan termasuk endoterm atau "berdarah panas".
  9. Perkebangbiakan terjadi secara vivipar atau dengan melahirkan.
  10. Tempat pertumbuhan embrio terjadi di dalam rahim (uterus).

Dari 10 ciri ciri binatang mamalia di atas, sanggup kita temukan bermacam-macam binatang mamalia yang hidup di sekitar kita. Secara umum, ke semua binatang mamalia tersebut dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu binatang mamalia besar dan binatang mamalia kecil. Secara khusus, binatang mamalia tersebut terbagi lagi ke dalam 12 ordo. Berikut ini ke 12 ordo beserta pola binatang mamalia tersebut lengkap dengan gambarnya.

(1) Ordo Marsupialia yaitu binatang mamalia yang betinanya mempunyai kantung (marsupium) di bab perutnya. Kantung ini dipakai sebagai daerah menyimpan anak yang gres terlahir terutama yang lahir dalam keadaan prematur. Beberapa pola binatang mamalia yang termasuk ordo Marsupialia antara lain kangguru (Dendrolagus sp), opossum (Didelphia marsupialia), kuskus (Phalanger sp), dan koala (Phascolarctus sp).

 yang cukup banyak jenisnya dan hidup di alam sekitar kita yaitu binatang mamalia √ 10 Ciri-Ciri dan 12 Contoh Hewan Mamalia Darat dan Perairan

(2) Ordo Insektivora adalah golongan mamalia yang menimbulkan serangga sebagai kuliner utamanya. Hewan ini juga sanggup memakain cacing atau biji-bijian. Ciri binatang yang masuk ordo ini yaitu mempunyai mata yang tertutup, mempunyai cakar yang besar, dan telapak kaki bab depannya lebih lebar. Beberapa pola binatang mamalia dalam ordo ini antara lain  Scalopus sp, Echinosorex albus, dan Scapanus sp.

(3) Ordo Dermoptera yaitu binatang mamalia yang mempunyai parasut berbulu (patagium) di sela empat kakinya. Hewan dalam ordo ini umumnya merupakan pola binatang herbivora yang makan buah atau dedaunan. Contoh binatang di ordo ini contohnya Gakopithecus sp.

(4) Ordo Chiroptera adalah ordo mamalia yang sanggup terbang. Biasanya mereka tergolong binatang nokturnal yang hanya aktif di malam hari. Beberapa pola binatang mamalia dalam ordo ini contohnya Desmodus sp (vampire), Pteropus edulis (kalong Jawa), dan Myotes sp.

(5) Ordo Primata yaitu binatang mamalia yang mempunyai tangan besar sebagai penunjang kebiasaannya dalam memanjat pohon. Beberapa pola binatang primata contohnya kera, orang utan, monyet, dan lutung.

(6) Ordo Rodentia yaitu ordo mamalia yang tidak mempunyai taring sehingga biasanya mereka hidup sebagai pengerat. Hewan dalam ordo ini dicirikan dengan gigi seri yang tebal dan besar. Beberapa pola di antaranya yaitu Rattus sp (tikus), Sciurus sp (tupai pohon), Erethyson sp (landak), Marmota sp (marmut), dan Mus musculus (mencit).

 yang cukup banyak jenisnya dan hidup di alam sekitar kita yaitu binatang mamalia √ 10 Ciri-Ciri dan 12 Contoh Hewan Mamalia Darat dan Perairan

(7) Ordo Carnivora yaitu kelompok mamalia yang menimbulkan daging sebagai makanannya. Ciri binatang yang termasuk ordo ini yaitu dia mempunyai gigi taring yang tajam dan cakar yang runcing sebagai alat untuk berburu mangsa. Beberapa pola binatang mamalia dalam ordo ini antara lain Felis leo (singa), Canis lupus (serigala), Felis tigris (harimau),  Zalophus sp (singa laut), Eumetopias jubata (anjing laut), Felis catus (tikus rumah), dan Canis familiaris (anjing).

(8) Ordo Laghomorpha yaitu ordo mamalia pemakan tumbuhan. Contohnya kelinci (Oryctologus cuniculus).

(9) Ordo Cetacea adalah ordo mamalia yang hidup di air laut. Contohnya lumba-lumba dan paus biru (Phalenoptera musculus).

(10) Ordo Proboscidea yaitu semua jenis gajah. Contohnya gajah Afrika (Loxodonta africana) dan gajah Sumatera (Elephas maximus).
Baca Juga : Contoh Hewan Amfibi
(11) Ordo Perissodactyla yaitu binatang mamalia yang mempunyai jumlah jari kaki yang genap. Beberapa pola di antaranya yaitu keledai (Equus asinus), kuda (Equus caballus), dan tapir (Tapirus indicus).

(12) Ordo Artiodactyla yaitu ordo binatang mamalia yang mempunyai jari kaki yang genap. Hewan-hewan ini mempunyai sistem pencernaan yang unik yaitu sanggup memamah biak ketika mencerna makanannya. Baca : Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia. Beberapa pola binatang mamalia dalam ordo ini antara lain kijang (Cervus sp), banteng (Bos sondaicus), kambing (Aries sp),  jerapah (Giraffa sp), unta (Camelus sp), dan sapi putih (Bos indicus).

Nah, itulah beberapa contoh binatang mamalia baik yang hidup di darat maupun yang hidup di air. Dengan pola dan ciri-ciri binatang mamalia di atas, bisakah Anda menyebutkan contoh-contoh lain dari mamalia yang hidup di sekitar lingkungan Anda?
Sumber http://www.ebiologi.net