Tuesday, June 19, 2018

√ Adakah Nilai Faktual Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!

 kebutuhan akan alat komunikasi semakin berkembang pula √ Adakah Nilai Positif Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!


Dampak Positif Teknologi Bagi Pendidikan Anak – Di zaman yang terus berkembang, kebutuhan akan alat komunikasi semakin berkembang pula. Globalisasi berhasil merubah dunia menjadi ajang untuk berlomba-lomba menghasilkan teknologi secanggih mungkin. Perkembangan teknologi menjalar ke banyak sekali kalangan insan di bumi ini, tidak pandang usia, rupa, profesi, kekayaan, jabatan, dan dimanapun kita berada.


Baca Juga : Penting Diketahui, Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi Dengan Tepat


Perkembangan teknologi ini sangat cepat dari tahun ke tahun. Seluruh negara berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam membuat teknologi. Teknologi diperkenalkan dalam banyak sekali bentuk. Karena perkembangannya yang pesat, kecanduan teknologi sanggup menyerang siapa saja termasuk anak-anak.


Perkembangan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan


Teknologi dalam perkembangannya telah masuk ke banyak sekali pilar kehidupan. Salah satu yang sangat berketergantungan terhadap teknologi ialah dunia pendidikan. Dalam perkembangan teknologi, teknologi mengalami beberapa pergeseran, antara lain :



  • Pergeseran dari ruang tertutup (ruang kelas) ke ruang terbuka yang sanggup diakses dimana dan kapan saja

  • Pergeseran bentuk, dari yang berbentuk lembaran kertas ke bentuk saluran/jaringan

  • Pergeseran dari kemudahan secara fisik ke kemudahan jaringan penunjang sistem kerja


Dengan segala pergeseran tersebut memudahkan kita dalam proses pembelajaran. Teknologi yang sangat mendominasi dalam dunia pendidikan ialah jaringan internet. Karena harganya yang juga terjangkau, internet banyak diminati banyak orang. Kita juga sanggup dengan gampang mengaksesnya dimana pun kau berada dan kapan saja kau mau.


Namun kita juga harus mengingat bahwa dibalik semua kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat teknologi, ada banyak kerugian yang kau dapatkan, khususnya internet. Disini kau berguru memilah dan menentukan mana saja yang membawa laba dan mana yang mengakibatkan kerugian.


Efek Perkembangan Teknologi Bagi Pendidikan Anak


Teknologi yang kita kenal selama ini memiliki imbas negatif dan juga positif. Jika kita tidak pandai-pandai memakai teknologi, bisa-bisa kau akan terbawa arus negatif dari perkembangan teknologi. Namun teknologi akan sangat membantu kau dalam menuntaskan urusan pribadimu sekalipun bila kau tau cara penggunaan dan pemanfaatnnya.


Beberapa laba dari perkembangan teknologi yang semakin canggih khususnya dalam dunia pendidikan antara lain sebagai berikut.


1. Sumber pengetahuan


Terutama internet, ialah perangkat teknologi yang menyediakan banyak sekali isu meliputi seluruh kejadian yang ada di seluruh negara di dunia. Yang mana isu tersebut akan sangat sulit kita temukan di dalam buku-buku pelajaran yang memang hanya terbatas jumlahnya.


2. Meningkatkan sistem pembelajaran


Sistem berguru mengajar yang selama ini diterapkan di Indonesia berupa tatap muka. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, memungkinkan sistem pembelajaran berjalan dalam jarak yang tak terbatas. Kapan pun dan di mana pun memungkinkan kita untuk tetap belajar.


Berbagai instansi sekolah mulai memanfaatkan kecanggiihan teknologi untuk mempermudah sistem berguru mengajar, ibarat presentasi guru dan siswa secara online, pemasukan nilai dengan database dan lain sebagainya.


Baca Juga : Keuntungan Menyekolahkan Anak Di Madrasah


3. Mempersempit jarak


Berkat perkembangan teknologi, beberapa instansi populer telah menerapkan sistem berguru online, berguru tidak harus di dalam ruangan, di kafe, di taman, di rumah pun kita tetap bisa belajar. Tak ada lagi jarak yang menghalangi proses belajar.


Dengan banyak sekali kelebihan dari perkembangan teknologi, diperlukan kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Jika kita menyalahgunakan penggunaan alat teknologi, bisa saja berakibat fatal. Berbagai dampak negatif dari perkembangan teknologi antara lain ibarat berikut.


1. Timbulnya rasa malas


Dengan teknologi yang canggih, kebanyakan pelajar malah menjadi malas untuk belajar. Kurangnya peraturan yang mengikat membuat mereka menyepelekan pelajaran.


2. Kurang konsentrasi


Dengan banyak sekali kemudahan yang disediakan dalam gadget ataupun internet, kebanyakan pelajar malah lebih terpengaruhi untuk ngegame atau chatting dengan teman-temannya. Waktu berguru menjadi terbengkalai.


3. Terancamnya data diam-diam sekolah


Karena isu apa saja sanggup diakses dengan internet, sebuah instansi harus lebih mengetatkan sistem keamanan isu miliknya. Seperti data tes sekolah, jangan hingga bocor ke tangan pelajar.


4. Maraknya video yang kurang pantas ditonton


Banyak video-video dan konten yang dimuat di internet yang kurang pantas ditonton oleh anak sekolah. Video di bawah umur, video tawuran, kenakalan remaja, kekerasan, dan video yang mengacu tindakan kriminal.


5. Dunia maya lebih kejam


Dengan banyak sekali media komunikasi yang tersedia oleh internet, timbul tokoh maya. Siapa saja yang memiliki niat buruk, sanggup dengan mudahnya menghipnotis orang dan banyak kejadian yang berakibat fatal akhir komunikasi dalam dunia maya.


Baca Juga : Cara Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif


Masih banyak dampak negatif yang mungkin terjadi sebab perkembangan teknologi. Apalagi pada anak-anak, perlu perhatian ekstra dari orang tua. Akan lebih baiknya bila anak-anak dijauhkan dari alat teknologi. Selain mentalnya yang belum siap menerima, belum bisa menentukan dan kecenderungan menggandakan sangat besar, anak-anak butuh pergaulan dengan sesamanya.


 



Sumber http://info-menarik.nett