Monday, June 18, 2018

√ Cara Mengatasi Error Code 96 Pada Sms Android

Meski sekarang SMS jarang sekali digunakan, lantaran banyak orang beralih memakai Whatsapp, Messenger, Telegram dan aplikasi lainnya untuk berkirim pesan. Namun bukan berarti fitur SMS sudah tidak dipakai sama sekali. Terkadang kita masih memakai SMS untuk berkomunikasi dengan orang bau tanah yang gaptek teknologi.


Namun beberapa pengguna ponsel Android kadang menjumpai error pada dikala mengirim pesan SMS. Memang majemuk masalahnya, kadang ada yang aplikasinya tidak dapat dibuka dan pesan tidak terkirim. Salah satu error yang sering dijumpai yakni error code 96.


Bisa jadi error tersebut muncul disebabkan oleh pergantian kartu SIM, namun nomor SMS centernya tidak berubah. Misalkan awalnya memakai XL, kemudian diganti dengan Telkomsel. Ketika memakai Telkomsel, namun nomor SMS centernya masih XL. Maka ketika mengirimkan SMS akan muncul error 96 dan pesan tidak dapat terkirim.


Baca Juga :


Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android


Tidak semua jenis smartphone atau ponsel berakal mempunyai pengaturan pribadi untuk pengaturan nomor SMS center. Fitur pengaturan ini biasanya disembunyikan dan hanya diketahui oleh teknisi HP(tukang servis). Jadi untuk mengatasi error pada aplikasi SMS tidak perlu pergi ke konter. Untuk mengatasi problem ibarat ini cukup mencari sulusinya di internet.


Fitur pengaturan ini disembunyikan dan untuk mengatasi SMS error 96 dapat mengikuti langkah-langkah berikut.



  1. Pertama masuk ke sajian dial phone dan ketik *#*#4636#*#*. Kemudian akan masuk pecahan Menguji.

     lantaran banyak orang beralih memakai Whatsapp √ Cara Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

  2. Masuk ke sajian Informasi telepon(jika ponsel mempunyai 2 SIM akan ada dua pilihan Informasi telepon1 dan Informasi telepon2, tinggal pilih kartu SIM yang error).

     lantaran banyak orang beralih memakai Whatsapp √ Cara Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

  3. Geser ke bawah hingga pada pecahan SMSC, kemudian tinggal tekan tombol Segarkan.

     lantaran banyak orang beralih memakai Whatsapp √ Cara Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

    Setelah menekan tombol Segarkan menjadi

     lantaran banyak orang beralih memakai Whatsapp √ Cara Mengatasi Error Code 96 Pada SMS Android

  4. Kemudian nomor SMSC akan muncul dan tinggal tekan tombol Perbarui. Sampai disini seharusnya dapat mengatasi problem error tidak dapat kirim SMS.


Keterangan:

Langkah-langkah diatas dipraktikan pada gawai Xiaomi dengan bahasa Indonesia. Jika mengalami hambatan lantaran perbedaan bahasa, maka dapat ubah terlebih dahulu bahasa telepon ke bahasa Indonesia kalau sebelumnya memakai bahasa Inggris atau bahasa abnormal lainnya.


SMSC(Nomor Pusat Pesan) Operator Seluler Indonesia


Untuk memastikan Nomor SMS Center yang dipakai sesuai dengan oprator yang digunakan, dapat lihat daftar nomor sentra pesan atau SMSC operator Indonesia.







































OperatorSMSC
Indosat Ooredoo (IM3)+62855000000
Indosat Ooredoo (Mentari, Matrix)+62855000000
Telkomsel Simpati, Halo, AS+6281100000
XL Axiata+62818445009
Axis+628315000032
3 (Three)+6289644000001
Smartfren+6289644000001

 


Bagaimana?


Seharusnya dengan langkah-langkah diatas problem error pada dikala kirim SMS dapat teratasi. Jika ada pertanyaan atau mempunyai cara lain yang lebih gampang dan efektif dapat disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com