Thursday, July 26, 2018

√ 10 Kebiasaan Jelek Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard

Penyebab Laptop Cepat Rusak – Laptop yaitu komputer jinjing yang penggunaannya lebih mudah dibanding komputer (PC) yaitu sanggup digunakan di pangkuan dikala duduk. Karena sifatnya mudah maka laptop sanggup dibawa kemana-mana sesuai kebutuhan pengguna. Perangkat keras yang diperlukan layaknya sebuah komputer ibarat papan tombol (keyboard), mikroprosesor (CPU), layar tampilan (LCD/LED), baterai, hingga mouse semua terpasang pada satu benda kecil ini. Dengan memakai laptop maka kebutuhan kita sudah terpenuhi semua dalam menuntaskan pekerjaan komputer, kecuali printer untuk mencetak.


Baca Juga : Cara Cek Keyboard Laptop Dan Komputer Secara Online & Bantuan Software


Seperti halnya perangkat keras lainnya misal hardisk dan printer, maka laptop juga meski kita rawat supaya infinit tidak cepat rusak. Laptop sangat rentan terjadi kerusakan dibanding komputer, dengan catatan bila kita telah memakai laptop menjadi salah kaprah. Terutama pada perangkat papan tombol (keyboard) dan baterai laptop yang selama ini paling sering terjadi kerusakan.


 Laptop yaitu komputer jinjing yang penggunaannya lebih mudah dibanding komputer  √ 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard


Berikut Adalah Penyebab Laptop Cepat Rusak Yang Sebaiknya Jangan Anda Lakukan


Dari banyaknya kasus yang sanggup menimbulkan laptop cepat rusak, hanya ada 10 problem saja yang paling sering menjadikan kerusakan pada laptop. Maka daripada itu mulai kini sebaiknya Anda jangan pernah melaksanakan cara ini bila memang laptopnya ingin infinit panjang umur. Inilah beberapa hal yang sanggup menimbulkan cepat rusak pada laptop :


1. Jangan Menyimpan Benda Berat Di Atas Laptop


Berapapun harganya laptop Anda atau secanggih apapun laptopnya, kebiasaan suka menyimpan benda di atas laptop meski dihentikan. Apalagi bila benda tersebut kuantitasnya sangat berat. Kebiasaan jelek ini akan memperlihatkan peluang manis pada layar tampilan laptop (LCD/LED) cepat rusak. Beban berat yang kita simpan di atas laptop sanggup menghimpit layar LCD/LED laptop sehingga pada karenanya layar laptop akan cepat rusak. Tahukah Anda bahwa harga layar laptop itu sangatlah mahal. Biasanya bila layar laptop memang handal, maka awalnya pada layar laptop akan muncul garis-garis vertical atau hirizontal. Namun bila terus kita biarkan maka karenanya layar laptop akan rusak total dan harus diganti dengan yang baru.


2. Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Benda Yang Empuk


Tidak sanggup dipungkiri kalau kasus ini merupakan paling banyak yang kita gunakan. Memang akan merasa nyaman bila menempatkan laptop di atas daerah yang empuk ibarat bangku sofa atau kasur. Masalahnya terletak pada pengguna laptop yaitu nyaman duduk di atas benda empuk sambil mengoperasikan laptop. Untuk pengguna duduk di atas benda empuk itu sah-sah saja, namun yang menjadi problem dan pemicu cepat rusak pada laptop yaitu laptopnya juga disimpan diatas benda yang empuk tersebut.


Mungkin satu hal yang tidak Anda sadari yaitu sifat benda empuk ibarat bangku sofa, kasur, dan berbahan lembut lainnya yaitu tidak sanggup membuang udara panas. Yang ada benda-benda empuk ini yaitu bersifat menyerap panas. Dengan begitu bila kita menempatkan laptop di atas benda-benda tersebut dikhawatirkan lubang sirkulasi di bawah laptop akan tertutup. Ketika laptop sedang bekerja maka laptop akan panas dan udara panas tersebut akan dibuang melalui sirkulasi udara dibawahnya. Bisa saja laptop akan cepat panas dan panasnya sanggup berlebih dari biasanya bila kita simpan di atas kasur. Panas yang berlebih (over heat) pada komponen laptop sanggup menimbulkan kerusakan pada laptop Anda.


3. Selalu Bersihkan Laptop Dari Debu Yang Menempel


Bukan hanya bubuk yang menempel pada kulit wajah kita saja yang harus rajin kita bersihkan, namun bubuk yang menempel pada laptop juga harus Anda bersihkan. Seperti halnya yang pernah saya bahas pada kegiatan mencuci motherboard itupun awal permasalahnnya yaitu dari bubuk yang menempel dan dibiarkan secara terus menerus. Namun untuk hal mencuci laptop saya tidak menyarankannya apalagi bila dikerjakan bukan sama orang yang ahli. Membersihkan bubuk pada laptop yang saya maksudkan disini yaitu debu-debu yang menempel dibagian luar saja. Terutama bubuk yang menempel dibagian bawah laptop atau yang menghalangi sirkulasi udara daerah mengeluarkan panas.


Sebetulnya berdasarkan saya kebiasaan memakai pengaman pada keyboard laptop juga ini yaitu kebiasaan buruk. Mungkin maksud utamanya untuk melindungi keyboard dari debu. Namun berdasarkan saya hal ini bahkan sanggup mengganggu sirkulasi udara yang keluarnya melalui celah-celah keyboard.


4. Selalu Gunakan Baterai Ketika Laptop Dinyalakan


Ini yaitu jaman serba canggih dan tentunya berbeda jauh dengan laptop yang kita kenal jaman dulu. Memangnya apa? Laptop jaman dulu biasanya sangat beresiko bila menjalankan laptop sambil mencharge sedangkan baterai terpasang. Masalahnya dulu baterai akan mengembung bila dikala laptop dicharge sambil digunakan. Memang sih sebaiknya dikala laptop sedang dicharge Anda jangan dulu memakai laptop hingga ngecharge benar-benar full. Biasanya kebiasaan memakai laptop sambil dicharge sanggup mengkibatkan baterai tidak tahan usang daya simpan strumnya. Namun kebiasaan memakai laptop sambil dicharge dan baterai tidak dipasang inipun sanggup menimbulkan laptop cepat rusak. Coba Anda bayangkan bagaimana bila dikala laptop digunakan tiba-tiba mati lampu? Akan banyak perangkat laptop yang dikorbankan efek mati lampu ini, terutama hardisk laptop. Belum lagi semua pekerjaan Anda akan hilang bila sebelumnya tidak disimpan (save).


5. Jangan Menggunakan Laptop Di Tempat Panas


Diatas sudah saya bahas kalau laptop sedang bekerja maka akan mengeluarkan suhu panas. Tentu saja bila kita memakai laptop ditempat yang mempunyai suhu panas tidak akan membantu meringkankan beban laptop malah akan merepotkan. Kepanasan laptop akan berlebih (over heat) yang sangat memicu pada kasus kerusakan komponen laptop. Menggunakan laptop diluar ruangan dimana sinar matahari eksklusif menimpa ke perangkat laptop sanggup berbahaya. Sinar matahari ini akan mempengaruhi layar laptop (LCD/LED).


Bukan berarti didalam ruangan lebih manis untuk memakai laptop. Jika didalam ruangan mempunyai suhu yang panas atau ruangannya tidak mempunyai ventilasi yang cukup maka lebih baik gunakan laptop diluar ruangan asal tidak terkena radiasi matahari secara eksklusif saja.


Baca Juga : Cara Sederhana Memperbaiki Chipset VGA Laptop Yang Lemah Rusak Mati Total


6. Hindari Meletakkan Benda Cair Di Dekat Laptop


Laptop juga benda elektronik dimana setiap benda elektronik musuhnya terberatnya yaitu benda cair ibarat air. Setiap benda elektronik akan rusak kronis bila sudah terkena benda cair. Satu hal yang sering kita lakukan yaitu meletakkan segelas kopi bersahabat laptop sambil melaksanakan pekerjaan di laptop. Ini sangat berbahaya bila kopi tersebut sanggup tumpah ke laptop Anda. Namun bila sudah terlanjur terjadi, maka sebaiknya Anda segera matikan laptop kemudian lepas semua komponen laptop mulai dari baterai dan sebagainya. Keringkan semua komponen laptop dan gunakan laptop kembali bila benar-benar benda cair tersebut sudah kering.


7. Jauhkan Benda Magnet Dari Laptop


Mendekatkan benda yang mempunyai sifat magnet sanggup menimbulkan kerusakan pada laptop. Terlebih bila benda tersebut mempunyai magnet full 100%. Didalam perangkat laptop terdapat benda-benda yang mempunyai sifat magnet ibarat yang terdapat didalam hardisk, floppy disk, dan sebagainya. Jika kita mendekatkan magnet ke laptop, sanggup saja semua data yang terdapat magnet didalam perangkat laptop akan hilang.


8. Jangan Gunakan Laptop Jika Baterai Sudah Kosong (0%)


Mungkin problem ini korelasi eratnya yaitu dengan tindakan merawat baterai laptop supaya infinit tidak cepat ngedrop. Segera charge laptop bila minimal sudah mendekati ke nilai 20%. Jangan membiarkan laptop mati sendiri alasannya yaitu kehabisan setrum (0%). Kebiasaan ini akan memperpendek usia baterai laptop Anda. Antisipasi lainnya supaya baterai terhindar dari kehabisan hingga 0% yaitu dengan mengatur  Power Options baterai supaya laptop mati secara otomatis sebelum baterai mencapai ke angka 0%.


9. Jangan Menyimpan Laptop Di Atas Permukaan Yang Miring


Anda tentu sudah tahu kalau didalam hardisk terdapat sebuah piringan yang berfungsi untuk write dan read. Piringan ini akan berputar apabila laptop kita operasikan. Berputarnya sanggup saja semakin kencang terlebih bila ada aplikasi atau aktivitas yang kita jalankan secara spesifik. Nah bila laptop kita tempatkan pada posisi miring ini sangat berbahaya dikala hardisk sedang bekerja. Piringan hardisk sanggup tergores dengan komponen lainnya. Hardisk laptop sanggup bad sector bahkan sanggup saja eksklusif rusak seketika dan data-data penting kita tidak terselamatkan. Simpanlah laptop dikala kita sedang menjalankannya pada bidang yang rata dan keras ibarat meja.


10. Sesuaikan Tingkat Kecerahan Monitor Laptop


Dengan memakai tingkat kecerahan yang tinggi selain akan merusak mata pengguna dan juga sanggup menciptakan boros baterai laptop. Maka oleh alasannya yaitu itu aturlah tingkat kecerahan laptop menjadi yang sedang saja atau diubahsuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kemungkinan lain juga layar tampilan (LCD/LED) laptop akan cepat rusak bila Anda selalu memakai tingkat kecerahannya maksimal.


Ok mungkin artikel ihwal Penyebab Laptop Cepat Rusak ini dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada keuntungannya khususnya bagi Anda yang mempunyai laptop dan ingin merawat laptopnya supaya infinit panjang umur. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu.



Sumber http://info-menarik.nett