Wednesday, July 4, 2018

√ 4 Cara Melindungi Akun Facebook Anda

Beberapa waktu yang lalu, tersebar kabar yang cukup menghebohkan soal data Facebook yang dieksloitasi oleh Cambridge Analytica. Skandal pencurian data ini berbuntut panjang, Mark Zukerberg sang pemilik Facebook bahkan kehilangan puluhan triliun akhir anjloknya harga saham Facebook. Mark bahkan harus meminta maaf atas insiden yang merugikan hampir 50 juta pengguna Facebook itu.


Bagi para pengguna, pencurian data kerap terjadi tanpa disadari. Memang pencurian data tersebut tidak merugikan Anda secara finansial, tapi data-data itu sanggup saja dipakai untuk kepentingan lain, misalnya kampanye politik.


Facebook sendiri bersama-sama sudah mengambil langkah untuk mencegah terjadinya kasus menyerupai Cambridge Analytica. Bahkan, telah usang Facebook juga tidak lagi mengijinkan aplikasi pihak ketiga yang terkait dengan Facebook sanggup dengan gampang mendapat gosip langsung Anda dan teman-teman Anda.



Cara Melindungi Akun Facebook


Tapi, semoga lebih aman, dan untuk menghindari imbas negatif dari pencurian data pada akun Facebook Anda, setidaknya ada empat langkah yang sanggup Anda lakukan sebagai antisipasi.


1. Membatasi Informasi Pribadi Anda yang sanggup diketahui teman-teman Anda


Anda sanggup membatasi informasi-informasi yang Anda anggap tak perlu diketahui oleh orang lain. Seperti biodata Anda, tanggal ulang tahun, gosip mengenai keluarga dan hubungan, dan masih banyak lagi.


Untuk mengakses pembatasan gosip ini, Anda sanggup masuk ke menu, pilih “Aplikasi yang dipakai orang lain” yang ada di bawah sajian “Pengaturan” kemudian plih “Edit”. Dan Anda sanggup menyesuaikan apa saja gosip mengenai diri Anda yang sanggup diketahui oleh orang lain.


2. Tolak Pemberikan Akses Kepada Aplikasi Pihak Ketiga


 tersebar kabar yang cukup menghebohkan soal data  √ 4 Cara Melindungi Akun Facebook Anda


Beberapa aplikasi pihak ketiga sanggup meminta Anda untuk memakai akun facebook sebagai syarat login. Tapi, yang wajib Anda pahami adalah, sejauh apa aplikasi tersebut meminta kanal data akun Facebook Anda. Bila Anda tidak mengetahui dengan detail, ada baiknya demi keamanan data-data di dalam akun facebook Anda, Anda sanggup tolak aplikasi yang tak dikenal tersebut.


Caranya yakni dengan masuk ke “Pengaturan” kemudian pilih “Aplikasi”, di profil akun facebook Anda. Disana Anda sanggup melihat daftar aplikasi yang mempunyai kanal kedalam akun Facebook Anda. Jika ada beberapa aplikasi yang Anda anggap tidak perlu, silahkan di non aktifkan saja aplikasi tersebut.



3. Non-aktifkan Akun Facebook Anda


Bila Anda sudah usang tidak membuka akun Facebook Anda, ada baiknya, non-atifkan saja akun Anda. Jangan biarkan akun Anda yang berisi data-data langsung Anda terbiarkan begitu saja. Hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan semoga data-data langsung Anda tetap terjaga keamanannya.


Begini langkah-langkah untuk menonaktifkan akun Facebook Anda;


Buka “Pengaturan“, kemudian piliih “Umum”, pilih “Kelola Akun”, kemudian Anda klik “Nonaktifkan akun Anda”,


Anda akan dimintai konfirmasi berupa kata sandi Anda, kemudian Facebook akan menjelaskan apa yang akan terjadi jikalau Anda menonaktifkan akun Anda. Anda juga diharus memperlihatkan alasan untuk penonaktifan ini.


Untuk mengaktifkan kembali akun Anda cukup mudah, Anda hanya harus log in menyerupai biasa. Semuanya akan kembali menyerupai sebelum Anda menon-aktifkan akun Anda. Semua foto Anda, pembaruan status, dan aplikasi akan kembali online menyerupai semula.


4. Menghapus Akun Sebagai Pilihan Terakhir


Facebook sudah niscaya tak menginginkan Anda menghapus akun. Anda akan melalui serangkaian proses untuk sanggup menghapus gosip Anda secara permanen, sambil terus merayu supaya Anda cukup melaksanakan penonaktifan akun saja sebagai gantinya.


Tetapi jikalau Anda tetap pada pendirian Anda untuk menghapus profil Anda dari Facebook, hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menciptakan back-up informasi. Facebook memungkinkan Anda untuk mengunduh gosip berharga Anda menyerupai foto-foto dan detail langsung Anda kedalam bentuk file zip. Sehingga Anda tidak akan kehilangan kenangan Anda hanya alasannya Anda ingin menghapus akun Facebook Anda.


Caranya adalah, buka “Pengaturan“, kemudian pilih “Umum“, dan di bab paling bawah klik “Unduh salinan data Facebook Anda“. Kemudian Anda sanggup klik, “Mulai Arsip Saya” untuk mendapat file .zip.



Hal ini akan memakan cukup banyak waktu, tergantung seberapa banyaknya kenangan yang telah Anda bagikan. Setelah Anda mencadangkan gosip Anda, Anda sanggup menghapus akun Anda secara permanen. Cara ini yakni cara paling final bila memang Anda merasa tidak butuh lagi mempunyai akun di Facebook.


Media sosial memang membawa kita ke masa gres dalam berinteraksi antara sesama manusia. Media sosial memungkinkan kita berinteraksi tanpa lagi mengenal jarak dan waktu. Namun, segala apapun yang dirasa bermanfaan haruslah sanggup dipakai dengan bijak. Lindungi diri Anda, lindungi keluarga Anda, dan pastikan hanya orang-orang terpercaya yang sanggup melihat gosip berharga Anda.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com