Monday, July 23, 2018

√ 5 Hal Penting Wajib Tahu Yang Sanggup Memicu Kerusakan Pada Keyboard Laptop

Penyebab Kerusakan Pada Keyboard Laptop – Keyboard ialah perangkat keras (hardware) laptop yang memiliki peranan penting supaya laptop sanggup bekerja dengan optimal. Tanpa keyboard tentunya kita tidak akan sanggup mengoperasikan laptop meskipun ada alternatif lain memakai keyboard screen. Keyboard merupakan perangkat dimana penggunaannya untuk melaksanakan kiprah input. Berbeda dengan komputer (PC), keyboard laptop dipasang menyatu dengan laptop. Posisi keyboard sempurna berada di atas motherboard laptop berseta perangkat keras lainnya menyerupai Processor (CPU), Chipset, VGA, RAM, Hardisk, dan perangkat lainnya.


Baca Juga : Cara Cek Keyboard Laptop Dan Komputer Secara Online & Bantuan Software


Umumnya keyboard laptop ini sangat sensitif akan kerusakan kalau dalam penggunaannya tidak tepat. Ciri-ciri keyboard laptop mengalami beberapa gangguan dan kerusakan ialah menyerupai : satu atau lebih tombol keyboard sangat keras saat ditekan, satu atau lebih keyboard normal sanggup ditekan namun tidak tampil output di layar, keyboard laptop tidak terdeteksi, atau yang paling parah ialah keyboard laptop rusak mati total ditandai dengan tidak sanggup melaksanakan proses input meskipun keyboard terdeteksi dengan baik.


 laptop yang memiliki peranan penting supaya laptop sanggup bekerja dengan optimal √ 5 Hal Penting Wajib Tahu Yang Dapat Memicu Kerusakan Pada Keyboard Laptop


Jika laptop Anda sudah berumur itu wajar-wajar saja kalau keyboard mengalami gangguan kerusakan. Namun kalau laptop itu masih gres tentu saja hal ini akan menjadi pertanyaan. Maka daripada itu sebaiknya dipelajari apa saja penyebab kerusakan pada keyboard laptop padahal laptop gres saja dibeli.


Berikut Adalah 5 Penyebab Kerusakan Pada Keyboard Laptop Yang Wajib Anda Ketahui


Disini saya akan mengelompokkan 5 kasus saja yang paling umum sering terjadi sanggup memicu kerusakan pada keyboard laptop, yaitu :


1. Keyboard Laptop Pernah Ketumpahan Benda Cair


Yang namanya barang elektronik menyerupai keyboard laptop, tentu saja musuh beratnya perangkat tersebut ialah air. Keyboard laptop sanggup menjadi tidak berfungsi kalau pernah ketumpahan cairan menyerupai minuman dan sejenis lainnya. Tanda-tandanya ialah saat kita menekan salah satu atau lebih tombol keyboard maka tidak akan menghasilkan output pada layar laptop. Jika terus kita biarkan, maka keyboard sanggup rusak amti total. Untuk itu mulai kini jangan dibiasakan mendekatkan benda cair didekat laptop.


Namun kalau sudah terlanjur terjadi, maka saat keyboard ketumpahan air jangan Anda nyalakan laptop. Silakan Anda bongkar keyboard laptop atau keluarkan dari tempatnya dengan cara mencungkilnya. Pelajari dulu bagaimana cara membuka keyboard laptop. Setiap laptop cara membongkar keyboard berbeda-beda. Sebagian laptop ada yang harus melepaskan baut dari belakang laptop.


Langkah selanjutnya kalau keyboard sudah berhasil dilepaskan dari tempatnya, Anda buka satu-persatu (congkel) tombol keyboard yang terkena tumpahan. Anda bersihkan dan keringkan dengan kain halus. Pastikan jangan hingga ada air yang tersisa pada keyboard dan juga tubuh laptop. Jika sudah benar-benar, Anda pasangkan kembali dan laptop sudah sanggup dipakai lagi.


2. Ada Debu Yang Menyangkut Di Bagian Bawah Tombol Keyboard


Kemungkinan kedua yang sanggup menjadikan tombol keyboard laptop tidak berfungsi ialah adanya pasir atau bubuk yang nyangkut dibawahnya. Kasus ini sering terjadi saat kita telah memakai laptop di luar ruangan (outdoor). Bisa saja tanpa sepengetahuan kita ada pasir dan bubuk menyelinap ke bawah tombol keyboard. Untuk memastikannya, silakan Anda congkel tombol keyboard yang tidak berfungsi dan bersihkan secara perlahan kemudian pasang kembali. Hati-hati saat mencongkel tombol keyboard jangan hingga socketnya rusak.


Baca Juga : Lakukan 6 Hal Berikut Karena Bisa Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis


3. Karet Tombol Keyboard Sudah Rusak


Untuk kasus ini umumnya terjadi kalau laptop Anda sudah berumur. Atau penyebab lainnya ialah keyboard laptop sering Anda gunakan secara tidak masuk akal meski laptop masih baru. Asal Anda tahu bahwa dibawah tombol keyboard terdapat karet, kalau karet ini sudah menipis maka efeknya kurang maksimal saat ditekan. Silakan Anda cek dulu pada tombol yang kerjanya kurang optimal untuk memastikan apakah benar atau tidak karetnya sudah menipis. Jika benar, solusinya tidak lagi selain Anda harus menggantinya tombol keyboard tersebut dengan yang baru.


4. Pemasangan Driver Keyboard Tidak Benar


Terkadang kita sering terkecoh dengan duduk kasus yang satu ini. Awalnya kita anggap bahwa keyboard laptop sudah rusak sebab tombolnya tidak berfungsi dengan baik. Padahal bahwasanya keyboard masih baik dan pemicunya ialah duduk kasus driver keyboard. Bukan suatu hal yang tidak mungkin kalau keyboard tidak optimal masalahnya ada di driver. Jika driver keyboard tidak kompatible atau driver sudah lama (out of date) maka sanggup saja keyboard menjadi tidak optimal.


Untuk mengatasi hal tersebut caranya cukup mudah, Anda tinggal melaksanakan install ulang driver keyboard dengan yang kompatible. Jika driver sudah out of date, maka gantilah dengan driver yang up to date (terbaru).


5. Laptop Pernah Terjatuh


Ini ialah penyebab terakhir yang memicu kerusakan pada keyboard laptop Anda. Jika laptop Anda pernah terjatuh maka tidak menutup kemungkinan akan menciptakan keyboard laptop tidak berfungsi karena  mengalami beberapa gangguan menyerupai keyboard retak, socket atau port yang kendor atau lepas, dan sebagainya. Jika laptop pernah terjatuh, biasanya bukan hanya keyboard saja yang akan rusak, perangkat-perangkat keras lainnyapun akan mengalami kerusakan juga. Sebaiknya Anda cek secara teliti perangkat apa saja yang retak.


Tidak ada solusi lagi kalau hal ini terjadi selain Anda meski menggantinya dengan yang baru. Untuk itu berhati-hatilah saat sedang membawa laptop dan jagalah supaya laptop jangan hingga terjatuh.


Baca Juga : 10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak Terutama Baterai Dan Keyboard


Ok mungkin hanya itu saja artikel Penyebab Kerusakan Pada Keyboard Laptop. Semoga dengan adanya artikel ini sedikitnya sanggup membantu Anda khususnya yang sedang mengalami kasus kerusakan pada keyboard laptop. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses!



Sumber http://info-menarik.nett