Sunday, July 15, 2018

√ 9 Fungsi Daun Bagi Flora Dan Klarifikasi Lengkapnya

Fungsi Daun - Daun merupakan salah satu organ penting tumbuhan selain akar dan batang. Daun merupakan hasil pertumbuhan lateral batang yang tumbuh dari jaringan meristematik tunas. Daun biasanya berwarna hijau (karena banyak mengandung zat hijau daun atau yang biasa disebut klorofil), berbentuk tipis melebar dan mempunyai fungsi utama sebagai ‘dapur’ pada tumbuhan. Di daun inilah masakan untuk tumbuhan ‘dimasak’ melalui proses fotosintesis. Selain berfungsi sebagai kawasan pemasakan, daun ternyata juga mempunyai beberapa fungsi lain yang tak kalah penting untuk diketahui. Apa saja fungsi-fungsi daun tersebut? Simak uraiannya berikut!

Fungsi Daun pada Tumbuhan

Selain bekerja sebagai organ pemasak dan penghasil masakan bagi pertumbuhan, daun juga mempunyai beberapa fungsi penting lain dalam menopang metabolisme tanaman. Fungsi daun pada tumbuhan tersebut antara lain sebagai pengambilan zat-zat masakan (resorbsi), penyimpanan makanan, pengolahan zat-zat masakan (asimilasi), penguapan air (transpirasi), pernafasan (respirasi), induksi bunga, organ untuk perbanyakan secara vegetatif, organ untuk perangkap serangga, dan untuk menaikkan daun.

 Daun merupakan salah satu organ penting tumbuhan selain akar dan batang √ 9 Fungsi Daun bagi Tumbuhan dan Penjelasan Lengkapnya

1. Pengambilan zat-zat masakan (resorbsi)

Pengambilan zat-zat anorganik untuk memasak makanannya terutama zat masakan berupa gas yaitu karbondioksida (CO2) yang diambil dari udara melalui celah-celah halus yang disebut lisan daun (stoma). Zat anorganik berupa CO2 yang diserap dari udara ditambah dengan air dan hara yang diserap oleh akar dan dibantuk dengan cahaya matahari akan diproses menjadi zat organik yang diharapkan tumbuhan.

2. Penyimpanan makanan

Selain organ untuk menciptakan masakan bagi tumbuhan, daun juga berfungsi sebagai organ penyimpan masakan untuk sementara maupun untuk jangka panjang. Pada kondisi lingkungan yang menguntungkan, kadangkala fotosintat yang dihasilkan dari proses fotosintesis melebihi fotosintat yang dibutuhkan.

3. Pengolahan zat-zat masakan (asimilasi)

Asimilasi disebut juga fotosintesis. Hasil dari proses asimilasi berupa asimilat atau juga disebut dengan fotosintat. Pada tumbuhan dikotil, fungsi daun ini terjadi di jaringan parenkim palisade, sedangkan pada tumbuhan monokotli, asimilasi terjadi pada jaringan spons.

4. Fungsi penguapan air (transpirasi)

Di daun, proses transpirasi terjadi melalui stomata dan kutikula. Stomata terdapat pada sisi atas dan sisi bawah daun, namun jumlah stomata yang paling banyak terdapat pada sisi bab bawah daun. Transpirasi melalui stomata jauh lebih besar daripada transpirasi dari kutikula. Menurut penelitian, penguapan air tanggapan transpirasi lebih dari 90% dari air yang diserap oleh akar.

5. Fungsi pernafasan (respirasi)

Proses respirasi terjadi di stomata daun. Respirasi yaitu kegiatan karbondioksida dan oksigen yang terjadi untuk menunjang proses fotosintesis. Respirasi juga sanggup diartikan sebagai kegiatan bernafas pada fungsi daun.

6. Induksi bunga

Pada tumbuhan, daun melaksanakan sintesis dan mentranslokasikan florigen ke tunas. Florigen merupakan hormon untuk menginduksi terbentuknya bunga. Oleh alasannya itulah fungsi daun juga besar lengan berkuasa terhadap induksi bunga.

7. Organ untuk perbanyakan secara vegetatif

Daun juga sanggup menjadi salah satu alat perbanyakan secara vegetatif alami. Fungsi daun ini sanggup dilihat contohnya pada tumbuhan cocor beber. Pada daun daun cocor angsa akan tumbuh tunas (disebut juga tunas daun) yang sanggup tumbuh menjadi tumbuhan utuh. Selain itu, perbanyakan memakai daun juga sanggup dilakukan melalui teknik kultur jaringan.

8. Organ untuk perangkap serangga

Daun sanggup dipakai sebagai perangkap bagi serangga, sesudah serangga masuk maka daun kemudian melepaskan enzim dan mencerna mereka sebagai salah satu nutrisi bagi tumbuhan itu sendiri. Fungsi daun ini contohnya sanggup kita temukan pada tumbuhan pitcher dan sundew.

9. Untuk menaikkan daun

Pada beberapa tanaman, kita sanggup menemukan adanya selubung daun yang berfungsi untuk menaikkan daun ke atas. Fungsi selubung daun tersebut sanggup dilihat contohnya pada tumbuhan pisang.

Demikianlah 9 fungsi daun pada tumbuhan lengkap dengan pembahasannya. Dari pemaparan tersebut, sanggup kita simpulkan bahwa daun ternyata mempunyai banyak peranan bagi keberlangsungan metabolisme tumbuhan. Semoga pengetahuan Anda mengenai fungsi daun semakin bertambah dengan adanya artikel ini. Terimakasih.
Sumber http://www.ebiologi.net