Sunday, July 15, 2018

√ Cara Menciptakan Garis Kop Surat Di Word 2007, 2010, 2013

Supaya surat mempunyai tampilan yang rapi, maka komponen surat ibarat kop surat harus dibentuk manis dan rapi rapi pula, yaitu dengan menambahkan garis pada bab bawah sebagai tanda pembatas area kop surat. Mari kita bahas mengenai cara menciptakan garis kop surat.


Seperti yang kita tahu bahwa Microsoft Word merupakan agenda pengolah kata yang sekarang terkenal dipakai dikala ini, produk Microsoft ini sudah semenjak usang dipakai dalam pembuatan dan pengelolaan banyak sekali jenis dokumen. Microsoft Word sendiri merupakan salah satu komponen dari Microsoft Office, namun agenda yang paling sering dipakai adalah Microsoft Word, Microsoft Office, dan Power Point.


Pada artikel kali ini kita akan membahas secara khusus mengenai cara menciptakan garis pada kop surat yang bisanya dipakai pada bab kepala surat, sampul laporan, atau proposal. Umumnya lokasi kop surat berada di Header Microsoft Word, posisinya sehabis judul ataupun gambar.



Cara Membuat Garis Kop Surat


Untuk menciptakan garis pada kop surat yang manis dan nampak rapi, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikuti ini.


1. Membuat Garis Kop Surat dengan Shapes Line


Cara pertama dapat memakai fitur Shape Line, caranya cukup gampang dilakukan, yaitu:



  1. Masuk ke tab Insert ⇒ Pilih Shapes ⇒ Pilih tipe garis atau Line.

  2. Langkah selanjutnya tekan tombol Shift pada keyboard, dan tarik garis pada bab bawah kop surat. Fungsi menekan tombol Shift supaya garis yang dihasilkan dapat lurus sempurna.

    Supaya surat mempunyai tampilan yang rapi √ Cara Membuat Garis Kop Surat di Word 2007, 2010, 2013

  3. Untuk menyempurnakan tampilan garis kop surat, lakukan pengaturan pada Shapes Outline. Ganti warna garis menjadi warna hitam dan untuk mengatur ukuran garis gunakan Weight.  Sesuaikan dengan dengan kebutuhan.

    Supaya surat mempunyai tampilan yang rapi √ Cara Membuat Garis Kop Surat di Word 2007, 2010, 2013



2. Membuat Garis Kop Surat dengan Page Borders


Untuk hasil kop surat yang lebih rapi maka dapat memakai fitu Page Borders untuk menciptakan garis bawah kop surat.


Supaya surat mempunyai tampilan yang rapi √ Cara Membuat Garis Kop Surat di Word 2007, 2010, 2013



  1. Langkah pertama letakan kursor pada bab bawah kop surat, lalu pilih tab Page Layout ⇒ pilih Page Borders.

  2. Langkah selanjutnya melaksanakan pengaturan pada tab Border, pilih jenis garis yang diinginkan pada Style, untuk warna dibiarkan otomatis, dan ketebalan garis 3 pt pada Width.

  3. Pada tampilan Preview, hilangkan garis bab atas, kiri, dan kanan. Sisakan garis bab bawah saja. Lalu klik Ok.


Kedua cara di atas mempunyai kelebihan masing-masing. Untuk cara yang lebih cepat dalam menciptakan gatis bawah kop surat dapat memakai cara pertama. Namun cara yang tepat dalam menciptakan garis bawah kop surat yakni dengan cara kedua, dengan memakai fitur page borders dapat lebih leluasa dalam melaksanakan pengaturan dan kesannya akan lebih bagus.



Semoga 2 cara menciptakan garis kop surat di atas dapat berkhasiat dan menuntaskan duduk kasus yang pembaca hadapi. Tinggal pilih cara yang paling cocok digunakan, dan kreasikan kembali semoga kesannya lebih maksimal.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com