Wednesday, July 25, 2018

√ Macam Macam Simbiosis Dan Contohnya

Dalam ekosistem, komponen biotik saling berinteraksi satu sama lain untuk mempertahankan hidupnya. Interaksi yang terjadi antara komponen biotik ini dikenal dengan istilah simbiosis. Simbiosis yaitu relasi timbal balik antara 2 organisme dalam ekosistem untuk saling mengisi satu sama lain. Adapun menurut pola interaksinya, simbiosis dibedakan menjadi 6 macam. Berikut ini admin macam-macam simbiosis dan contohnya tersebut sebagai materi pembelajaran untuk kita semua.

Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

Berdasarkan pola dan bentuk interaksinya, simbiosis dibedakan menjadi 6 jenis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, simbiosis netralisme, simbiosis amensalisme, dan simbiosis kompetisi. Berikut ini yaitu klarifikasi dari macam-macam simbiosis dan contohnya tersebut.

 komponen biotik saling berinteraksi satu sama lain untuk mempertahankan hidupnya √ Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

1. Simbiosis Mutualisme dan Contohnya

Simbiosis mutualisme yaitu relasi timbal balik antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain. Beberapa rujukan simbiosis mutualisme sanggup kita temukan pada interaksi antara lebah dan bunga, burung jalak dan kerbau, ikan remora dan ikan hiu, kelelawar dan kantung semar, burung plofer dan buaya, serta pada interaksi antara rayap dan flagelata. Untuk lebih terperinci mengenai rujukan dan klarifikasi masing-masing rujukan simbiosis mutualisme, Anda sanggup berkunjung ke artikel ini.


2. Simbiosis Komensalisme dan Contohnya

Simbiosis komensalisme yaitu relasi timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya mendapat keuntungan, sedangkan yang lain tidak mendapat efek apapun. Beberapa rujukan simbiosis komensalisme sanggup kita temukan pada interaksi antara sirih dan tumbuhan inangnya, tumbuhan paku dan pohon jati, udang dan mentimun laut, serta pada interaksi antara ikan badut dan anemon laut. Untuk lebih terperinci mengenai rujukan dan klarifikasi masing-masing rujukan simbiosis komensalisme, Anda sanggup berkunjung ke artikel ini.

 komponen biotik saling berinteraksi satu sama lain untuk mempertahankan hidupnya √ Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

3. Simbiosis Parasitisme dan Contohnya

Simbiosis parasitisme yaitu relasi timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya mendapat keuntungan, sedangkan yang lain mendapat kerugian. Beberapa rujukan simbiosis parasitisme sanggup kita temukan pada interaksi antara cacing pita dan manusia, parasit dan tumbuhan inangnya, kutu dan binatang yang diganggunya, serta pada jamur panu dan manusia. Untuk lebih terperinci mengenai rujukan dan klarifikasi masing-masing rujukan simbiosis parasitisme, Anda sanggup berkunjung ke artikel ini.

4. Simbiosis Netralisme dan Contohnya

Simbiosis netralisme yaitu relasi timbal balik antara dua mahluk hidup yang tidak saling menguntungkan maupun merugikan. Contoh simbiosis ini contohnya terjadi pada burung hantu dan kambing di ekosistem padang rumput, sapi dan semut, atau pada kera dan jangkrik.

 komponen biotik saling berinteraksi satu sama lain untuk mempertahankan hidupnya √ Macam Macam Simbiosis dan Contohnya

5. Simbiosis Amensalisme dan Contohnya

Simbiosis amensalisme yaitu relasi timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana salah satu diantaranya menekan pertumbuhan organisme yang lain melalui sifat alelopati. Contoh simbiosis amensalisme sanggup kita temukan pada interaksi antara gulma alang-alang dan tumbuhan produksi, jamur Penicillum sp dan basil gram positif, serta pada rumput teki dan tumbuhan padi. Untuk lebih terperinci mengenai rujukan simbiosis amensalime yang lain, Anda sanggup berkunjung ke artikel ini.

6. Simbiosis Kompetisi dan Contohnya

Simbiosis kompetisi yaitu relasi timbal balik antara dua mahluk hidup yang mana keduanya saling berkompetisi untuk mendapat kebutuhannya. Contoh simbiosis kompetisi sanggup ditemukan pada interaksi antara serigala dan harimau di ekosistem savana, kambing dan sapi di ekosistem padang rumput, serta pada tumbuhan tumpang sari.

Nah, demikianlah klarifikasi mengai macam macam simbiosis dan contohnya. Semoga sanggup menjadi pembelajaran untuk kita semua. Salam.
Sumber http://www.ebiologi.net