Sunday, July 15, 2018

√ Morfologi Akar Tumbuhan, Gambar, Dan Penjelasannya

Akar sanggup diamati secara kasat mata. Pengamatan secara kasat mata ini disebut pengamatan morfologi atau bagian-bagian luar dari akar tumbuhan. Dirunut secara morfologinya, akar ternyata sanggup dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih spesifik. Apa saja bagian-bagian dari morfologi akar flora tersebut? Mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Morfologi Akar Tumbuhan

Sebelum mengupas mengenai morfologi akar tumbuhan, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengenali beberapa sifat pertumbuhan akar biar Anda lebih gampang memahami pembahasan ini.

Sifat-sifat Akar Tumbuhan

Akar merupakan salah satu bab terpenting pada tumbuhan. Akar mempunyai banyak fungsi dan peranan dalam mendukung metabolisme tumbuhan. untuk mendukung fungsi dan tugas tersebut, akar dibekali dengan beberapa sifat. Sifat sifat akar tersebut diantaranya adalah:
  • Berdasarkan kajian morfologi akar tumbuhan, akar didefinisikan sebagai bab flora yang biasanya terdapat di dalam tanah dengan pertumbuhan yang menghindari udara dan cahaya serta lebih mengarah ke sentra bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotop)
  • Tidak mempunya ruas-ruas dan buku-buku serta tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik ataupun bagian-bagian lainnya
  • Biasanya berwarna keputih-putihan atau kekuning-kuningan
  • Bagian ujung akar mengalami pertumbuhan terus-menerus namun, laju pertumbuhannya masih lebih lambat kalau dibandingkan dengan pertumbuhan batang
  • Umumnya berbentuk lurus dan meruncing pada bab ujungnya, yang berkhasiat untuk memudahkan dalam menembus pori-pori tanah.

 Pengamatan secara kasat mata ini disebut pengamatan morfologi atau bab √ Morfologi Akar Tumbuhan, Gambar, dan Penjelasannya
Gambar morfologi akar tumbuhan

Dari sifat-sifat akar tersebut, terdapat citra bagaimana bentuk dan morfologi akar itu sendiri. Gambar di atas mengatakan bagian-bagian yang terdapat pada akar tumbuhan kalau dilihat dari kenampakan luarnya. Secara umum bagian-bagian akar tersebut antara lain:

a. Leher akar atau pangkal akar (Collum)

Merupakan bab yang menghubungkan antara akar dengan batang tumbuhan

b. Batang akar (Corpus radicis)

Secara morfologi akar tumbuhan, batang akar mencakup bab antara leher akar dan ujung akar.

c. Cabang akar (Radix lateralis)

Bagian ini tidak pribadi bersambung dengan pangkal akar, namun keluar dari akar pokok dan sanggup membentuk percabangan akar lagi. [Baca Juga : Sejarah Penemuan Hormon Sitokinin]

d. Rambut akar atau bulu akar (Pilus radicalis)

Rambut-rambut halus yang bercabang-cabang yang tumbuh dari sel-sel epidermis yang tumbuh bersahabat ujung akar, berfungsi untuk memperluas tempat perembesan air dan hara mineral. Dapat dikatakan bahwa rambut akar atau bulu akar ini yaitu bab yang tumbuh akhir penonjolan sel-sel kulit luar akar yang panjang yang bentuknya menyerupai rambut atau bulu.

e. Ujung akar (Apex radicis)

Merupakan bab paling bawah dari morfologi akar flora yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Bagian ini merupakan bab akar yang paling muda yang terdiri atas jaringan-jaringan yang masih aktif mengalami pertumbuhan.

f. Tudung akar (kaliptra)

Terdapat di bab paling ujung dari akar yang berfungsi untuk melindungi akar terhadap kerusakan pada ketika menembus partikel tanah. Bagian khusus yang terdapat di tudung akar ini yaitu kaliptra yang tersusun dari sel-sel parenkim yang kadangkala mengandung pati. Kaliptra berfungsi sebagai pelindung meristem dan melumasi akar sehingga tabrakan antara ujung akar dan tanah berkurang pada ketika akar menembus pori-pori tanah. Umumnya pada banyak tumbuhan, kaliptra membentuk struktur khusus yang disebut kolumela.

Zona Pertumbuhan Akar

Akar terdiri dari tiga zona pertumbuhan, yaitu tempat diferensiasi, tempat pemanjangan dan tempat pembelahan sel. Daerah meristematik pada akar terdapat di bab ujungnya yang mana sel-selnya selalu aktif membelah. Pada bab ujung terdapat tudung akar yang berfungsi untuk melindungi bab dalam akar tumbuhan.

Umumnya morfologi akar flora akan berbentuk menyerupai gambar di atas. Bagian yang paling aktif tumbuh pada akar merupakan bab bawah akar. Bagian ini akan selalu tumbuh dan memanjang biar sanggup memperoleh air dan hara mineral.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai struktur morfologi akar tumbuhan. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.ebiologi.net