Wednesday, July 4, 2018

Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan

Guys, siapa nih yang malem-malem biasanya bermasalah dengan nyamuk? Lagi nyenyak-nyenyaknya tidur, malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar telinga. Siapapun niscaya akan merasa terganggu dan sangat kesal.


Meskipun obat anti nyamuk selalu tersedia dirumah setiap saat, tapi yang namanya nyamuk niscaya akan selalu tiba dan tiba lagi, walaupun bukan di dalam rumah tapi nyamuk sanggup saja menggigit dan menghisap darahmu ketika diluar rumah.


Sebenarnya tak problem kalau gigitan nyamuk tidak menimbulkan dampak negatif pada tubuh manusia. Namun nyatanya gigitan nyamuk sangat meresahkan manusia. Selain sanggup membuat kulit merah-merah, bentol dan gatal-gatal, beberapa jenis nyamuk bahkan sanggup menularkan virus penyakit menyerupai demam berdarah, malaria dan lain-lain yang sangat berbahaya.


Hal ini membuat kita selalu mencari cara untuk memusnahkan nyamuk. Berharap kalau nyamuk tidak akan berkembang biak dan populasinya akan menghilang selamanya, sehingga insan tidak akan digigit nyamuk lagi dan tidak akan tertular dengan penyakit-penyakit yang ditularkan oleh nyamuk-nyamuk tersebut.


Tapi pernahkah kau membayangkan bagaimana dunia ini berjalan tanpa adanya nyamuk? Apakah insan akan bebas dengan bentol-bentol kemerahan dan rasa gatal dikulit? Atau penyakit demam berdarah, malaria atau penyakit lainnya yang identik dengan nyamuk juga akan ikut menghilang? Atau jangan-jangan ekosistem dan rantai masakan yang terjadi di bumi ini akan rusak kalau nyamuk benar-benar musnah?


Karena, biar bagaimanapun, nyamuk juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan, pastilah ada alasan tersendiri kenapa Tuhan membuat nyamuk berdampingan dengan manusia. Bahkan banyak ilmuan beropini bahwa nyamuk sangat berperan sekali dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi ini.


Nah untuk itu, kali ini Blog Unik akan membuatkan pada kalian wacana fungsi nyamuk yang bergotong-royong bagi kehidupan baik untuk insan maupun untuk makhluk hidup lain yang jarang diketahui orang. Penasaran menyerupai apa fungsi nyamuk yang mengesalkan ini? Langsung saja cek ulasannya dibawah ini!


1. Nyamuk berperan untuk membantu proses penyerbukan tumbuhan khususnya tumbuhan coklat


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:600px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3133381919"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



photo via steemit.com


Bukan hanya lebah, namun nyamuk juga termasuk sebagai salah satu serangga yang sanggup membantu proses penyerbukan tanaman. Bagaimana bisa? Karena pada faktanya, nyamuk yaitu pemakan nektar bunga, baik itu jantan dan betina.


Namun hanya nyamuk betinalah yang menghisap darah guna mendapat manfaat protein untuk tujuan perkembangbiakan. Sedangkan nyamuk jantan arif balig cukup akal menggantungkan diri para nektar sebagai energi. Sehingga nyamuk jantan harus pergi dari flora satu ke flora lain untuk mencari masakan mereka. Proses inilah yang membatu penyerbukan pada tumbuhan tersebut.


Apalagi diketahui kalau nyamuk yaitu penyerbuk utama pada tumbuhan coklat. Bisa dibayangkang kalau tak ada nyamuk maka tumbuhan coklat tidak akan gampang berbuah. Mungkin sanggup dibilang memusnahkan nyamuk sama saja dengan membuat dunia tanpa coklat.


2. Nyamuk sanggup berfungsi sebagai pendeteksi adanya gangguan kesehatan pada manusia


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan


photo via hodor.lol


Guys, ketika kau sering digigit nyamuk, jangan buru-buru mengutuk nyamuknya, namun cobalah untuk melihat diri sendiri dulu. Kenapa hanya kau yang digigit nyamuk sedangkan orang-orang yang berada disekitarmu tidak digigit? Jika hal tersebut terjadi pada kalian, sanggup saja hal tersebut mengambarkan ada gangguan kesehatan pada tubuhmu yang tidak kau rasakan.


Pasalnya nyamuk sanggup dijadikan indikator dini bagi permasalahan kesehatan manusia. Hasil penelitian terakhir dari studi entimologi university of Florida menyatakan bahwa nyamuk akan mendeteksi dan menentukan darah yang akan disedot. Nyamuk biasanya menyukai darah yang berbau asam, contohnya asam laktat dan asam urat, serta darah yang berbau kolesterol yang menjadi favorit para nyamuk.


Nyamuk akan memindai zona darah yang akan dihisap dengan mengandalkan pengelihatan dan sensor panas. Selanjutnya, nyamuk akan menghisap darah yang banyak mengandung kolesterol dan vitamin B, alasannya yaitu nyamuk tidak sanggup memproduksi senyawa tersebut. Bila kau sering menjadi sasaran gigitan nyamuk, ada kemungkinan kalau darahmmu mengandung kolesterol yang tinggi yang sangat berbahaya sanggup tak segera ditangani.


Selain itu, nyamuk juga jago dalam mendeteksi panas tubuh akhir nyeri otot. Otot yang kekurangan oksigen ketika perubahan energi dari gula yang dibawa oleh darah maka akan mengakibatkan nyeri di otot, hal ini sanggup terjadi apabila seseorang tidak melaksanakan warming up ketika olahraga. Otot yang terasa nyeri biasanya akan terasa lebih panas dari penggalan lain apabila diraba dengan kulit tangan. Namun, nyamuk mempunyai sensor yang lebih canggih untuk mendeteksi hal ini biar darah di area tersebut sanggup terdeteksi olehnya.


3. Nyamuk berfungsi untuk mengurangi populasi mikroorganisme dan bakteri


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan




class="adsbygoogle"
style="background:none;display:inline-block;width:300px;height:250px;max-width:100%;"
data-ad-client="ca-pub-9314037868717527"
data-ad-slot="3892123021"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



photo via agrilife.org


Guys, perlu kau ketahui, ternyata telur nyamuk yaitu larva itu membantu membersihkan air dari populasi mikroorganisme dan basil lho! Hal ini terjadi alasannya yaitu untuk sanggup bertahan hidup larva membuat pusaran kecil di dalam air, dengan memakai dua anggota tubuh yang berbulu dan menyerupai kipas angin. Dengan cara bergantung terjungkir di dalam air, larva bernapas melalui pipa udara yang menyerupai “snorkel” yang dipakai para penyelam. Pusaran ini juga membuat basil atau mikroorganisme lainnya mengalir ke mulutnya sebagai makanan.


Memang nyamuk akan menentukan air yang kotor untuk bertelur, alasannya yaitu air kotor lebih mengandung banyak mikroorganisme dan basil daripada air higienis dan ini baik untuk masakan bagi larva nyamuk. Kaprikornus sanggup dibilang, manfaat keberadaan nyamuk dalam air kotor yaitu untuk mengurangi populasi mikroorganisme dan basil terutama basil benalu yang terdapat pada air kotor. Yang secara tidak pribadi menawarkan kebaikan untuk manusia.


4. Larva nyamuk menghasilkan zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan


photo via thoughtco.com


Bukan hanya membantu dalam proses penyerbukan, namun nyamuk tepatnya ketika berwujud sebagai larva, juga mempunyai peranan penting untuk menghasilkan zat nitrogen bagi tumbuhan disekitarnya. Pasalnya kalau ada serangga lain yang ternggelam di kubangan air yang merupakan sarangnya, maka nyamuk akan memakan bangkainya sementara sementara larva akan mengolah sisa bangkai tersebut menjadi nitrogen yang diharapkan tanaman.


5. Nyamuk mempunyai tugas penting dari segi ekonomi


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan


photo via youtube.com (DANSER #46)


Secara tidak disadari ternyata nyamuk punya andil cukup besar dibidang ekonomi lho guys! Pasalnya, alasannya yaitu keberadaan nyamuk, ada banyak lapangan pekerjaan yang tercipta menyerupai pabrik obat nyamuk, serta pabrik-pabrik yang membuat benda anti nyamuk lainnya menyerupai kelambu, raket nyamuk dll. Benda-benda inipun sangat laku dipasaran alasannya yaitu konsumen sangat membutuhkannya untuk mengusir nyamuk. Kaprikornus sanggup dibilang, nyamuk mendatangkan rezeki pada sebagian masyarakat.


Coba bayangkan kalau nyamuk didunia ini benar-benar musnah, pastinya pabrik-pabrik obat nyamuk dan benda anti nyamuk lainnya akan mengalami kebangkrutan alasannya yaitu produknya sudah tak lagi diperlukan. Otomatis orang-orang yang bekerja didalamnya akan kehilangan pekerjaannya dan pengangguran akan semakin bertambah.


6. Nyamuk mendorong insan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan selalu berinovasi


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan


photo via caribbeannationalweekly.com & techno.web.id


Selain dari segi ekonomi, nyamuk juga mempunyai andil besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Kenapa? Sebab, dengan adanya nyamuk membuat insan terus berusaha untuk mengembangkan ilmu pengetahuan baik dari sisi kedokteran maupun dari sisi yang lain. Dari sisi kedokteran, insan khususnya para peneliti-peneliti, didorong untuk membuat dan mengembangkan obat-obatan yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit akhir nyamuk. Seperti demam berdarah, malaria, cikungunya dan lain-lain.


Manusia juga dibentuk semakin kreatif dengan mengembangkan banyak sekali produk dan obat anti nyamuk yang kita tahu selalu mempunyai penemuan yang baru. Jika dulu obat anti nyamuknya berbentuk bulat dan dibakar, dimana asapnya membuat kita sesak nafas, sekarang kita sanggup memakai obat anti nyamuk semprot dan juga obat anti nyamuk eletrik yang tentunya tidak mengeluarkan asap yang mengganggu.


7. Kehadiran nyamuk mendorong insan untuk hidup bersih


 malah terganggung dengan bunyi nyaring nyamuk yang bertebangan di sekitar indera pendengaran Tahukah Kamu? Ini Lho Fungsi Nyamuk Dalam Siklus Kehidupan


photo via kiriko.es


Satu lagi guys, fungsi nyamuk dalam siklus kehidupan insan yaitu nyamuk mendorong insan untuk hidup lebih bersih. Seperti yang kita tahu, nyamuk menyukai tempat-tempat yang kotor, lembab dan terdapat genangan air yang kotor. Karena kita selalu waspada terhadap nyamuk, hal itu mendorong kita untuk selalu menjaga rumah biar tetap bersih. Selain itu kita juga selalu memastikan bahwa dihalaman rumah kita tidak ada air yang menggenang dengan niatan tidak ada nyamuk yang bersarang di genangan tersebut. Kaprikornus sanggup dibilang, nyamuk membuat kita termotivasi untuk hidup lebih bersih.


Nah itu ia beberapa fungsi nyamuk dalam siklus kehidupan. Bagaimana berdasarkan kalian guys? Pastinya, nggak ada yang menyangka kan kalau serangga kecil penghisap darah satu ini ternyata mempunyai andil yang cukup besar dalam siklus kehidupan? Meskipun nyamuk itu meresahkan alasannya yaitu sering mengigit insan bahkan menimbulkan penyakit berbahaya, namun satu yang harus kita ingat bahwa Tuhan membuat nyamuk dengan fungsinya sendiri. Kaprikornus jangan takut dengan nyamuk dan jangan terlalu fokus mencari cara untuk memusnahkannya. Cukup pastikan lingkungan sekitar kau higienis maka nyamuk akan menjauh dari hidupmu. Semoga artikel ini bermanfaat guys!



Sumber http://blogunik.com