Monday, September 17, 2018

√ Cara Gampang Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Ketika Startup Windows

Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows – Apakah komputer atau laptop Anda dikala ini sedang mengalami kasus check disk ketika komputer atau laptop dinyalakan (Startup)? Sebetulnya kasus ini bukan hal yang gres alasannya yakni semenjak pertama kali operasi sistem Windows diciptakanpun problem munculnya peringatan check disk pada dikala startup memang sudah ada. Makara baik operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 niscaya akan mengalami kasus check disk pada dikala Windows startup. Sebetulnya apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Baik disini saya akan bahas hingga tuntas permasalahan selalu muncul check disk ketika komputer atau laptop pertama kali dinyalakan.


Baca Juga : Cara Mengecek & Memperbaiki Keadaan Hardisk Dengan Tool Bawaan Windows


Untuk menghilangkan check disk pada dikala startup Windows sangat gampang sekali. Dan memang langkah paling simplenya yakni dengan melaksanakan format hardisk maka problem ini akan hilang. Namun berdasarkan saya itu bukan langkah yang paling efektif. Karena tentunya dengan format hardisk resikonya yakni kita akan kehilangan data. Walaupun kita awalnya sebelum format melaksanakan backup data dulu, namun Anda sendiri sanggup membayangkan bagaimana kalau data-data tersebut sangat banyak. Tentunya dengan langkah ini akan menghabiskan banyak waktu.


Jika Anda masih gundah bagaimana kasus check disk Windows itu alasannya yakni Anda belum pernah mengalaminya, silakan Anda lihat penampakkannyaseperti pada gambar di bawah ini :


Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows √ Cara Praktis Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows


Contoh gambar diatas saya ambil ketika komputer operasi sistem Windows XP mengalami check disk pada dikala startup. Umumnya setiap versi operasi sistem Windows akan menampilkan peringatan menyerupai gambar diatas ketika check disk.


Kasus check disk menyerupai gambar diatas jikalau kita biarkanpun kalau sudah mencapai angka 100 percent completed maka komputer atau laptop akan nyala menyerupai biasanya. Namun tentunya Anda akan kesal menunggu hingga proses ini final setiap Anda akan menyalakan komputer.


Apa penyebab selalu muncul checking file system on c, on d, dan seterusnya? Umumnya penyebab ini yakni komputer atau laptop ketika shut down atau dimatikan tidak sesuai dengan cara mematikan yang seharusnya. Bisa jadi laptop mendadak mati alasannya yakni daya batrainya habis atau komputer mati mendadak alasannya yakni gangguan kelistrikan atau sanggup saja alasannya yakni kita memang sengaja mematikan komputer atau laptop dengan cara yang tidak benar. Dari kasus-kasus menyerupai ini maka menjadikan ada problem dengan hardisk komputer atau laptop.


Selain penyebab diatas sanggup juga komputer atau laptop Anda terdapat virus berbahaya yang belum diketahui keberadaannya.


Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!


Anda tidak perlu khawatir alasannya yakni disini saya akan menunjukkan solusi untuk mengtatasi check disk pada dikala startup Windows, baik Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10.


Berikut Cara Mengatasi Check Disk Komputer Atau Laptop Pada Saat Startup Windows


Jika permasalahnnya alasannya yakni Anda terlalu sering mematikan (shut down) komputer atau laptop dengan cara yang tidak benar pribadi menekan tombol powernya, maka stop mulai dari sekarang. Karena selain akan memunculkan pesan check disk menyerupai gambar diatas, dan lagi hardisk komputer Anda akan cepat rusak. Jika sudah terlanjur, berikut cara mengatasi permasalahan check disk Windows.


Untuk menonaktifkan problem check disk disini saya membaginya kedalam dua cara, yaitu melalui Command Prompt (CMD) dan Regsitry Windows.


1. Cara Menghilangkan Check Disk Dengan CMD


Silakan Anda buka Command Prompt dengan cara menekan logo Windows + R pada keyboard. Ketik CMD pada kolom Run dan tekan Enter.


Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows √ Cara Praktis Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows


Ketikkan chkntfs /x diikuti dengan diskdrive atau partisi hardisk di komputer atau laptop Anda. Misal saya memiliki dua partisi hardisk yaitu diskdrive C dan D maka perintahnya menjadi menyerupai ini chkntfs /x c: d:.


Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows √ Cara Praktis Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows


Tekan Enter dan tunggu beberapa dikala hingga proses check disk ini final dengan sempurna. Jika sudah final silakan Anda Restart komputer dan lihat kesannya kini apakah ketika komputer atau laptop dinyalakan masih muncul check disk atau tidak.


2. Cara Menghilangkan Check Disk Melalui Registry Windows


Jika dengan cara diatas dan ternyata tidak berhasil silakan lakukan cara kedua ini. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mempraktikkan cara kedua ini, pastikan kalau Anda sudah membackup file Registry Windows. Takutnya nanti ketika mendisable check disk ini tidak berhasil juga.


Baca Juga : Cara Backup Registry Windows 7, 8, dan 10 Dengan Praktis Lengkap Gambar


Anda aktifkan Run untuk menampilkan Registry Windows, ketik regedit pada jendela Run dan tekan Enter.


Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows √ Cara Praktis Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows


Kemudian Anda buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Session Manager. Temukan BootExecute pada layar kerja sebelah kanan dan Anda klik kanan kemudian pilih Modify.


Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows √ Cara Praktis Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows


Secara default pada layar kerja BootExecute ini yakni autocheck autochk *, silakan Anda tambahkan sebelum * dengan parameter /k: kemudian diskdrive yang akan dihilangkan check disk ketika startup tersebut. Misal hanya diskdrive C maka nantinya akan menyerupai ini autocheck autochk /k:C * atau disk drive D menjadi autocheck autochk /k:D * Jika kedua-duanya atau lebih dari dua partisi maka tinggal Anda tambahkan saja. Untuk diskdrive C dan D maka akan menyerupai ini autocheck autochk /k:C /k:D *. Kedepannya jikalau kondisi hardisk sudah normal dan Anda ingin mengembalikan parameter diatas dengan pengaturan bawaan mika tinggal hilangkan saja parameter-parameter yang sudah Anda tambahkan sebelumnya menjadi autocheck autochk *.


Cara Mengatasi Check Disk Startup Windows √ Cara Praktis Menghilangkan Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows


Jika sudah mengubah parameter bawaan Windows dengan menambahkan parameter gres silakan Anda klik pilih OK dan restart komputer atau laptop. Lihat kesannya dan saya yakin jikalau memang kasus check disk ini dari hardisk bermasalah alasannya yakni sering mati mendadak maka kini akan hilang. Namun jikalau penyebabnya alasannya yakni ada virus maka Anda tinggal melaksanakan scan dengan AntiVirus terupdate.


Selengkapnya untuk mengatasi check disk pada dikala komputer startup sanggup dilihat pada halaman forum Microsoft. Disana Anda sanggup bertanya pribadi dan tentunya jikalau Anda sudah terdaftar menjadi member lembaga tersebut.


Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengatasi Check Disk Pada Saat Startup Windows. Semoga artikel ini ada keuntungannya untuk umum terutama yang sedang mengalami kasus check disk. Saya sarankan mulai kini usahakan komputer atau laptop jangan hingga sering mati mendadak. Anda lakukan sesuai mekanisme ketika ingin mematikan komputer atau laptop yaitu dengan cara Shut down.



Sumber http://info-menarik.nett