Saturday, September 15, 2018

√ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools

Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas – Blog mempunyai banyak backlink akan meningkatkan performanya di SERP, sehingga akan banyak artikel yang muncul di halaman terbaik mesin pencari. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua backlink yang sanggup mengubah posisi blog menjadi baik di search engine. Banyaknya backlink yang mengarah ke situs kita belum tentu bisa dikategorikan bahwa backlink tersebut akan menawarkan manfaat bagi blog kita. Backlink yang berkualitaslah yang akan bisa menyulap performa situs di Search Engine Result Page (SERP). Sebaliknya backlink yang tidak berkualitas justru akan memperburuk pringkat situs di mesin pencari. Bahayanya blog kita akan dianggap SPAM oleh mesin pencari dan tidak menutup kemungkinan lama-lama blog kita akan karam di SERP atau terjerat Google Sandbox.


Baca Juga : Solusi Tepat Agar Blog Tidak Terjerat Google Sandbox


Banyak alasan sehingga adanya backlink tidak berkualitas yang mengarah ke situs kita. Namun apapun alasannya kita wajib menyangkal atau menolak/menghapus backlink tersebut demi kelangsungan blog yang kita kelola. Percuma saja kita memelihara banyak backlink namun nyatanya backlink tersebut tidak berkualitas. Bukannya akan meningkatkan reputasi blog namun malah sebaliknya menjauhkan posisi blog kita di SERP.


Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas √ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools


Peranan backlink dalam meningkatkan secara optimal SEO masa kini memang masih kuat besar terhadap kelangsungan sebuah situs. Namun yang harus kita garis bawahi jangan hingga kita memakai tehnik jadul dengan mencari backlink secara membabi buta dan tidak perduli apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak. Nyatanya tehnik meningkatkan secara optimal SEO kini kita harus lebih cermat lagi dalam mencari backlink yaitu meski hanya mencari backlink yang berkualitas saja yang mengarah ke situs kita. Lebih baik sedikit backlink namun semuanya berkualitas daripada banyak backlink namun berkualitas rendah.


Sebenarnya apa saja sih penyebabnya hingga blog kita mempunyai backlink-backlink yang tidak berkualitas? Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa penyebab blog kita memperoleh backlink berkualitas rendah berbagai macamnya, namun diantaranya yakni sebagai berikut :



  1. Backlink tidak berkualitas sehingga bisa dikatakan link jelek berdasarkan SERP ini terjadi lantaran unsur kesengajaan. Tindakan ini bisa terjadi dilakukan oleh situs pesaing kita yang takut reputasi blognya kalah dengan blog kita. Cuma sayangnya mereka bersaing secara tidak sehat yaitu dengan sengaja mendaftarkan blog kita dengan tehnik-tehnik tidak benar untuk mendapat backlink tidak berkualitas.

  2. Bisa jadi backlink yang tidak berkualitas kita dapatkan dari ulah pemiliki social bookmark (sosbook). Terutama social bookmark yang umurnya masih tergolong gres dan belum mempunyai member tetap. Pemiliki sosbook akan melaksanakan tambah link dari artikel-artikel blog lain secara membabi buta setiap harinya biar terkesan sosbook tersebut terlihat aktif.

  3. Backlink tidak berkualitas bisa terjadi juga lantaran ulah kita sendiri yang awalnya kita mempunyai paham bahwa dengan memperbanyak backlink akan meningkatkan peringkat blognya di search engine. Umumnya tindakan ini sering blogger lakukan dengan tanam link aktif di kotak komentar pada ketika blogwalking.

  4. Backlink berkualitas rendah juga bisa terjadi disebabkan kita telah mengajak blogger lain untuk saling tanam link aktif (tukar link). Ini yakni tehnik meningkatkan secara optimal SEO jadul. Saat ini percuma saja kita aktif melaksanakan tukar link secara membabi buta tanpa memperhatikan kesamaan niche blog.

  5. Link jelek yang mengarah ke situs kita juga bisa terjadi lantaran kita telah melaksanakan pemasangan banner iklan blog kita di blog lain dengan tidak memperhatikan kesamaan niche blog. Selain itu banyak blogger yang sengaja memasang feed blognya di blog lain.


Lalu Bagaimana Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Yang Sudah Terlanjur Kita Lakukan


Namanya nasi sudah menjadi bubur memang tidak akan bisa diubah menjadi nasi kembali. Namun untuk kasus ini tampaknya peribahasa tersebut bisa kita simpan dulu lantaran nyatanya kalau kita sudah terlanjur menanam backlink tidak berkualitas kita bisa menghapusnya. Jika backlink berkualitas rendah tersebut bisa kita hapus dengan cara menghubungi admin blog meminta secara baik-baik untuk menghapusnya maka lakukanlah. Namun tidak berkenan maka lakukan cara yang akan saya bahas disini.


Baca Juga : Cara Cepat Mengetahui Posisi Artikel Di Google


Mungkin Anda ingin tau sesungguhnya backlink bagaimana yang bisa dikatakan berkaulitas berdasarkan search engine? Selengkapnya Anda bisa mencari sendiri di internet lantaran banyak master-master SEO yang sudah membahasnya. Namun disini saya juga akan menawarkan sedikit citra menyerupai bagaimana dan bagaimana cara memperoleh backlink berkualitas itu?



  1. Sebaiknya Anda selalu menentukan backlink dari domain yang mempunyai Page Authority dan Domain Authority Untuk mencari blog yang mempunyai PA dan DA tinggi bisa Anda gunakan tools-tools gratis menyerupai SmallSEO Tools, MOZ, Bulkdachecker, Moonsy, dan masih banyak lagi.

  2. Pilihlah domain atau blog yang masih mempunyai kesamaan niche dengan blog Anda.

  3. Menjadi penulis tamu di blog lain dan tentunya blog yang mempunyai kesamaan niche juga.

  4. Backlink dari blog multi niche juga bisa dikategorikan sebuah backlink berkualitas, tapi dengan catatan link blog Anda ditautkan pada artikel yang mempunyai kesamaan niche dengan blog Anda. Jangan hingga backlink diperoleh dari artikel pembahasan “Cara Membuat Celana” sedangkan blog Anda membahas “Cara Memperbaiki Sepeda Motor”.


Ok kini giliran cara menghapus backlink tidak berkualitas. Untuk menghapus backlink yang kualitasnya rendah kita bisa memakai Google Webmaster Tools. Namun sebelum melaksanakan langkah ini sebaiknya Anda harus berhati-hati bahwa tehnik ini dilakukan dengan cara benar. Jika Anda salah dalam menggunakannya maka bisa berpotensi membahayakan kinerja blog Anda. Backlink yang kita hapus yakni benar-benar backlink tidak berkualitas saja menyerupai backlink dari blog SPAM, dari situs dewasa, dan sebagainya.


Pertama yang harus kita lakukan yakni login di Google Webmaster Tools dengan akun Google yang bisa Anda gunakan. Fitur apa yang akan kita gunakan dalam menghapus backlink kualitas rendah di Google Webmaster Tools? Namanya fitur Disavow Links.


Silakan Anda unduh terlebih dahulu link-link yang ditautkan keblog Anda di akun Webmaster Tools. Biasanya kumpulan link yang ditautkan terhadap blog kita (backlink) di Google Webmaster Tools terdapat pada Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Anda. Kemudian Anda klik pilih Unduh tabel ini untuk mengunduh semua backlink yang mengarah ke blog Anda.


Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas √ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools


Pilih format unduhan, kalau Anda menentukan format CSV maka nanti tabel kumpulan backlink akan dibuka di jadwal Microsoft Office Excel. Jika Anda menentukan format Google Dokumen maka otomatis semua tabel yang berisi link akan terbuka pada halaman gres Google Dokumen Spreadsheet.


Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas √ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools


Jika semua link yang mengarah ke situs Anda sudah berhasil di unduh silakan Anda sortir link mana saja yang Anda anggap tidak berkualitas. Anda tempatkan link-link berkualitas rendah tersebut pada Notepad dan simpan.


Sekarang Anda buka halaman Google Webmaster Tools Disavow Links dan kalau blog yang terhubung di Google Webmaster Tools terdapat lebih dari satu blog maka silakan Anda pilih blog mana yang akan dihapus backlink kualitas rendahnya. Jika sudah menentukan blog kini Anda klik pilih DISAVOW LINKS.


Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas √ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools


Disinipun Anda tinggal menentukan Disavow Links.


Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas √ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools


Anda klik pilih Choose File untuk menentukan dan membuka file Notepad tadi yang berisi kumpulan link-link tidak berkualitas yang akan Anda hapus. Terakhir Anda klik pilih Submit dan tunggu sebentar.


Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas √ Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas Dengan Google Webmaster Tools


Ok hingga langkah ini kiprah Anda dalam menyangkal semua backlink kualitas rendah sudah selesai. Sekarang Anda tunggu lantaran Google sedang bekerja untuk menghapus semua link-link jelek yang mengarah ke situs Anda. Nanti laporannya akan tampil di kotak pesan Google Webmaster Tools.


Bagaimana gampang bukan? Silakan selamat mencoba artikel Cara Menghapus Backlink Tidak Berkualitas memakai Disavow Link Google Webmaster Tools. Semoga cara ini sukses dan nantinya blog Anda akan higienis dari link-link jelek yang mengarah ke situs Anda. Sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya dan salam sukses selalu.



Sumber http://info-menarik.nett