Thursday, September 20, 2018

√ Jenis Dan Fungsi Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan ialah zat yang diproduksi oleh badan kita yang membantu kita mencerna masakan yang kita makan. Enzim ini disekresikan oleh banyak sekali penggalan dari sistem pencernaan kita dan mereka membantu memecah komponen masakan menyerupai protein, karbohidrat, dan lemak. Penguraian ini memungkinkan nutrisi dari masakan diserap ke dalam fatwa darah kita sehingga sanggup mendukung berfungsinya semua sel dalam badan kita.


Pelepasan Enzim Pencernaan


Enzim pencernaan dilepaskan baik untuk mengantisipasi masakan maupun sebagai respons terhadap makanan. Ini berarti bahwa hanya memikirkan atau melihat masakan sudah cukup untuk menciptakan jus Anda mengalir! Saat kita mencium dan kesudahannya merasakan masakan kita, jumlah enzim yang disekresikan meningkat.


Enzim dikeluarkan dari kelenjar ludah kita, dan lalu dari sel-sel yang melapisi perut kita, pankreas, dan usus besar dan kecil. Berbagai jenis enzim disekresikan tergantung pada jenis masakan yang kita makan.


Jenis


Tubuh kita menghasilkan banyak sekali jenis enzim pencernaan untuk membantu badan kita memanfaatkan banyak sekali nutrisi yang ditemukan dalam masakan yang kita konsumsi. Berikut ialah pola dari beberapa jenis enzim yang lebih umum.


Amilase


Amilase ialah enzim pencernaan yang penting untuk pencernaan karbohidrat kita, sebab amilase memecah pati menjadi gula. Amilase disekresi oleh kelenjar ludah dan pankreas. Pengukuran kadar amilase dalam darah kadang kala dipakai sebagai alat bantu dalam mendiagnosis banyak sekali pankreas atau penyakit jalan masuk pencernaan lainnya.


Laktase


Laktase ialah jenis enzim yang memecah gula, laktosa, yang ditemukan dalam produk susu. Laktase tambahan sanggup dipakai untuk membantu orang yang tidak toleran laktosa untuk mencerna produk susu.


Lipase


Lipase ialah enzim yang bertanggung jawab atas pemecahan lemak yang kita konsumsi. Secara khusus, lipase memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (alkohol gula sederhana). Di dalam badan Anda, lipase diproduksi dalam jumlah kecil oleh lisan dan perut Anda, dan dalam jumlah yang lebih besar oleh pankreas Anda.


Maltase


Maltase dikeluarkan oleh usus kecil dan bertanggung jawab untuk menghancurkan maltosa (gula malt).


Protease


Protease ialah enzim pencernaan yang memecah protein menjadi asam amino. Berikut ialah jenis utama protease yang ditemukan dalam jalan masuk pencernaan manusia:



  • Karboksipeptidase A

  • Karboksipeptidase B

  • Kimotripsin

  • Pepsin

  • Tripsin


Sukrase


Sukrase dikeluarkan oleh usus kecil di mana ia memecah sukrosa menjadi gula sederhana dari fruktosa dan glukosa.


Suplemen


Ada banyak sekali macam kondisi kesehatan yang mengganggu sekresi enzim pencernaan dalam jumlah yang cukup untuk pencernaan penuh makanan. Dalam kasus menyerupai itu seseorang mungkin menerima manfaat dari mengonsumsi pelengkap enzim pencernaan. Salah satu area di mana pelengkap enzim pencernaan paling bermanfaat ialah bagi orang yang menderita pankreatitis kronis. Untuk orang-orang ini, pelengkap enzim pencernaan tidak hanya membantu pencernaan tetapi juga sanggup membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan penyakit ini.



Sumber https://infoana.comm