Tuesday, November 27, 2018

√ Cara Mengatasi Pesan Error Printer Epson R230 (Blinking Reset)

Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 – Pesan error yang ditampilkan oleh setiap printer berbeda-beda. Itu semua tergantung jenis kerusakannya dan juga termasuk dari jenis printernya. Mungkin Anda sudah tahu printer EPSON Stylus Photo R230. Printer EPSON yang satu ini umumnya sering dipakai oleh mereka yang memiliki profesi dibidang digital printing. Karena hasil cetak printer 6 warna ini memang bagus. Dan juga kehandalan cartridge dan printhead printer yang satu ini memang patut diacungkan jempol. Cuma sayangnya EPSON sudah tidak memproduksi lagi printer R230.



Baca Juga : General Error EPSON TX101 Lalu Solusinya?



Munculnya pesan error sehingga printer tidak sanggup dipakai memang sangat menjengkelkan. Dengan keterbatasan ilmu pengetahuan yang kita miliki, sering kita tetapkan untuk membawa ke tukang service jikalau printer tidak sanggup berfungsi untuk mencetak.


Dari banyaknya kasus pesan error khususnya untuk printer EPSON Stylus Photo R230 diantaranya ialah muncul peringatan ibarat ini :


“Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation.”


Muncul pesan error ibarat kasus diatas memang printer masih sanggup dipakai dan tidak mensugesti pada hasil cetak printer. Kasus ibarat ini seperti printer tidak ada persoalan apapun. Namun sesungguhnya pesan error tersebut ialah sebuah peringatan bahwa sistem kerja normal printer akan segera berakhir. Artinya dalam waktu bersahabat ini printer EPSON Stylus Photo R230 akan tidak sanggup digunakan.


Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R √ Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking  Reset)


Berbeda dengan kasus printer EPSON Stylus Photo R230 saat tombol warna merah menyala terus (blinking). Maka saat kasus ibarat ini printer EPSON Stylus Photo R230 tidak sanggup dipakai sama sekali. Kita meski melaksanakan reset pada printer tersebut.


Kenapa sebabnya setiap printer termasuk printer EPSON R230 sering ditemukan kasus blinking atau mengalami pesan error ibarat keterangan diatas? Alasannya lantaran didalam printer akan disimpan sebuah chip penghitung. Chip ini fungsinya ialah untuk menghitung berapa kali printer dinyalakan dan berapa lembar printer telah mencetak. Ketika jumlah maksimal hitungan chip sudah habis, maka akan muncul pesan error untuk di service. Walaupun sesungguhnya kondisi printer masih bagus. Sepertinya ini ialah pura-pura produsen printer biar printer saat error harus di bawa ke daerah service.


Kasus blinking pada printer EPSON Stylus Photo R230 yang muncul warna merah pada tombol printer secara terus menerus itu artinya chip penghitung mencetak sudah habis. Adapun pesan error ibarat kasus diatas ialah chip penghitung menyalakan printer sudah habis. Dari kasus kedua ini biar printer sanggup normal kembali maka kita harus melaksanakan reset atau mengembalikan angka chip penghitung tersebut ke angka semula. Dan biasanya chip penghitung ini diset dengan hitungan mundur.


Berikut Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 / Blinking


Pertama yang kita butuhkan untuk reset printer EPSON R230 ialah kita harus memiliki aplikasi resetter. Aplikasi resetter ini sanggup kita dapatkan secara gratis dan tentunya melaksanakan reset printer sendiri akan jauh lebih menghemat biaya daripada kita membawa printer ke tukang service. Silakan Anda d0wnl0ad dulu aplikasi resetter EPSON Stylus Photo R230 SSC Service Utility dengan URL http://www.ssclg.com/epsone.shtml.


Setelah sukses d0wnl0ad SSC Service Utility di web resminya, kini kita install aplikasi resetter tersebut di komputer. Kemudian Anda aktifkan aplikasi SSC Service Utility jikalau sudah sukses Anda install.


Nyalakan printer EPSON Stylus Photo R230 kemudian Anda klik tab Configuration pada aplikasi SSC Service Utility. Anda tentukan di Installed Printers dan Printer Model menjadi Epson Stylus Photo R220/R230.


Sebetulnya aplikasi resetter SSC Service Utility ini bukan hanya untuk melaksanakan reset printer EPSON Stylus Photo R230 saja. Anda lihat pada list Printer model, disana terdapat banyak pilihan printer model yang sanggup kita gunakan untuk reset printer saat blinking.


Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R √ Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking  Reset)


Sekarang kita pilih tab Ink monitor untuk mengecek apakah printer R230 sudah tersambung dengan aplikasi SSC Service Utility atau belum. Anda klik Printer Report kemudian klik Refresh dan klik juga Head Ink Shorts serta Refresh. Jika printer sudah tersambung, maka akan muncul gambar tinta dalam satuan persen ibarat pada gambar di bawah.


Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R √ Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking  Reset)


Sekarang Anda tutup kotak obrolan SSC Service Utility ini dengan menentukan close sehingga SSC Service Utility akan pindah ke Taskbar.


Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R √ Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking  Reset)


Klik kanan pada icon SSC Service Utility yang muncul di Taskbar tersebut kemudian Anda pilih Reset counters dan Reset all counters. Lakukan juga pada Reset all color counters dan masing-masing klik OK.


Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R √ Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking  Reset)


Sekarang lakukan hal yang sama juga pada Protection counter > Reset protection counter dan juga pada Clear counter overflow.


Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R √ Cara Mengatasi Pesan Error Printer EPSON R230 (Blinking  Reset)


Ok langkah selanjutnya matikan printer EPSON Stylus Photo R230 kemudian nyalakan lagi. Begitu printer dinyalakan maka printer akan melaksanakan Cleaning Tinta secara otomatis, tunggu hingga proses cleaning selesai. Sekarang Anda coba melaksanakan print dokumen atau apa saja. Seharusnya printer EPSON Stylus Photo R230 Anda sudah berjalan normal dan tidak lagi muncul peringatan “Parts inside your printer are near the end of their service life. See your printer documentation”.


Selamat mencoba trik mengatasi pesan error printer EPSON R230 dengan memakai aplikasi SSC Service Utility. Semoga sukses dan semoga bermanfa’at.



Sumber http://info-menarik.nett