Friday, November 23, 2018

√ Faktor Utama Yang Mengakibatkan Nilai Alexa Rank Turun Drastis

Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun – Walaupun sebagian orang tidak terlalu memusingkan nilai/angka Alexa, namun bagi saya ranking yang diberikan Alexa cukup membantu. Kabarnya ranking yang diberikan Alexa terhadap blog/website tidak seakurat yang diberikan oleh Webmaster Google. Tapi bagi saya nilai yang diberikan Alexa sanggup menjadikan penyemangat dalam menulis artikel. Tapi bukan berarti Alexa Rank sebagai patokan utama untuk mengetahui seberapa jauh kepopuleran suatu blog. Karena selain itu kita juga sanggup menilai popularitas blog memakai Ahrefs atau yang lainnya lagi.



Baca Juga : Alexa Rank WEB Ranking Terbaik Dunia



Sebenarnya apa sih Alexa itu? Alexa yaitu website yang bertugas mencatat trafik blog/website di seluruh dunia. Nilai yang diberikan oleh Alexa berupa angka yang diawali dengan status No Data. Setelah blog/website terdaftar di database Alexa maka evaluasi akan dimulai dengan angka puluhan juta. Seiring waktu berjalan yang berpatokan pada trafik blog maka nilai Alexa akan semakin kecil. Dengan begitu jikalau nilai Alexa sebuah blog/website sangat ramping, maka sanggup dipastikan blog tersebut bertrafik tinggi. Selanjutnya lantaran kiprah Alexa meranking seluruh blog/website yang ada di dunia maya ini, maka Alexa sering disebut dengan Alexa Rank.


Sampai dikala ini website terpopuler di dunia berdasarkan Alexa Rank yaitu mbah Google yang kemudian disusul dengan website sosmed Facebook. Adapun ranking Alexa untuk menilai sebuah blog/website dibagi menjadi dua, yaitu : ranking peringkat global dan ranking peringkat lokal.


Mungkin dengan sedikit citra fungsi Alexa Rank ibarat yang sudah dijelaskan diatas, kita sudah sanggup menjawab kenapa nilai Alexa Rank blog kita angkanya tinggi? Atau mungkin tiba-tiba Alexa Rank blog kita turun secara drastis (gendut). Faktor utamanya mungkin trafik blog kita mendadak berkurang disebabkan oleh beberapa alasan.


Kejadian tersebut sempat saya alami juga, yaitu nilai Alexa Rank blog InfoMenarik naik turun. Walaupun blog ini belum pernah mendapat angka Alexa anggun ibarat blog-blog tetangga yang sudah populer, namun perubahan ini sempat menciptakan saya merasa heran juga.


Dulu InfoMenarik sempat memperoleh angka Alexa Rank 80 ribuan, tapi sehabis saya pernah tidak update artikel selama 9 hari kemudian Alexa Rank blog ini terus merangkak gembrot. Sekarang Alexa Rank blog ini 114 ribu lebih untuk peringkat global, dan 1,8 ribu lebih untuk peringkat lokalnya.


 Walaupun sebagian orang tidak terlalu memusingkan nilai √ Faktor Utama Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun Drastis


Dari bencana itu saya mencoba mencari tahu di internet kenapa nilai Alexa Rank blog ini selalu naik turun. Walaupun saya sudah sempat menduga itu efek saya sempat tidak update artikel dalam waktu yang lama. Tapi nyatanya banyak juga blog yang update satu ahad sekali angka Alexa Ranknya sangat menawan.


Seperti yang sudah saya jelaskan di awal pembahasan, bahwa terkadang Alexa Rank menilai sebuah blog kesudahannya tidak akurat. Sangat berbeda jauh dengan hasil yang diberikan oleh Webmaster Google. Hal ini memang terbukti, walaupun angka Alexa Rank blog ini terus memburuk, tapi trafik blog ini berdasarkan Webmaster dan bahkan berdasarkan Ahrefs terus meningkat.


Kemungkinan faktor utama yang mengakibatkan nilai Alexa Rank InfoMenarik turun penyebabnya ada 5 faktor.


Berikut 5 Faktor Kemungkinan Yang Menyebabkan Nilai Alexa Rank Turun


5 Faktor berikut ini hanya kemungkinan saja berdasarkan informasi yang saya sanggup dan kemudian saya rangkum.


1. Google Sedang Melakukan Update Algoritma


Google memang sangat rajin melaksanakan update algoritmanya. Hal ini demi untuk membersihkan setiap blog yang isinya hanya artikel copasan (plagiat) di mesin pencari. Efek Google melaksanakan update algoritma salah satunya sanggup mengakibatkan nilai Alexa Rank naik turun. Banyak blog yang sudah tidak pernah dikelola oleh pemiliknya mencicipi imbas angka Alexa Rank naik turun. Bahkan hal ini akan dirasakan juga oleh blog yang selalu rajin menulis artikel asli setiap harinya.


2. Sangat Jarang Melakukan Blogwalking


Kegiatan blogwalking ini memang sangat aneka macam manfaatnya. Asal melaksanakan kegiatan blogwalking dengan cara yang benar (https://info-menarik.net/cara-blogwalking-yang-benar-untuk-meningkatkan-seo-blog/). Selain kita akan memperoleh ilmu gres dan juga kita akan mendapat backlink gratis serta kemungkinan trafik unik blog kita makan bertambah juga.


Saya akui akhir-akhir ini saya sangat jarang melaksanakan kegiatan blogwalking bahkan hampir sama sekali tidak pernah melakukannya. Semua itu terbentur dengan kesibukan acara di dunia nyata.


3. Kurangnya Trafik Blog Dengan IP Address Unik


Penilaian Alexa Rank untuk meranking sebuah blog/website bukan sekedar berdasarkan trafik biasa saja. Artinya trafik yang dinilai oleh Alexa Rank yaitu trafik blog yang bersumber dari IP Address unik. Kemungkinan juga blog InfoMenarik akhir-akhir ini sangat sedikit mendapat trafik uniknya. Artinya trafik yang didapat oleh blog ini kebanyakan hanyalah trafik yang bersumber dari IP Address yang sudah tercatat di database Alexa (trafik pelanggan).


4. Sering Melakukan Perubahan Struktur Kode Template


Bukan hanya kegiatan mengganti template saja yang mengakibatkan ranking Alexa turun. Melakukan perubahan struktur instruksi template juga kabarnya sanggup mengakibatkan perankingan Alexa kacau balau. Misalnya kita melaksanakan perubahan yang semula template blog tidak responsive menjadi responsive, atau yang lainnya.


Melakukan perubahan struktur instruksi template akan mengakibatkan perumusan untuk meranking blog oleh Alexa sedikit terganggu. Bahkan kualitas blog di mata mesin pencari akan menurun juga. Sistem robot mesin pencari mendeteksi seluruh konten blog berdasarkan kode-kode yang sudah tersimpan di databasenya. Jika struktur instruksi template sering dirubah, maka mesin robot akan lambat melaksanakan perayapan.


Hal ini juga sering saya lakukan demi untuk lebih mempercantik tampilan blog InfoMenarik. Walaupun kenyataannya tampilan blog ini masih tetap tidak menarik. Namun setidaknya saya sanggup berguru atau mengenal dengan struktur instruksi template yang saya gunakan.


5. Artikel Blog InfoMenarik Tidak Berkualitas


Banyaknya artikel blog tidak menjamin nilai Alexa Rank akan langsing, begitupun sebaliknya. Kualitas artikel yang berhak menilai selain mesin pencari dan juga pengunjung blog. Banyak artikel tapi trafik rendah kemungkinan artikel blog tidak disukai pengunjung.


Seperti halnya artikel-artikel yang ditulis di blog InfoMenarik, kemungkinan banyak artikel yang tidak berkualitas juga. Faktanya nilai Alexa Rank blog ini terus membengkak.


Namun perlu diketahui juga bahwa yang terpenting hasil kita menulis bersumber dari karya-karya kita sendiri. Artikel tersebut bukan hasil mencuri secara mentah dari hasil karya orang lain. Apapun yang kita sanggup maka tuangkan dalam artikel. Dan yang paling penting juga kita merasa happy dengan menulis artikel yang sedang kita buat.


Mungkin hanya itu saja beberapa faktor yang biasanya mengakibatkan nilai Alexa Rank menurun secara drastis atau naik turun. Saya tidak tahu apakah 5 faktor diatas tersebut benar atau tidak. Silakan Anda koreksi lagi berdasarkan pengalaman masing-masing. Yang terang Alexa menilai suatu blog/website berdasarkan trafik unik yang biasanya dicatat dari IP Address.


Blog sedikit artikel tapi nilai Alexa Rank sangat secy, kemungkinan artikel yang ditulisnya sangatlah berkualitas. Sehingga walaupun jarang update namun trafik yang didapat selalu melimpah dengan modal artikel berkualitas.



Sumber http://info-menarik.nett