Thursday, November 29, 2018

√ Jelaskan Struktur Sel Prokariotik

Sel prokariotik yakni sel yang tidak mempunyai selaput inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel), misalnya mencakup protozoa dan alga. Maka materi genetik sel prokariotik tidak dibungkus oleh selaput. Kebanyakan sel prokariotik yakni uniseluler, walaupun ada pula beberapa yang multiseluler. Sel prokariotik uniseluler ini bisa membentuk koloni.


Semua sel prokariotik mempunyai membran sel plasma, neklueoid berupa DNA dan RNA, serta sitoplasma yang mengandung ribosom. Sel prokariotik tidak mempunyai membran inti, sehingga materi inti yang berada dalam sel mengadakan kontak pribadi dengan protoplasma. Sel prokariotik juga tidak mempunyai sistem endomembran (membran dalam), menyerupai retikulum endoplasma dan kompleks Golgi. Selain itu, sel prokariotik juga tidak mempunyai mitokondria dan kloroplas, tetapi mempunyai struktur yang berfungsi sama dengan keduanya, yaitu mesosom dan kromator. Contoh sel prokariotik yakni basil (Bacteria) dan Sianobakteri (Cyanobacteria).


Adapun bagian-bagian sel basil dan fungsinya yakni sebagai berikut:



  • 1). Dinding Sel yang tersusun dari atas peptidoglikan, lipid dan protein. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan memberi bentuk yang tetap. Pada dinding sel terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekul-molekul.

  • 2). Membran Plasma yang tersusun atas molekul lipid dan protein dan berfungsi sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan di sekirnya, dengan jalan mengatur kemudian lintas molekul dan ion-ion dari dalam

  • 3). Sitoplasma yang tersusun dari air, protein, lipid, mineral dan enzim yang berfungsi untuk mencerna masakan secara ekstraselular untuk melaksanakan metabolisme sel.

  • 4). Mesosom yaitu membran plasma yang melekuk ke dalam membentuk bangunan. Fungsinya sebagai pengahasil energi.

  • 5). Ribosom merupakan kawasan berlangsungnya sintesis protein

  • 6). DNA (Asam Deoksiribonukleat), berfungsi sebagai pembawa info genteika, yaitu sifat-sifat yang harus diwariskan kepada keturunannya.

  • 7). RNA (Asam Ribonukleat), RNA berfungsi membawa kode-kode gentika sesuai pesanan DNA.



Sumber https://infoana.comm