Wednesday, November 14, 2018

√ Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Website Toko Online – Seiring berkembangnya ilmu teknologi dari waktu ke waktu, dikala ini hampir semua jenis acara insan memakai sistem serba online. Artinya acara yang dilakukan melalui koneksi internet. Perkembangan teknologi tersebut tidak terkecuali bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.



Baca Juga : Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama



Dulu ketika kita ingin berbelanja maka harus pergi ke sentra perbelanjaan ibarat Mall dan lain-lain. Namun dengan kecanggihan teknologi dikala ini, kita bisa berbelanja semua kebutuhan hidup tanpa harus pergi keluar rumah. Kita hanya duduk bagus saja didepan komputer atau media lainnya yang sekiranya mempunyai koneksi internet.


Kelebihan dan Kekurangan Website Toko Online √ Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan  Kekurangannya


Apapun jenis kebutuhannya ibarat baju, celana, smartphone, televisi, dan sebagainya semua bisa kita beli dengan sistem online. Saat ini sudah banyak website toko online Indonesia ibarat BukaLapak, Lazada, TokoPedia, dan masih banyak lagi.


Mengingat kebutuhan masyakarat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan toko online semakin hari terus meningkat. Karena umumnya masyarakat lebih menyukai belanja di toko online daripada di toko offline. Hal ini peluang emas bagi kita untuk mencoba berbisnis dengan mempunyai toko online sendiri.


Kita bisa mencoba mempromosikan produk apapun di internet atau dengan mempunyai website toko online.


Sebenarnya Apa Sih Website Toko Online Itu ?


Website toko online ialah website yang dibentuk khusus untuk menjual produk melalui koneksi internet. Layaknya toko offline, toko online juga sama bahwa kita bisa menyediakan produk apapun didalam website toko online.


Website toko online lebih dikenal lagi dengan sebutan e-commerce atau Electronik Commerce, artinya komersial (iklan) melalui jaringan internet (elektronik). Sistem penjualan produk yang dijual di website toko online memakai alat-alat elektronik ibarat internet atau jaringan komputer.


Website toko online dirancang khusus yang memungkinkan konsumen untuk menentukan dan membeli produk sendiri secara bebas. Konsumen menentukan dan membeli produk memakai koneksi internet serta web browser ibarat Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, dan lainnya.


E-commerce atau website toko online mempunyai dua jenis, yaitu e-commerce Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).


E-commerce B2B ialah transaksi online yang dilakukan antara para pebisnis, misalnya transaksi antara perusahaan dan pengusaha grosir. Sedangkan e-commerce jenis B2C ialah sistem transaksi yang dilakukan dari pebisnis eksklusif kepada konsumen (end user).


Apa Kelebihan dan Kekurangan Website Toko Online ?


Sebelum Anda ingin mencoba bikin website toko online, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan website toko online.


#Kelebihan Website Toko Online


1. Modal Yang Dibutuhkan Relatif Kecil


Membuat website toko online modalnya jauh lebih murah daripada menciptakan toko offline. Dengan modal dasar sekitar 1 juta-pun kita sudah bisa menciptakan website toko online sendiri. Umumnya kita membutuhkan modal agak besar ketika menciptakan website toko online ialah dikala pertama menciptakan situs dan penyiapan produk. Namun kedua hal tersebut sanggup kita minimalisir juga. Misalnya jikalau produk yang kita miliki belum siap atau belum lengkap, kita bisa menjual produk orang lain (dropship).


2. Lebih Hemat Biaya Promosi dan Biaya Operasional


Umumnya biaya yang meski kita keluarkan untuk promosi wesbite toko online di internet cenderung lebih murah. Dengan catatan kita harus mempunyai trik khusus bagaimana cara promosi yang efektif dan biaya murah.


Biaya operasional berbisnis toko online juga masih dibilang lebih murah dibanding buka perjuangan dengan cara offline. Tentunya kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa toko perbulannya. Walaupun kita harus membayar sewa untuk domain dan hosting, namun jauh lebih murah daripada kita harus menyewa gedung atau kantor untuk jualan.


Selain biaya operasional domain dan hosting kita juga harus mengeluarkan biaya untuk listrik dan koneksi internet. Tapi tetap saja secara keseluruhan budget yang harus kita keluarkan perbulannya akan lebih murah daripada berbisnis dengan metode offline.


3. Tidak Harus Memiliki Banyak Karyawan


Keuntungan lain dengan berbisnis di website toko online ialah kita tidak diwajibkan untuk mempunyai banyak karyawan. Bahkan banyak yang menggeluti dibidang bisnis toko online namun tidak mempunyai karyawan satupun. Tapi jikalau perusahaan toko online Anda sudah berkembang pesat, tidak ada salahnya untuk mengangkat karyawan.


4. Area Pemasaran Produk Lebih Luas dan Tidak Terikat Waktu


Karena sistem bisnis kita ialah dengan cara online, tentu saja area pemasaran produk akan lebih luas. Di Indonesia saja dikala ini hampir seluruh pelosok sudah sanggup dijangkau dengan jaringan internet. Tentunya hal ini ialah sebuah kesempatan baik bagi kita dalam berbisnis toko online.


Perusahaan toko online dengan mudahnya sanggup kita operasikan dimana saja. Dan juga bisnis toko online tidak akan terikat dengan waktu. Dimanapun dan pada waktu bagaimanapun kita bisa dengan bebas mengontrol website toko online kita asal ada saluran internet.


5. Tidak Perlu Memiliki Produk Sendiri


Seperti yang sudah saya bahas pada laba dalam bidang bisnis toko online pertama, bahwa modal awal tidak perlu harus besar. Bahkan banyak juga perusahaan besar toko online yang sama sekali mereka tidak mempunyai produk sendiri. Mereka bergelut didalam bisnis toko online hanya menjadi reseller dari produk-produk orang lain saja (dropshipper).


6. Keuntungan Jauh Lebih Besar


Tujuan utama dalam berbisnis ialah untuk mendapat keuntungan. Jika bicara problem laba bisnis dengan metode toko online jauh lebih besar ketimbang bisnis secara offline. Anda sudah bisa mengira dengan modal yang ekonomis kemudian biaya operasional yang irit tentunya hal ini akan mendorong dalam memperoleh laba besar.


#Kekurangan Website Toko Online


1. Membutuhkan Akses Internet


Tanpa saluran internet maka pengelolaan website toko online tidak akan berjalan. Tentunya hal ini merupakan kelemahan atau kekurangan dari menciptakan website toko online.


2. Keterbatasan Jaringan Jasa Pengiriman


Jaringan internet di Indonesia khususnya sudah hampir merata disetiap pelosok negeri ini. Namun masih banyak daerah-daerah terpencil yang rutenya tidak bisa dijangkau oleh jasa pengiriman (kurir). Sehingga hal ini akan menghambat proses pengiriman produk kepada konsumen yang tinggalnya sulit dijangkau kurir.


3. Dibutuhkan Keahilan Khusus Untuk Mengelola Website


Tidak semua orang yang bisa menjalankan perjuangan dalam bidang bisnis toko online. Umumnya mereka tidak mempunyai keahlian khusus dalam mengelola website. Walaupun banyak juga jasa pembuatan toko online yang tersebar di internet, tapi Anda akan kesulitan nantinya jikalau keahilan dalam bidang pengelolaan website nihil.


4. Harga Produk Jauh Lebih Mahal


Pada dasarnya harga-harga produk yang dijual di situs toko online relatif sama dengan harga produk yang dijual di toko-toko offline. Namun harga produk di toko online jauh lebih mahal disebabkan penjualan toko online selanjutnya memerlukan biaya ongkos kirim. Sehingga jikalau diakumulasikan, harga total satu produk di toko online akan jauh lebih mahal dibanding produk toko offline.


5. Persaingan Di Internet Cukup Ketat


Maraknya website-website toko online khususnya di Indonesia menciptakan persaingan website toko online di internet tidak mengecewakan ketat. Semua berlomba-lomba semoga situs toko onlinenya sanggup tampil dengan tepat di halaman terbaik Search Engine Result Page (SERP). Dengan maksud semoga produk-produk yang dipasarkan semoga bisa terindex dengan baik oleh konsumen melalui media browser. Dengan begitu dagangannya menjadi laku manis.


6. Membutuhkan Waktu Proses Pengiriman Hingga Produk Sampai Ditempat


Jika kita membeli produk eksklusif tiba ke tempat penjualan (offline) maka kita akan eksklusif mendapat barang yang diinginkan sehabis melaksanakan transaksi. Namun berbeda dengan produk yang kita beli melalui sistem online. Kita harus menunggu beberapa hari sampai tibanya produk yang dibeli kelokasi.


Jika dikaji terus bergotong-royong kelebihan dan kekurangan mempunyai atau berbelanja melalui website toko online masih banyak. Silakan Anda cari lagi acuan lain di internet. Tapi setidaknya Anda sudah mempunyai citra sebelum memulai bikin website toko online.


Rekomendasi selanjutnya ialah ketika Anda hendak menciptakan website toko online, tentunya Anda akan membutuhkan domain dan hosting. Ketika menciptakan domain, disarankan jangan asal-asalan. Buatlah domain yang sesuai dengan merk yang hendak dipasarkan di website toko online Anda. Coba Anda cek ketersediaan domain yang Anda rencanakan untuk membangun website toko online!



Sumber http://info-menarik.nett