Tuesday, November 20, 2018

√ Sebutkan Fungsi Otot Pada Tubuh

Otot jantung, polos lurik, mempunyai fungsi yang berbeda, yang terletak di banyak sekali bab tubuh. Apakah fungsi otot secara umum pada insan akan diuraikan dalam artikel singkat berikut ini.


1. Gerakan


Fungsi otot pada insan yang pertama yakni untuk menghasilkan gerakan. Otot rangka disusun berpasangan di sisi berlawanan dari sendi. Saat salah satu otot berkontraksi, otot pasangannya harus rileks sehingga mengakibatkan gerakan. Gerakan ini sering disebut sebagai penggerak, meskipun istilah yang juga sanggup diterapkan pada prosedur berjalan dan berlari.


2. Stabilitas


Tendon otot meregangkan sendi dan berkontribusi pada stabilitas sendi. Tendon otot di sendi lutut dan sendi pundak sangat penting dalam stabilisasi. Otot-otot inti yakni otot-otot di perut, punggung, dan panggul, dan mereka juga menstabilkan badan dan membantu dalam tugas-tugas, menyerupai mengangkat beban.


3. Mempertahankan Postur


Fungsi otot yang lainnya pada insan yakni untuk mempertahankan postur. Otot yang terlibat dalam postur menghasilkan jumlah rendah kekuatan untuk waktu yang usang dan sering disebut otot sebagai tonik.


4. Mengatur peredaran darah


Jantung yakni otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Otot polos di arteri dan vena memainkan kiprah lebih lanjut dalam sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Otot-otot ini menjaga tekanan darah dan sirkulasi jikalau terjadi kehilangan darah atau dehidrasi.


5. Respirasi


Pernapasan melibatkan penggunaan otot diafragma. Diafragma yakni otot berbentuk kubah yang terletak di bawah paru-paru.


6. Pencernaan


Otot-otot polos di pencernaan atau susukan pencernaan mengontrol pencernaan. Saluran GI membentang dari verbal ke anus.


7. Buang Air Kecil


Sistem kemih terdiri dari otot polos dan rangka, termasuk di:



  • kandung kemih

  • ginjal

  • p3enis atau v@gin@

  • prostat

  • ureter

  • pekencingan


Otot dan saraf harus bekerja sama untuk menahan dan melepaskan urin dari kandung kemih.


8. Melahirkan


Otot-otot halus di rahim mengembang dan berkontraksi ketika melahirkan. Gerakan-gerakan ini mendorong bayi melalui v@gin@. Juga, otot-otot dasar panggul membantu memandu kepala bayi ke jalan lahir.


9. Penglihatan


Enam otot rangka di sekitar mata mengendalikan pergerakannya. Otot-otot ini bekerja dengan cepat dan tepat, dan memungkinkan mata untuk:



  • mempertahankan gambar yang stabil

  • memindai area sekitarnya

  • melacak objek bergerak


Jika seseorang mengalami kerusakan pada otot mata mereka, itu sanggup merusak penglihatan mereka.


10. Perlindungan organ


Otot-otot di batang melindungi organ-organ internal di bab depan, samping, dan belakang tubuh. Tulang belakang dan tulang rusuk memperlihatkan derma lebih lanjut.


Otot juga melindungi tulang dan organ dengan menyerap guncangan dan mengurangi ukiran pada persendian.


11. Membangkitkan panas


Bagaimana sistem badan Anda membuat kalor dalam situasi cuek yakni fungsi otot pada insan berikutnya. Sistem otot merespon penurunan suhu inti badan dengan menggigil. Menggigil yakni respon tidak disengaja di mana otot berkontrak secara cepat untuk menghasilkan panas. Menggigil dengan benar disebut thermogenesis tidak disengaja, yang berarti membuat panas. Otot yang menggigil menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen, yang diambil dari organ yang tidak penting untuk meningkatkan suhu badan Anda.



Sumber https://infoana.comm