Friday, December 7, 2018

√ Apa Itu Mitosis

Mitosis, proses yang menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induk. Untuk sel induk yang haploid sel anak akan haploid. Pembentukan sel anak diploid dalam perkara sel induk yang diploid dalam mitosis. Pembelahan sel dengan mitosis memungkinkan organisme multisel untuk tumbuh dan memperbaiki jaringan yang rusak. Tahapan siklus sel dengan fase mitosis ialah Interfase, Profase, Metafase, Anafase dan Telofase. DNA direplikasi selama fase S interfase.


Proses mitosis juga berkhasiat dalam reproduksi asecual dan pertumbuhan. Mitosis juga disebut sebagai ‘pembelahan sel somatik‘ sebab terjadi pada sel vegetatif. Mitosis tidak membuat variasi dalam generasi. Oleh sebab mitosis cocok untuk teknologi kloning.


Mungkin salah satu dan kelemahan utama dari mitosis ialah pembelahan sel yang tidak terkendali menghasilkan tumor atau jaringan kanker. Dalam studi filogenetik, penerapan mitosis terbatas sebab perubahan struktural dan genetik jarang bertepatan dan kesudahannya sangat sulit untuk menghubungkannya menurut data mitosis saja.



Sumber https://infoana.comm