Tuesday, December 25, 2018

√ Pengertian Spora (Tumbuhan)

Spora ialah struktur reproduksi mikroskopis uniseluler yang sanggup berubah menjadi individu baru. Bergantung pada jenis spora yang berbeda, tumbuhan sanggup bersifat homosec atau heterospora. Homospor mengacu pada tumbuhan yang hanya mempunyai satu jenis spora, sedangkan heterospora merujuk pada tumbuhan dengan dua jenis spora: spora jantan (mikrospora) dan spora betina (megaspora).


Dalam angiospermae, mikrospora ialah butiran serbuk sari dan mereka ditemukan di dalam kantung serbuk sari atau mikrosporangium. Mikrospora sangat kecil, struktur kecil. Mereka hampir menyerupai partikel debu. Setiap mikrospora mempunyai satu sel dan dua mantel. Lapisan terluar ialah bab luar, dan bab dalam ialah bab dalam. Ekstin ialah lapisan yang keras dan terpotong-potong. Ini sering mengandung hasil spinosus.


Terkadang sanggup mulus juga. Intinya halus, dan sangat tipis. Ini terutama terdiri dari selulosa. Ekstin berisi satu atau lebih daerah tipis daerah intin tumbuh untuk membentuk tabung serbuk sari. Tabung serbuk sari memanjang melalui jaringan ginoesium membawa dua gamet jantan di dalamnya. Pada tumbuhan berbunga, sel induk megaspora membelah secara meiotik, membentuk tetrad dari empat megaspora di mana tiga megaspora atas mengalami degenerasi.



Sumber https://infoana.comm