Tuesday, December 18, 2018

√ Sebutkan 9 Perbedaan Morula Dan Blastula

Perbedaan Morula dan Blastula:



  1. Pembentukan prekursor: Zigot berubah menjadi morula dan morula berubah menjadi blastula.

  2. Struktur: Morula padat dalam struktur sedangkan Blastula berongga. Morula benar-benar penuh dengan sel sedangkan blastula tidak.

  3. Komposisi: Morula terbentuk dikala zigot dibelah dengan cepat oleh pembelahan sel sedangkan blastula terdiri dari lapisan sel bola yang disebut blastomer yang mengelilingi rongga berisi cairan.

  4. Muncul menjadi: Morula berkembang di blastula oleh proses blastulasi sedangkan blastula lebih lanjut berubah menjadi grastula oleh proses yang disebut gastrulasi. Dalam grastula, lapisan germ embrio terbentuk.

  5. Kehadiran rongga: Morula tidak mempunyai rongga. Di sisi lain, blastula diisi dengan rongga yang disebut blastocoel.

  6. Adanya blastoderm: Morula tidak mempunyai blastoderm di dalamnya sedangkan blastula mempunyai blastoderm yang terdefinisi dengan baik.

  7. Kehadiran trofoblas: Morula tidak mempunyai trofoblas sedangkan Blastula mempunyai sel trofoblas.

  8. Waktu terjadinya sesudah fertilisasi: Morula terbentuk kira-kira tiga hingga empat hari sesudah pembuahan sedangkan blastula terbentuk sesudah morula (lima hari atau lebih) sesudah pembuahan.

  9. Peran fertilisasi in-vitro (IVF): Ketika morula (hari keempat) dipindahkan untuk fertilisasi in-vitro, tingkat keberhasilan fertilisasi in-vitro rendah. Ketika blastula (blastokista, hari kelima) ditransfer untuk fertilisasi in vitro, tingkat keberhasilan secara komparatif jauh lebih tinggi daripada morula. Meskipun ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi tingkat keberhasilan fertilisasiin-vitro.



Sumber https://infoana.comm