Saturday, January 5, 2019

√ Bagaimana Proses Meiosis Terjadi

Meiosis ialah tipe khusus dari pembelahan sel yang ditemukan dalam organisme yang bereproduksi secara secual. Proses mengurangi jumlah kromosom menjadi setengahnya di dalam gamet dibandingkan dengan sel-sel induk yang kembali mengaktifkan kombinasi secual.


Proses meiosis terutama dibagi menjadi dua keadaan – meiosis I dan meiosis II. Pada tamat proses ini, empat sel anak yang terbentuk dan masing-masing anak mempunyai setengah jumlah kromosom dibandingkan dengan sel induk. Sebelum proses meiosis, sel berjalan melalui proses interfase yang merupakan masa pertumbuhan. Kedua meiosis I dan II mempunyai bab sendiri sesuai empat tahap yaitu – Profase, metafase, anafase, dan telofase.


Profase I – sinapsis mengambil daerah dan sesudah itu, menyeberang berlangsung. Kromosom yang menebal dan mereka mulai bepergian menjauh dari amplop inti. Dalam Metaphase I, tetrad diselaraskan di sentra sel. Dalam Anafase I, kromosom homolog menjadi dipisahkan. Dalam Telofase I, kromosom terus bermigrasi ke arah kutub dan hasilnya dua sel anak dengan jumlah kromosom haploid terbentuk. Dalam Profase II, inti dan membran inti akan dipisahkan. Dalam Metafase II, kromosom menjadi selaras dan cenderung mengikuti keadaan menuju kutub yang berlawanan. Dalam Anafase II, kromatid pasangan mulai bergerak lebih jauh menuju kutub dan hasilnya di Telofase II, empat sel anak atau gamet terbentuk.


Selama Meiosis I, sel membelah menjadi dua dan di Meiosis II, divisi berlanjut terjadi sehingga menjadi total empat sel haploid.


Pada tumbuhan, proses ini diamati sesudah produksi spora, sedangkan pada binatang itu berlangsung selama deretan gamet (sperma dan sel telur). Meiosis terjadi pada t3st1s jantan dan ovarium betina pada hewan, sedangkan pada tanaman, proses ini terjadi di anter dari jantan dan ovarium betina.Meiosis ialah tipe khusus dari pembelahan sel yang ditemukan dalam organisme yang berepro √ Bagaimana Proses Meiosis terjadi


Meiosis pada binatang menghasilkan gamet (sperma dan telur), sedangkan meiosis pada tumbuhan menghasilkan spora. Spora ini berubah menjadi gametofit haploid, yang pada gilirannya membentuk gamet melalui pembelahan mitosis.


Meiosis ialah tipe khusus dari pembelahan sel yang ditemukan dalam organisme yang berepro √ Bagaimana Proses Meiosis terjadi


Pada hewan, sel-sel haploid yang dihasilkan oleh proses biasanya lebih kecil dan juga tidak mencolok, sedangkan pada tanaman, umumnya sel-sel ini sanggup mempunyai jenis kehidupan mereka sendiri. Pada hewan, meiosis mengarah ke pembentukan pribadi gamet, sedangkan tumbuhan pergi melalui meiosis sporik, di mana mereka menghasilkan spora dan bukan gamet. Pertama, gametofit dibuat oleh proses mitosis, yang kemudian membentuk gamet.



Sumber https://infoana.comm