Monday, January 7, 2019

√ Dimana Letak Talamus Dan Fungsinya?

Talamus yaitu bab dari otak, yang terletak di tempat yang sangat sentral. Talamus merupakan massa berbentuk zaitun dua lobus, panjangnya sekitar satu inci, dan membentuk subdivisi punggung yang lebih besar dari diensefalon. Talamus yaitu bab dari sistem limbik, dan menghubungkan area korteks serebral yang bertanggung jawab untuk kontrol gerak dan persepsi sensorik dengan bab lain dari otak yang juga terlibat dalam fungsi yang sama.


Pada dasarnya, talamus mendeteksi dan memberikan informasi dari semua indera, ibarat penglihatan, sentuhan, dan lainnya (kecuali bau), bersama dengan kontrol motorik, ke tempat-tempat yang sesuai di korteks serebral. Ini juga mengatur kesadaran dan tidur. Ini bertindak sebagai pusat integrasi sinaptik, yang melaksanakan pemrosesan awal semua informasi yang bekerjasama dengan sensorik dan gerakan dalam perjalanan ke korteks. Pada bab berikut, kita akan menemukan di mana letak talamus, dan mempelajari beberapa fungsi penting dalam sistem saraf.


Lokasi Talamus


Bagian atas otak terbagi menjadi dua belahan, dan bab bawahnya terhubung ke sumsum tulang belakang melalui batang otak. Jika otak terbelah melalui pusat, talamus akan terlihat dipegang di atas batang otak.


Talamus dengan demikian terletak akrab dengan tempat pusat, terkubur di bawah korteks serebral di antara itu dan otak tengah di bawah dengan serabut saraf yang menjulur ke korteks serebral di segala arah. Itu terletak di atas hipotalamus.


Pada manusia, talamus sanggup dibagi menjadi dua bagian, yang merupakan massa berbentuk bola menonjol yang terletak miring dan simetris di kedua sisi ventrikel ketiga.


 yang terletak di tempat yang sangat sentral √ Dimana Letak talamus dan fungsinya?
Letak talamus pada otak

Apa Fungsi Talamus


Talamus sanggup disebut stasiun relai tubuh, yang mengambil informasi yang bekerjasama dengan sensorik dan gerakan dari banyak sekali bab dan meneruskannya ke korteks serebral. Informasi juga diberikan dalam arah terbalik ― dari korteks serebral ke thalamus ― yang kemudian dikirim keluar ke bab lain dari tubuh.


Talamus terdiri dari banyak nukleus yang mempunyai koneksi sensorik, motorik, dan limbik. Beberapa inti tidak spesifik di alam. Inti ini membantu dalam mendapatkan input dari banyak struktur kortikal dan sub-kortikal. Disebutkan di bawah ini yaitu beberapa sistem tubuh yang penting dan inti talamus yang bekerjasama dengan mereka.


Sistem Penglihatan


Masukan dari retina mata yang diteruskan ke otak melalui saraf optik diterima oleh inti geniculate lateral talamus. Kemudian relay ke korteks visual primer di lobus oksipital.


Sistem Pendengaran


Inti geniculate medial talamus memberikan informasi antara colliculus inferior otak tengah dan korteks telinga primer.


Sentuhan


Inti posterior ventral di talamus yaitu relay somatosensori penting yang bertanggung jawab untuk mentransmisikan informasi yang berkaitan dengan sentuhan dan proprioseptif ke korteks somatosensorik primer.


Kontrol Motorik


Peran utama talamus terkait dengan sistem kontrol motorik tubuh. Ini melaksanakan penguatan nyata dari sikap motorik non-refleks yang diprakarsai oleh korteks. Berikut ini yaitu inti thalamik yang terkait dengan kontrol motorik, bersama dengan fungsi spesifiknya:



  • Ventrolateral: Bertanggung jawab atas koordinasi dan modulasi gerakan.

  • Ventroanterior: Ini terlibat dalam perencanaan dan inisiasi gerakan.

  • Ventrointermedial: Ini membantu mengoordinasikan gerakan yang berbeda.


Wajah dan Tubuh


Inti posteromedial ventral dalam talamus memberikan informasi sensorik wajah. Ia juga mendapatkan informasi yang bekerjasama dengan rasa dari banyak sekali bab sistem susukan pernapasan. Inti posterolateral ventral mendapatkan input sensorik dari tubuh, termasuk sendi, anggota badan, dll.


Sistem Limbik


Talamus yaitu bab dari sistem limbik yang bertanggung jawab untuk menggabungkan fungsi mental yang lebih tinggi dan emosi primitif ke dalam satu sistem. Berikut ini yaitu inti talamus yang terlibat dalam hal ini.



  • Anterior: Terlibat dalam penyimpanan memori dan emosi.

  • Mediodorsal: Bertanggung jawab atas motivasi, dorongan, dan emosi terkait lainnya.

  • Centromedian: Ini bekerjasama dengan aspek emosional dari rasa sakit.


Berikut ini yaitu beberapa fungsi lain yang dilakukan talamus.


Tingkat Kesadaran


Talamus mempunyai koneksi timbal balik yang berpengaruh dengan korteks serebral, membentuk sirkuit thalamo-cortico-thamlamic, yang menjaga kesadaran. Ini memainkan tugas utama dalam mengatur gairah, kesadaran, tingkat kesadaran, dan aktivitas. Dengan demikian, setiap kerusakan pada thalamus disertai dengan risiko koma.


Penyaringan Informasi


Bersama-sama dengan batang otak dan area kortikal yang lebih tinggi, thalamus memainkan tugas penting dalam kemampuan insan untuk menyaring informasi yang tidak penting, dan mengarahkan perhatian ke arah rangsangan yang menarik dengan membiarkan informasi terkait lewat. Hal ini memungkinkan orang tua, misalnya, untuk tidur nyenyak melalui bunyi keras hujan dan angin, tetapi pribadi menyadari rengekan anak mereka.


Kesadaran sensorik


Talamus juga bisa menyadarkan banyak jenis sensasi lain dalam tubuh, tanpa bisa mengidentifikasi lokasi atau intensitas spesifik mereka.


Singkatnya, talamus yaitu bab penting dari otak yang terletak di akrab pusatnya. Ini bertanggung jawab untuk memberikan sinyal sensorik dan yang bekerjasama dengan motor ke korteks serebral, dan mengatur keadaan kesadaran, tidur, dan kewaspadaan.



Sumber https://infoana.comm