Wednesday, January 4, 2017

√ Perbedaan Cupang Hias Dan Cupang Adu

Bagi mania ikan cupang, secara selewat saja niscaya sanggup membedakan cupang hias dan cupang adu. Namun tidak demikian dengan awam dan pehobi pemula. Agar tidak salah pilih, perlu pengetahuan dasar untuk membedakan kedua jenis ikan tersebut.


Cupang hias dan cupang langgar tidak dibedakan dari spesiesnya. Saat ini, ikan cupang yang beredar di pasaran sebagian besar merupakan hasil silangan dari kelompok Splendens Complex. Kelompok ini terdiri dari 5 spesies, diantaranya Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis.


Silangan dari Splendens Complex menghasilkan banyak varian. Di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, ikan-ikan tersebut dikelompokkan ke dalam cupang hias dan cupang adu. Bagaimana cara membedakannya? Berikut ciri-ciri umum yang sanggup dijadikan pegangan.


Ciri-ciri cupang hias


Sebagaimana namanya, cupang hias dinilai dari keindahannya. Biasanya ditentukan menurut bentuk, warna, gerak dan mental. Secara umum ciri-ciri cupang hias yakni sebagai berikut:



  • Bentuk sirip dan ekor menjumbai panjang. Struktur tulang sirip dan ekor mengatakan bentuk yang khas.

  • Warna badan terperinci tidak kusam. Memiliki varian warna yang menarik dan atraktif.

  • Gerakkannya tenang, kibasan-kibasan siripnya menampakkan keanggunan.

  • Bila melihat musuh atau sedang bercumbu, sirip dan ekornya terkembang tepat mengatakan bentuk yang khas.


 secara selewat saja niscaya sanggup membedakan cupang hias dan cupang langgar √ Perbedaan cupang hias dan cupang adu

Cupang hias (foto: ccepris)


Kebanyakan cupang hias merupakan spesies Betta splendens. Jenis-jenis cupang hias yang sering dilombakan antara lain, serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), laga (plakat), cagak (double tail) dan akhir-akhir ini jenis giant. Untuk lebih lengkapnya lihat jenis-jenis ikan cupang.


Ciri-ciri cupang adu


Cara membuktikan keandalan cupang langgar yakni dengan melihatnya dikala bertarung. Karena ada beberapa ikan cupang yang dianggap sebagai cupang hias, ternyata perkasa dikala diadu. Namun secara umum ciri-cirinya sanggup dilihat sebagai berikut:



  • Bentuk badan cupang langgar terlihat kokoh. Lebar dan tinggi ikan mulai dari leher sampai ke ekor mempunyai besar dan ketebalan yang sama. Hanya pada ujung ekor terlihat sedikit mengecil.

  • Gerakannya agresif. Tidak lamban dan anggun menyerupai cupang hias.

  • Ketika melihat musuh, sirip-siripnya mengembang penuh. Ini mengambarkan mental yang anggun untuk bertarung.

  • Bibir tampak tebal dan kokoh. Mulutnya terkatup rapat tidak menganga. Bila dilihat dari atas, pada bibir bab bawah terdapat bintik-bintik mencirikan gigi yang runcing.


 secara selewat saja niscaya sanggup membedakan cupang hias dan cupang langgar √ Perbedaan cupang hias dan cupang adu

Cupang langgar dari spesies Betta mahachai (foto: zootaxa)


Cupang langgar biasanya berasal dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai dan variasi silangan-silangannya. Kontes cupang langgar banyak digelar di negara-negar Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sedangkan di beberapa negara lain, menyerupai Amerika Serikat, mengadu ikan cupang dianggap kejahatan dan ilegal.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com