.net - Sebagian pengendara motor niscaya pernah mengalami insiden ulir baut slek atau dol. Kondisi tersebut tentu menyebalkan. Apalagi jikalau duduk kasus itu terjadi di belahan mesin.
Ternyata ada cara cepat dan sempurna yang acap dipilih para pencinta otomotif, yakni mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar. Sebagai contoh, apabila ulir sebelumnya halus (ISO Metric) dapat diganti dengan model agresif (Amerika). Versi ISO Metric biasanya menggunakan ukuran milimeter, sementara standar Amerika menggunakan ukuran inci.
Sebagai contoh, jikalau baut ukuran 10 mm (ISO Metric) yang digunakan di tutup gir depan slek, dapat diganti baut ukuran 5/16 inci (Amerika). Caranya, masukkan baut agresif ke lubang ulir yang rusak menggunakan kunci ring. Lalu putar perlahan sambil tetesi oli.
Cara kedua, yakni menggunakan baut yang lebih besar satu tingkat. Misal baut knalpot Tiger yang orisinil ukurannya 11 mm, ganti dengan 12 mm. Cara ini harus dilakukan di bengkel, alasannya harus menggunakan bor listrik untuk memperbesar ukuran ulir. Lalu, buat ulir gres dengan alat pembuat ulir (hand tap). Hand tap diputar bolak-balik sambil ditetesi oli.
Untuk lubang yang slek dan perlu dikembalikan ke ukuran standarnya, ada dua cara. Pertama menggunakan recoil thread, ini ialah lilitan ulir di belahan luar dan dalam yang akan dipasang di dalam ulir yang rusak. Pengerjaannya praktis, meski alatnya tak banyak bengkel yang punya.
“Berguna dikala pas balap, kalau ada duduk kasus baut slek dapat dikerjakan dengan cepat dengan recoil,” kata Erwin Oei alias Akiang, mekanik tim Honda Sphinx OEI dari Ciputat, Tangerang Selatan.
Cara kedua, buat yang ingin hasil rapi ibarat aslinya, yakni menutup lubang usang dengan teknik pengelasan babet. Selanjutnya dilubangi dengan bor listrik dan dibikin ulir gres dengan ukuran yang sama dengan ulir lama.
Sumber : winnetnews
Ternyata ada cara cepat dan sempurna yang acap dipilih para pencinta otomotif, yakni mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar. Sebagai contoh, apabila ulir sebelumnya halus (ISO Metric) dapat diganti dengan model agresif (Amerika). Versi ISO Metric biasanya menggunakan ukuran milimeter, sementara standar Amerika menggunakan ukuran inci.
Sebagai contoh, jikalau baut ukuran 10 mm (ISO Metric) yang digunakan di tutup gir depan slek, dapat diganti baut ukuran 5/16 inci (Amerika). Caranya, masukkan baut agresif ke lubang ulir yang rusak menggunakan kunci ring. Lalu putar perlahan sambil tetesi oli.
Cara kedua, yakni menggunakan baut yang lebih besar satu tingkat. Misal baut knalpot Tiger yang orisinil ukurannya 11 mm, ganti dengan 12 mm. Cara ini harus dilakukan di bengkel, alasannya harus menggunakan bor listrik untuk memperbesar ukuran ulir. Lalu, buat ulir gres dengan alat pembuat ulir (hand tap). Hand tap diputar bolak-balik sambil ditetesi oli.
Untuk lubang yang slek dan perlu dikembalikan ke ukuran standarnya, ada dua cara. Pertama menggunakan recoil thread, ini ialah lilitan ulir di belahan luar dan dalam yang akan dipasang di dalam ulir yang rusak. Pengerjaannya praktis, meski alatnya tak banyak bengkel yang punya.
“Berguna dikala pas balap, kalau ada duduk kasus baut slek dapat dikerjakan dengan cepat dengan recoil,” kata Erwin Oei alias Akiang, mekanik tim Honda Sphinx OEI dari Ciputat, Tangerang Selatan.
Cara kedua, buat yang ingin hasil rapi ibarat aslinya, yakni menutup lubang usang dengan teknik pengelasan babet. Selanjutnya dilubangi dengan bor listrik dan dibikin ulir gres dengan ukuran yang sama dengan ulir lama.
Sumber : winnetnews
Sumber http://www.blogotech.net