Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail – Sudah menjadi pertanyaan umum bagi para blogger, “di tahun 2015 ini, lebih baik memakai Long Tail Keyword Keyword panjang) atau Short Tail Keyword (Keyword Pendek)”.
Hasilnya berdasarkan para pakar SEO yaitu lebih baik memakai Long Tail Keyword.
Nah, kini yang menjadi pertanyaan, “Mengapa ?”.
Berikut ini dua alasan mengapa Keyword Panjang lebih baik dibandingkan dengan keyword pendek.
Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail
1. Meminimalisir Kompetitor
Salah satu hal yang sering dilakukan oleh para blogger dalam menciptakan konten ialah dengan menargetkan keyword yang banyak dicari oleh pembaca internet.
Secara sederhana memang ini merupakan keputusan yang tepat. Andaikan konten yang dibentuk berhasil menempati posisi pertama Serp sanggup dipastikan lautan pengunjung akan berhasil dijaring.
Baca: 7 Langkah supaya blog masuk halaman pertama google [Studi Kasus]
Namun, satu hal yang sering dilupakan ialah semakin banyak orang yang mencari keyword tersebut maka orang yang menciptakan konten akan semakin banyak pula – alias semakin banyak kompetitor.
Ini berarti untuk mendapat posisi pertama di Search engine sangatlah sulit.
Hanya ada satu cara yang harus dilakukan oleh para blogger di tahun 2015 ini supaya sanggup menempatkan konten mereka pada posisi baik di serp, ialah dengan menerapkan long tail keyword.
Ini ditujukan untuk meminimalisir competitor.
Contoh, bila keyword yang anda sasaran ialah “Cara menciptakan Blog”, maka bila dibentuk Long Tail Keyword sanggup menjadi “Cara menciptakan blog dengan mudah”. So, jangan malu-malu untuk menerapkan tekning keyword panjang ini.
Coba lihat riset sederhana yang telah Saya lakukan dengan menyisipkan sasaran keyword “Cara Membuat Blog”.
Nah, dari gambar diatas sanggup dilihat bahwa bila kita memakai keyword “cara menciptakan blog”, maka total jumlah pesaing kita ada 1.440.000 konten. Waduh, banyak banget ya, hehehe. Coba kita bandingkan dengan keyword “cara menciptakan blog dengan mudah”,
Nah, jumlah competitor keyword “cara menciptakan blog dengan mudah” berjumlah hanya 750.000. Jadi, jumlah kompetitornya lebih sedikit kan …
2. Keyword panjang banyak dicari pengunjung
Kata siapa keyword panjang itu jarang dicari oleh pengunjung ?. Secara sekilas memang benar keyword panjang itu jarang dilirik oleh pengunjung. Namun, Google ternyata telah berbaik hati. Google menyediakan Kolom “Google Suggest”.
Baca: 20 langkah menulis konten yang disukasi google dan pengunjung
Google Suggest merupakan kolom google yang berada pada serp yang berisi pilihan keyword-keyword panjang. Posisi google suggest ada dua, pertama pada kotak pencarian dan yang kedua ada dibagian bawah serp.
Contoh, silahkan tuliskan pada kotak pencarian Google perihal “cara menciptakan bakso”, maka akan muncul Google suggest menyerupai dibawah ini,
Kenyataannya, bila pembaca yang sebelumnya ingin memasukkan keyword pendek kemudian Google menyuguhkan pilihan Keyword panjang, apa yang akan dilakukan oleh pembaca ?. Yup, pembaca akan lebih tertarik untuk mengklik keyword panjang.
Itulah kedua alasan mengapa pada tahun 2015 ini keyword panjang atau dalam bahasa kerennya Long Tail Keyword sangat dianjurkan dalam men-seokan blog.
Baca: 7 cara meningkatkan pengunjung blog sampai 78,6% dalam 1 minggu
Sekian artikel perihal “Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf
Sumber aciknadzirah.blogspot.com