Tuesday, July 25, 2017

√ Pegertian Pembelajaran Tematik Terpadu

Pembelajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan banyak sekali kompetensi dari banyak sekali mata pelajaran ke dalam banyak sekali tema. Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, adalah integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi banyak sekali konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna banyak sekali konsep dasar sehingga akseptor didik tidak berguru konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya menawarkan makna yang utuh kepada akseptor didik menyerupai tercermin pada banyak sekali tema yang tersedia.
Dalam pembelajaran tematik terpadu, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain mempunyai tugas penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.
Dari sudut pandang psikologis, akseptor didik belum bisa berpikir ajaib untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai bisa berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang berpengaruh untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak menawarkan laba bagi kemampuan.

Sumber http://ktsp-sd.blogspot.com