Thursday, July 20, 2017

√ Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran

Penilaian auentik yaitu evaluasi pembelajaran yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sebenarnya evaluasi autentik ini sudah tidak abnormal lagi pada KBK dan KTSP, hanya saja pelaksanaannya konon belum maksimal. Pada KBK dan KTSP, guru Sekolah Dasar kebanyakan mempraktekkan evaluasi hanya sebatas evaluasi pengetahuan saja. Tentu saja dengan kesalahan ini, siswa yang dianggap cendekia yaitu siswa yang baiklah pengetahuannya saja dengan mengesampingkan perilaku dan keterampilan yang mereka miliki.

Penilaian SIKAP.
Mengapa evaluasi perilaku dinomorsatukan? Karena Sekolah Dasar yaitu sekolah yang menjadi pondasi pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Sikap harus dibangun semenjak awal biar nantinya mereka bisa menjadi penerus bangsa yang berbudi luhur. Untuk apa mempunyai generasi penerus bangsa yang handal pengatahuannya jikalau tidak mempunyai perilaku yang berbudi luhur.
Penilaian perilaku pada Kurikulum 2013 mencakup evaluasi perilaku spiritual dan perilaku sosial. Sikap spiritual yaitu perilaku kepada Tuhan, yang tentu saja berisikan evaluasi dalam hal ibadah. Sikap sosial yaitu sika kepada sesamanya, yang tentu saja berisikan perilaku dalam berinteraksi sosial.

Penilaian PENGETAHUAN.
Kurikulum 2013 mengharapkan penerima didik nantinya bisa menjadi generasi yang hebat pengetahuannya. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran dalam ranah pengetahuan tentunya diharapkan penilaian. Penilaian pada ranah pengetahuan tentunya bukan lagi sesuatu yang gres bagi para guru alasannya yaitu pada kurikulum-kurikulum sebelumnya, evaluasi ini senantiasa diberlakukan. Adanya tes tertulis hasil berguru yaitu salah satu bentuk dari evaluasi ini. 

Penilaian KETERAMPILAN.
Siswa Sekolah Dasar selama pembelajaran berlangsung tidak hanya dibekali dengan perilaku dan pengetahuan saja. Mereka dibekali dengan keterampilan juga selama pembelajaran diberlangsungkan. Jika keterampilan siswa dibina dalam pembelajaran maka secara otomatis diperlalukan juga penilaiannya. Bentuk evaluasi keterampilan tentunya berbeda dengan bentuk evaluasi perilaku dan keterampilan. 

Sumber http://ktsp-sd.blogspot.com