Friday, July 21, 2017

√ Pengertian Kurikulum

Secara semantik, kurikulum senantiasa terkait dengan kegiatan pendidikan. Kurikulum sebagai jembatan untuk mendapat ijasah. Secara konseptual, kurikulum ialah perangkat pendidikan yang merupakan balasan terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat (Olivia, 1997:60). Pengertian kurikulum ini sangat mendasar dan menggambarkan posisi bahwasanya kurikulum dalam suatu proses pendidikan.
Berikut ini beberapa pengertian kurikulum :
  1. Pengertian Kurikulum berdasarkan Wikupedia.org Kurikulum ialah perangkat mata pelajaran dan acara pendidikan yang diberikan oleh suatu forum penyelenggarapendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada akseptor pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini diadaptasi dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.
  2. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya diadaptasi dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk sanggup mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. 
  3. Pengertian Kurikulum Menurut Kerr, J. F (1968): Kurikulum ialah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu ataupun secara kelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah. 
  4. Pengertian Kurikulum Menurut Inlow (1966): Kurikulum ialah perjuangan menyeluruh yang dirancang oleh pihak sekolah untuk membimbing murid memperoleh hasil pembelajaran yang sudah ditentukan. 
  5. Pengertian Kurikulum Menurut Neagley dan Evans (1967): kurikulum ialah semua pengalaman yang dirancang dan dikemukakan oleh pihak sekolah. 
  6. Pengertian Kurikulum Menurut Beauchamp (1968): Kurikulum ialah dokumen tertulis yang mengandung isi mata pelajaran yang diajar kepada akseptor didik melalui banyak sekali mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, rumusan dilema dalam kehidupan sehari-hari. 
  7. Pengertian Kurikulum Menurut Good V. Carter (1973): Kurikulum ialah kumpulan kursus ataupun urutan pelajaran yang sistematik. 
  8. Pengertian Kurikulum Menurut UU No. 20 Tahun 2003: Kurikulum ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Kurikulum merupakan seperangkat/sistem rencana dan pengaturan mengenai isi dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman untuk memakai acara berguru mengajar. Sistem tersebut dipergunakan melihat kurikulum itu ada sejumlah komponen yang terkait dan berafiliasi satu sama lain untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, dipandang sistem terhadapa kurikulum, artinya kurikulum itu dipandang mempunyai sejumlah komponen-komponen yang saling berhubungan, sebagai kesatuan yang bundar untuk mencapai tujuan.

Sumber http://ktsp-sd.blogspot.com