Tiba saatnya ban mobil sedan vios 2007 harus diganti sebab sudah tidak nyaman lagi, dan risikonya pilihan jatuh pada ban dunlop sp touring R1 yang dibandrol dengan harga 600.000 rupiah sudah termasuk ongkos pasang dan balancing.
Niat awalnya aku mau mengganti GT Champiro BXT dengan ban dunlop SP Sport LM704 sebab dari beberapa review dan pengalaman pengguna tampaknya LM 704 cukup recomended.
Tetapi sesudah datang di toko penjual ban tempat Cibinong Kab Bogor, dunlop LM704 185/60 R15 stoknya hanya sisa 1 padahal aku ingin mengganti 4 ban sekaligus dengan alasan biar lebih terasa efeknya selain itu sebab memang ban usang (Champiro BXT) sudah mulai retak-retak kecil (rambut).
Daripada tidak jadi mengganti ban yang sudah tidak nyaman dan terasa keras serta berisik terutama jikalau melindas jalan bergairah maupun paving block, risikonya aku putuskan menentukan Ban Dunlop SP Touring R1 185/60 R15 yang harganya memang lebih murah dibandingkan LM704.
Pengalaman Pakai Ban Dunlop SP Touring R1
Singkat cerita, 4 buah ban pun selesai dipasang dan kalau tidak salah waktu itu oleh orang bengkel diisi tekanan angin (nitrogen) sekitar 33psi depan dan belakang sama (dibagian sisi luar ban kalau tidak salah tertulis maksimal tekanannya 50psi).
Setelah selesai dipasang kemudian aku perhatikan ban depan kanan dan kiri yang sebelumnya ketika pakai GT Champiro BXT pakai tekanan 34psi tapi masih terlihat kempes tetapi sesudah pakai dunlop R1 tidak demikian padahal cuma diisi 33psi, berikut yaitu penampakannya (maaf gambar kurang terperinci sebab foto diambil pakai HP jadul dan malam hari pula)
Jadi berdasar pengalaman saya, ketika masih pakai GT Champiro BXT walau diisi nitrogen 35psi tapi masih terlihat kempes dan ban tidak mengecewakan keras apalagi ketika melindas polisi tidur atau lubang, sedangkan jikalau diisi 32-33 memang terasa agak empuk tetapi setir kendaraan beroda empat terasa berat dan ketika menikung tidak mengecewakan terasa miring.
Saya kurang tahu apakah memang aksara Champiro BXT begitu atau sebab usia ban sudah lama, sebab memang semuanya ban bawaan dari kendaraan beroda empat second yang aku beli.
Berbeda dengan Dunlop SP Touring R1 walau diberi tekanan angin 33psi tetapi tidak terlalu kelihatan kempes dan setir terasa enteng, begitu juga ketika menikung tidak terlalu terasa miring.
Catatan : untuk perbandingan Champiro BXT VS Dunlop SP Touring R1 aku tidak sanggup menawarkan info lebih banyak sebab menyerupai aku sebutkan diatas, ban Champiro BXT itu bukan aku pasang gres melainkan bawaan kendaraan beroda empat second dan tidak tahu sudah berapa usang dipakai.
Kesan Pakai Ban Dunlop SP Touring R1 185/60 R15
Jika disimpulkan secara singkat berikut yaitu kesan selama pakai dunlop r1 selama 2 ahad :
- Harga tidak mengecewakan murah. jikalau dibandingkan dengan Champiro BXT. Tetapi untuk harga pastinya tentu berbeda-beda tergantung ukuran, dan toko yang menjual. Jika ingin mencari yang paling murah mungkin anda sanggup membeli secara online sebab sesudah aku cek harganya hanya sekitar 560.000 – 570.000 sedangkan aku beli 600.000.
- Ban empuk, walaupun melindas jalan tidak rata terutama aspal yang bergairah sudah terlihat batu-batu kerikilnya. Begitu juga ketika melewati jalan berlubang maupun polisi tidur.
- Tidak bising, sebelumnya ketika melewati paving blok atau jalan aspal bergairah niscaya keluar bunyi gemuruh tetapi sesudah pakai Dunlop SP Touring R1 bunyi gemuruh tersebut berkurang 90% alias lebih senyap.
- Tampilan sporty, walau harganya murah tetapi berdasarkan aku tampilan ban ini cukup keren dengan telapak 4 rib dan 3 alur lebar.
- Ada bunyi nging/mendesing, mungkin ini salah satu kekurangan atau entah sebab aksara ban dari komponennya tetapi ketika melewati jalan mulus dengan kecepatan agak tinggi terdengar ada bunyi nging atau mendesing etahlah apa namanya yang terperinci ada bunyi tidak menyerupai ban sebelumnya.
Jika disingkat lagi, kesan pakai ban dunlop SP Touring R1 185/60 R15 ini cukup nyaman (comfort) tidak bising, akselerasi masih sanggup didapat sebab yang aku rasakan tarikan kendaraan beroda empat lebih enteng dibanding sebelumnya, jadi cukup cocok bagi yang mencari ban kendaraan beroda empat murah untuk penggunaan harian baik dijalan mulus maupun bergairah atau bahkan berlubang menyerupai yang aku lewati setiap hari ketika mengantar anak ke sekolah.
Itulah sedikit pengalaman dari pemula yang gres mencoba ban dunlop SP Touring R1 untuk VIOS. Saya bukan jago otomotif atau ban tetapi hanya pengguna pemula. Untuk problem spek maupun gambar lebih lengkap silahkan googling saja.
Semoga goresan pena sederhana ini sanggup sedikit membantu, terutama bagi yang sedang mencari ban kendaraan beroda empat terbaik dengan harga murah, tetapi aku sarankan sebelum memutuskan untuk membeli sebaiknya cari gosip lebih banyak lagi terutama di forum-forum yang membahas otomotif.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
