Wednesday, October 4, 2017

√ Animo Pulang Kampung Lebaran, Traffic Blog Siap-Siap Anjlok

Musim pulang kampung lebaran yang terjadi setiap tahun memang banyak ditunggu orang-orang yang merayakan hari raya idul Fitri, namun untuk para blogger pada animo libur lebaran mungkin sudah tidak asing lagi dengan fenomena penurunan traffic atau pengunjung yang cukup signifikan.

Tidak perlu khawatir, alasannya ialah biasanya penurunan jumlah pengunjung ini hanya sementara. Seperti yang dialami oleh opikini.com semenjak tanggal 30 juni 2016 kemarin sudah mulai mengalami penurunan pengunjung walau tidak terlalu signifikan alasannya ialah kalau dihitung-hitung tidak hingga 20% berkurang.

Berkurangnya visitor pada musin liburan lebaran tahun 2016 yang kemungkinan akan jatuh pada tanggal 6-7 Juli 2016 ini lebih terlihat dari pengunjung menggunakan desktop/laptop dibandingkan pengunjung yang mengakses web via smartphone.

Hal ini masuk akal saja, alasannya ialah jarang orang yang pulang kampung membawa laptop apalagi PC, tapi mereka niscaya akan membawa HP/smartphone sehingga masih dapat browsing atau mencari isu di internet.

Nah, kalau opikini.com mengalami penurunan pengunjung bagaimana dengan blog sobat? berikut ialah citra traffic yang semakin sedikit semenjak tanggal 30 Juni, dan puncaknya pada tanggal 3-4 juli 2016.

Musim pulang kampung lebaran yang terjadi setiap tahun √ Musim Mudik Lebaran, Traffic Blog Siap-siap Anjlok

Memang untuk opikini.com terlihat tidak terlalu banyak penurunannya tetapi beberapa sobat blogger ada yang mengeluh hilang pengunjungnya hingga 50%.

Walau ada penurunan bukan berarti kita sebagai blogger terutama pemula ibarat aku harus kehilangan semangat alasannya ialah biasanya insiden ini hanya sementara, dan dapat kita jadikan sebagai ajang untuk memperbaiki atau memodifkasi blog baik dari segi tampilan maupun performa misal dengan mencoba percepat loading blog wordpress kalau dirasa masih lambat.

Selain itu musin liburan yang sepi pengunjung ini juga dapat kita manfaatkan untuk memodifikasi atau memperbaiki beberapa artikel yang pernah kita tulis terutama yang sudah kurang update atau tidak konkret lagi tetapi sebelum mengedit jangan lupa untuk membackup data blog sobat semoga kalau terjadi kesalahan dapat segera kita restore atau kembalikan ibarat sebelumnya.

Nah bagaimana dengan blog sobat? apakah mengalami penurunan jumlah pengunjung? atau bahkan sebaliknya ketika lebaran ini visitor semakin bertambah? apapun yang terjadi tetap semangat dan admin opikini.com mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah tak lupa meminta maaf kalau ada goresan pena atau komentar yang kurang berkenan baik disengaja atau tidak disengaja.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com