Monday, October 9, 2017

√ Rpp Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi


Sahabat guru yang berbahagia, salam hangat kami ucapkan biar sobat guru senantiasa menerima tunjangan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dalam melakukan kiprah keseharian. Sahabat Guru kali ini kami akan menyebarkan RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi dalam bentuk soft file, RPP  ini kami kumpulkan dari aneka macam sumber yang kompeten dalam dunia pendidikan. 


RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
ini disusun menurut Permendikbud nomor 22 tahun 2016 dimana untuk pelajaran matematika dari kelas 4 dan 5 sudah dipisah dengan pembelajaran Tematik . Konskuensi dari pemishan mata pelajaran matematika tersebut guru harus menciptakan RPP Matematika secara terpisah pula. Untuk mempermudah sobat guru terutama  guru kelas 5 SD dalam menciptakan RPP matematika dan sebagai tumpuan pada posting ini kami bagikan RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 bisa pribadi unduh pada link yang telah tersedia.

Sahabat Guru, perlu dingat bahwa dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 revisi dimana pada komponen RPP harus memunculkan 4 poin penting yaitu : PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), Literasi, 4C (Critical thinking, Creative, Communicative, dan Collaborative)  atau kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir., dan HOTS( Higher Order Thinking Skill ), yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tingg (kemampuan siswa abat 21)

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi  ini tersdiri dari 5 Materi pokok, setiap Materi pokok diselesaikan dalam 18 jam pelajaran ( 6 x pertemuan ), adapun Materi pokok tersebut  adalah:
- Volume Bangun Ruang
- Jaring Bangun Ruang
- Penyajian Data Tunggal
- Interpretasi Data

Contoh RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)

Satuan Pendidikan      : ......................
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : V /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Volume Bangun Ruang
Alokasi Waktu                        : 18 JP (6 Pertemuan)

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan akseptor didik dibutuhkan sanggup
1.    Siswa sanggup mengenal bagian-bagian kubus
2.    Siswa sanggup menghitung volum kubus.
3.    Siswa sanggup mengenal bagian-bagian balok.
4.    Siswa sanggup menghitung volum balok

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5  Menjelaskan, dan memilih volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta korelasi pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
3.5.1      Memahami satuan volume
3.5.2      Menganalisis unsur dan volume kubus
3.5.3      Menganalisis unsur dan volume balok
3.5.4      Memahami cara memilih volume kubus dan balok
4.5  Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
4.5.1      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume
4.5.2      Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume

C.  MATERI PEMBELAJARAN
1.    Fakta:
Contoh-contoh gambar balok dan kubus
2.    Konsep
·      Kubus ialah balok atau prismasiku-siku khusus.
·      Balok disebut prisma siku-siku.  Balok memiliki 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
3.    Prinsip
Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan)
4.    Prosedur
·      Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume
·      Menyajikan penyelesaian problem yang berkaitan dengan volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume

D.  METODE PEMBELAJARAN
1.    Pendekatan                     :  Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran       :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Media LCD projector,
2.    Laptop,
3.    Bahan Tayang

F.   SUMBER BELAJAR
1.    Buku Siswa Matematika Kelas V Revisi 2017

Adapun pola RPP di atas tidak kami tampilkan  secara keseluruhan, untuk itu bagi sobat guru yang ingin lebih detail silakan d0wnl0ad RPP Kelas 5 Semester 2  kurikulum 2013 pada link berikut:


Baca Juga :

Demikian  Posting RPP Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi yang sanggup kami bagikan kepada sobat Guru  semua, apabila info ini bermanfaat silakan bagi dengan tombol share media yang tersedia. Terimakasih.


Sumber http://jendeladuniamaju.blogspot.com