Friday, October 6, 2017

√ Speaker Vios 2007 Sember (Kresek-Kresek) Ternyata Gara-Gara Head Unit Rusak

Opikini.com – Singkat dongeng tiba-tiba bunyi speaker vios 2007 menjadi sember atau kresek-kresek, suaranya pecah mengakibatkan tidak lezat lagi untuk menikmati bunyi musik di kendaraan beroda empat kesayangan.

Karena ingin tau dan ingin berguru sendiri wacana kendaraan beroda empat terutama untuk hal-hal yang tidak berafiliasi dengan mesin alhasil saya coba mencari penyebab kenapa bunyi audio vios AT 2007 tersebut menjadi pecah atau sember tidak menyerupai sebelumnya.

Setelah tanya-tanya diforum dan beberapa sahabat lain, alhasil saya memberanikan diri untuk membongkar head unit vios 2007 tersebut dengan tujuan untuk mengecek apakah ada kabel yang copot atau longgar dan hasilnya nihil alasannya ialah sesudah dibuka ternyata kabel-kabel yang terhubung ke head unit tersebut masih normal. Lihat juga : alarm kendaraan beroda empat bunyi sendiri.

Karena masih ingin tau dan belum ingin membawa kendaraan beroda empat kesayangan ke bengkel seorang jago audio alhasil saya cek lagi beberapa hal hingga alhasil menemukan kenapa bunyi speaker tersebut menjadi sember, nah bagi sobat pembaca yang ingin tahu cara mencari penyebabnya silahkan lanjut membaca.

Pengalaman Mencari Penyebab Speaker Vios 2007 Sember

 suaranya pecah mengakibatkan tidak lezat lagi untuk menikmati bunyi musik di kendaraan beroda empat kesayan √ Speaker Vios 2007 Sember (Kresek-kresek) Ternyata Gara-gara Head Unit Rusak

Penting : Ini bukan tips hebat tetapi hanya pengalaman pemula mendeteksi penyebab bunyi speaker jadi sember, jadi mohon maaf bila banyak kekurangan dan berikut yang saya lakukan.

Baca juga : cara melepas beling spion mobil.

1 – Cek Kondisi Speaker

Cari speaker yang masih anggun (normal) kebetulan dirumah ada sebuah speaker kendaraan beroda empat yang tidak terpakai. Setelah itu hubungkan ke head unit, yang paling simpel ialah melalui speaker belakang yang letaknya ada dibelakang dingklik penumpang.

Jadi hubungkan speaker yang masih normal tersebut ke kabel speaker belakang kemudian dengarkan apakah suaranya masih sember atau tidak, bila tidak maka sudah dapat dipastikan speaker kendaraan beroda empat kita yang rusak.

Hasil : sesudah mencoba pakai speaker lain yang masih anggun ternyata suaranya sember, selain mencoba menghubungkan dari speaker belakang saya juga coba hubungkan dari speaker yang ada di potongan pintu dan hasilnya sama saja.

2 – Periksa Head Unit.

Setelah tes pakai speaker yang masih anggun tetapi hasilnya sember juga, alhasil saya coba periksa head unit apakah masih normal atau tidak.

Untuk melaksanakan ini kita harus membongkar head unit vios dulu dan membutuhkan head unit lain (kebetulan saya pinjam dulu dari teman) atau bila sahabat tidak dapat dipinjam maka sobat dapat coba copot HU bawaan vios tersebut dan tes di kendaraan beroda empat lain.

Hasil : sesudah dicoba pakai HU lain, ternyata bunyi speaker normal (tidak sember menyerupai sebelumnya) jadi kesimpulannya penyebab bunyi sember tersebut ternyata memang head unit yang sudah rusak (kata sahabat yang suka pasang audio kendaraan beroda empat kemungkinan ada IC yang sudah rusak)

Ternyata mencari penyebab bunyi audio pada kendaraan beroda empat menjadi sember tidak terlalu sulit, tetapi memang diharapkan komponen lain untuk mencobanya menyerupai speaker dan head unit lain yang masih normal 🙂

Tambahan : Selain speaker atau head unit rusak, berdasarkan sahabat yang sudah lebih berpengalaman ada beberapa kemungkinan lain yang dapat menciptakan bunyi audio menjadi sember diantaranya : ada kabel yang terkupas/menempel ke body.

Tapi sayang untuk mengeceknya kita butuh tespen yang sudah dimodif dan dihubungkan ke alat (kalau tidak salah penjepit buaya) kemudian hubungkan penjepit buaya tersebut ke kabel strum kemudian cek dengan tespen satu persatu kabel ke speaker pada konektor, bila menyala katanya itu ada yang melekat ke body.

Setelah diketahui penyebab bunyi sember tersebut dari head unit yang rusak, mau tidak mau saya harus menabung dulu untuk membeli yang baru, belum lagi untuk vios 2007 kita harus mengganti framenya juga yang tidak mengecewakan susah dicari.

Jika sobat tidak ada speaker atau head unit lain untuk mengetes, mau tidak mau harus bawa ke toko/bengkel yang biasa memasang audio kendaraan beroda empat terdekat alasannya ialah mereka niscaya punya speaker dan head unit untuk pengetesan.

Itulah sedikit pengalaman pemula yang sedang ingin berguru memahami lebih banyak wacana mobil, maaf bila banyak kekurangan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com