Thursday, February 22, 2018

√ (Gak Susah) Cara Menentukan Gapps Yang Sempurna Kondusif | Android

Hobi oprek Android? Sama saya juga. Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah-ubah perangkat Android, salah satunya dengan memasang Custom ROM.


Di Custom ROM terdapat bermacam-macam kelebihan. Misalnya kita sanggup mendapat fitur-fitur yang sebelumnya tidak ada, hingga menciptakan HP jadi seperti berbeda brand dengan yang dipakai.


Kalau bicara soal Custom ROM, maka kita setidaknya harus sedikit paham istilah-istilah yang akan ditemui. Misalnya Flashing, Wipe, Kernel, dan lain-lain.


Termasuk GAPPS.


 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android

Jangan Lupa Baca Cara Mengatasi ERROR 7 Di TWRP Bagi Yang Ingin Flash ROM


Apa Itu GApps?


GApps ialah abreviasi dari Google Apps. GApps ini merupakan kumpulan Aplikasi dari Google yang notabene biasanya merupakan bawaan Android.


Contoh sederhananya menyerupai Playstore, Layanan Google Play dan lain-lain.


Kalau kita mau menginstall Custom ROM, maka GApps ini wajib dipasang. Alasannya tanpa GApps maka pemakaian Android sanggup tidak akan berjalan dengan semestinya.

Contohnya tanpa Playstore, maka kita akan kesulitan menginstall Aplikasi.



Cara Memilih GApps Yang Benar Dan Aman Untuk HP Android



Tidak sedikit orang yang galau perihal bagaimana caranya untuk menentukan versi GApps yang benar. Karena di situsnya sendiri, opengapps.org terdapat tiga opsi, yaitu :





  • Platform

  • Android

  • Varian



 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android



Banyak dari mereka yang takut salah pasang Aplikasinya, dan mengefek ke HP yang barangkali malah error stuck di logo atau sejenisnya.


Jangan khawatir, disini saya ingin sedikit membahas bagaimana cara untuk menentukan versi GApps apa yang perlu dipasang. Karena saya sendiri jujur saja, sudah tidak terhitung berapa kali menginstall Custom ROM hingga sekarang.



1. Platform



 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android


Platform ini maksudnya ialah jenis Chipset HP. Disini tersedia 4 jenis, yakni ARM, ARM64, X86, X86_64.


Platform ini ialah salah satu yang paling bikin orang galau waktu ingin menentukan GApps. Padahal disetiap kolom versi bahwasanya sudah ada penjelasannya. Yaitu :


ARM : Adalah jenis platform chipset HP 32bit yang biasanya digunakan HP keluaran usang (Dibawah tahun 2016), di range mid-end dan low-end.


ARM64 : Adalah jenis platform chipset HP yang sudah support 64-bit dan yang paling banyak digunakan ketika ini. Rata-rata support HP keluaran tahun 2016 keatas.


X86 : X86 merupakan jenis chipset keluaran Intel. Salah satu yang paling populer ialah ASUS Zenfone rilisan tahun 2015 (Intel ATOM).


X86_64 : Jenis platform ini jarang sekali ditemukan. Umumnya digunakan untuk Emulator Android (Untuk kebutuhan para pengembang Aplikasi).


Setidaknya disini yang penting Anda sudah sanggup sedikit citra yah? Terus gimana cara mengeceknya? Yang termudah kita sanggup gunakan Aplikasi :




  1. Install terlebih dahulu Aplikasi Droid Hardware Info dari Google Playstore

  2. Kemudian buka Aplikasinya

  3. Buka kolom Sistem

  4. Kemudian lihat pada kolom Set Instruksi disana akan terlihat jenis Platform apa yang HP Anda pakai..


 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android

Terkecuali X86_64 yang langka, umumnya ada enam jenis Platform yang mungkin bakal sering Anda temukan di Aplikasi ini :



  • ARM : Bisa ARMv7 atau Armeabi

  • ARM64 : Bisa ARM64 atau AArch64

  • X86 : Bisa X86 atau X86abi


Bagaimana? Sekarang sudah terperinci ya? Selanjutnya kita bahas pada kolom Android Version.





2. Android Version



 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android


Sebenarnya bila ini sih nggak perlu dijelaskan lagi sebenarnya. Android Version maksudnya ialah versi Android yang dipakai.


Seperti yang diketahui, setiap Android itu punya isyarat nama. Kita mungkin lebih familiar dengan sebutan makanan elok menyerupai Marshmallow, Nougat, Oreo dan sejenisnya.


Lengkapnya disini :





  • Android 5.0 = Lollipop

  • Android 5.1 = Lollipop

  • Android 6.0 = Marshmallow

  • Android 7.0 = Nougat

  • Android 7.1 = Nougat

  • Android 8.0 = Oreo

  • Android 8.1 = Oreo

  • Android 9.0 = Pie 


Dan seterusnya. Sedangkan untuk mengecek versi Android yang ketika ini digunakan sanggup diketahui dari Setelan →  Tentang HP.


Namun untuk Custom ROM bukan begitu, kita hanya perlu menyesuaikan saja dengan sistem yang ingin diinstall. Pastikan sama.


3. Variant



 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android


Nah, inilah yang sanggup dibilang pembahasan utama. Sama menyerupai problem Platform tadi, nggak sedikit orang yang galau versi GApps apa yang perlu mereka install.


Padahal nggak sesulit itu loh..


Bedanya apa sih? Bedanya hanya ada pada kelengkapan Aplikasi dari GApps ketika diiinstall. Misalnya di versi nano terdapat 10 Aplikasi, sedangkan di versi super terdapat 35 Aplikasi (Misalnya).



Jenis Variant GApps



TV Stock : TV Stock ini ialah GApps versi khusus untuk Smart TV. Untuk HP jangan dipilih alasannya ialah beda penggunaan.


Pico : Jenis varian yang paling kecil sizenya. Hanya terdapat Aplikasi Google untuk fungsi dasar HP saja.


Nano : Kurang lebih sama menyerupai Pico. Hanya saja di versi Nano kita sanggup mendapat beberapa pilihan penginstallan lain yang akan otomatis terpasang.


Micro : Micro mempunyai beberapa perhiasan Aplikasi Google menyerupai Calendar, Gmail, dan Google Now yang tentunya lebih lengkap dari Nano.


Mini : Kelengkapan Aplikasi dari GApps versi Mini umum kita temukan di HP-HP yang sudah dioptimasi. Terdapat beberapa Aplikasi perhiasan contohnya Calculator, Desk, Messages dan lain-lain.


Full Size : Ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan lebih banyak Aplikasi-aplikasi dari Google.


Stock : Versi Stock ini jumlah Aplikasinya setara dengan HP-HP keluaran sekarang. Contoh sumbangan Aplikasinya ialah VR Services dan Print Services.


Super : Adalah versi terlengkap dari GApps. Terdapat banyak sekali perhiasan fitur lain contohnya menyerupai Keyboard.


Aroma : Versi ini lebih kepada Anda yang ingin melaksanakan custom Aplikasi apa saja yang mau diinstall.



Variant Apa Yang Harus Dipilih?


Bebas sih. Tergantung kebutuhan. Saya sendiri biasanya hanya install yang Nano atau Micro dengan alasan supaya lebih ekonomis kuota hehe.


Kalau mau lebih baiklah sih direkomendasikan sanggup coba Full Size, Stock, atau Super supaya nanti nggak perlu repot-repot lagi install Aplikasi perhiasan dari Google Play (Yang belum ada di Variant-variant GApps sebelumnya).



Kesimpulan




  • Untuk menyesuaikan kolom Platform kita sanggup memakai Aplikasi Droid Hardware Info

  • Selanjutnya sesuaikan Android Version dengan versi Android dari Custom ROM yang ingin diinstall.

  • Lalu pilih jenis Variant GApps sesuai kebutuhan (Bebas) asal jangan yang TV Stock.



Cara Menginstall GApps



Cara menginstall GApps bahwasanya sama saja menyerupai install Custom ROM biasa. GApps ini bentuknya file Zip.



 Ada banyak hal yang sanggup kita lakukan ketika ingin mengubah √ (Gak Susah) Cara Memilih GApps Yang Tepat  Aman | Android


Jadi Anda tinggal memasukkan datanya ke kartu memori kemudian flash melalui Recovery (CWM atau TWRP).


Kurang lebih langkah-langkahnya begini :





  1. Salin data GApps ke kartu memori kemudian masukkan kembali ke HP

  2. Nyalakan HP dengan menekan tombol Power + Volume Up + Volume Down

  3. Tunggu hingga masuk ke mode Recovery

  4. Kemudian pilih hidangan Install

  5. Selanjutnya Install file Zip GApps yang telah disimpan ke kartu memori tadi


Kalau sudah tinggal restart saja. Maka Aplikasi-aplikasi Google akan otomatis terinstall ketika HP sudah masuk ke sistem.


Penutup



Begitulah panduan singkat cara menentukan GApps untuk diinstall di HP. Tidak begitu sulit, namun untuk orang-orang yang masih belum paham dan belum begitu familiar dengan Recovery maka akan galau bagaimana cara memilihnya.


Disini penjelasannya saya buat semudah mungkin untuk dipahami. Namun saya buat juga selengkap mungkin semoga Anda nggak kekurangan informasi.


Dan bila ada yang mau ditanyakan, saya nggak menutup kemungkinan untuk menjawab setiap pertanyaan yang masuk lewat kolom komentar dibawah.


Semoga bermanfaat.



Sumber http://www.leskompi.comm