Friday, February 23, 2018

√ Memakai Subdomain Di Blogger Tanpa Beli Hosting

Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting √ Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting

Tentang domain dan subdomain

Saat ini sebagian besar blog yang beredar di internet Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Baik dari segi jumlah/quantitas maupun dari segi kualitas. Pasalnya tidak jarang blog-blog Indonesia menjadi materi rujukan orang-orang dari luar negeri, beik itu lantaran memang berbahasa Inggris atau juga di-translate ke bahasa asing.

Salah satu indikator perkembangannya juga yakni banyaknya blog-blog di internet yang telah memakai domain, baik domain internasional menyerupai .com .net dan lainnya, namun juga sudah banyak yang memakai .id .web.id dan .my.id, salah satunya yakni pintaramp.id.

Subdomain di Blogger

Bagi pengguna domain di internet tentunya sudah tidak absurd dengan sebutan subdomain. Subdomain merupakan nama bab yang digabungkan dengan nama domain utama. Misalnya maringngerrang.com merupakan domain utama dan code.maringngerrang.com merupakan subdomain dengan nama subdomain "code".

Ada sebuah anggapan yang keliru di dunia internet yang menyampaikan bahwa kalau cuma beli domain di internet, maka tidak sanggup memakai subdomain. Ternyata anggapan tersebut salah. Karena sebetulnya kalau kita telah membeli hosting, maka kita bebas memakai subdomain sebanyak apapun yang kita inginkan, termasuk menggunakan subdomain di Blogger.

Jika kau tidak percaya, sanggup lihat di sini, di sini, ataupun di sini. Semua alamat tersebut dibentuk tanpa memakai Cpanel dan tanpa membeli hosting, selain lantaran memang tidak punya.

Menggunakan subdomain tanpa Hosting dan tanpa Cpanel

Oleh lantaran itu dalam posting kali ini akan dibahas wacana bagaimana cara menciptakan dan memakai subdomain di Blogger tanpa memakai Cpanel dan tanpa membeli hosting sama sekali. Yang dibutuhkan hanyalah membeli domain tentunya.

Tambahkan admin gres dulu
Jika kau sudah memakai alamat domain utama kau di blog lain di Blogger, maka gunakan akun Blogger yang berbeda untuk menambahkan subdomain, biar sanggup memakai aba-aba DNS yang berbeda.

Misalnya saya telah memakai maringngerrang.com di blog ini, kemudian ingin memakai blog.maringngerrang.com pada sebuah blog di Blogger, maka saya harus memakai akun Gmail yang berbeda dengan akun gmail yang saya pakai pada dikala

Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Blogger
  2. Pada bab Setelan klik link + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda
  3. Masukkan alamat subdomain yang ingin kau gunakan, contohnya blog.domainkamu.com
  4. Klik tombol Simpan
  5. Saat muncul peringatan Kami tidak sanggup memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini biarkan saja dan jangan keluar dari tab tersebut
  6. Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting √ Menggunakan Subdomain di Blogger Tanpa Beli Hosting

  7. Selanjutnya buka situs penyedia layanan domain yang kau gunakan
  8. Buka pengaturan DNS untuk menambahkan record baru
  9. Jika kau belum pernah memakai domain tersebut di Blogger, maka kau perlu menambahkan record dengan jenis A record yang mengarah ke IP address Google berikut ini: (tetapi kalau sudah pernah menambahkannya lewati langkah ini)
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
  10. Kemudian tambahkan record dengan jenis "CNAME" yang berisi nilai sesuai dengan yang muncul pada langkah 5. Copy teks yang muncul pada halaman tersebut dan tambahkan pada DNS di domain kamu. Makara selain 4 IP address di atas, ada 2 record CNAME yang ditambahkan. Pada langkah inilah yang menjadi alasannya yakni kenapa kau harus memakai akun yang berbeda, lantaran kalau memakai akun yang sama dikala menambahkan domain utama, maka aba-aba record CNAME yang ditambahkan akan sama, sedangkan kalau memakai akun berbeda tentu akan berbeda juga
  11. Kembali ke halaman Blogger sebelumnya, tekan tombol Simpan. Jika masih gagal, maka coba tunggu sekitar 15 menit kemudian coba lagi tekan tombol Simpan tersebut

Proses ini biasanya membutuhkan waktu hingga 30 menit atau lebih lama, tergantung performa penyedia layanan domain yang kau gunakan. Cukup bersabar dan tunggu hingga proses pengalihan selesai. Jika telah berhasil, maka kau akan menemukan alamat blog kau sudah memakai subdomain.

Penutup

Itulah langkah-langkah yang sanggup kau gunakan untuk menciptakan dan memakai subdomain di blogger tanpa membeli hosting dan tanpa memakai cpanel. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk kamu, kalau ada hal-hal yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada komentar di bawah atau melalui halaman contact blog ini. Terima kasih dan hingga jumpa!
Sumber http://www.maringngerrang.com/