Sunday, February 25, 2018

√ Metode Menghafal Alquran Dengan Gampang “Metode Talaqqi”

Metode Menghafal Alquran, untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur’an hendaknya ia memperhatikan niat dan tujuan ia dalam menghafal Al Alquran terlebih dahulu. Perbaiki niat menghafal alasannya hanya alasannya Allah SWT saja.


Dengan kita niat dengan benar, maka Allah akan memperlihatkan kemudahan, kepada kita dalam menghafal alquran. Dan semoga allah menjauhkan diri kita terhadap sifat malas, dan sifat bosan.


Dalam menghafal al qur’an, akan terasa lebih berbeda antara niat yang salah dan niat yang benar. Saat proses menghafal Al Qur’an akan mempengaruhi proses dikala menghafal alquran.


 



Memperbaiki Niat Menghafal Al-Qur’an


 untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur √ Metode Menghafal Alquran Dengan Praktis “Metode Talaqqi”

amaliah-astra.com


Niat menghafal Al Qur’an, jangan hingga salah jangan kita menghafal al-qur’an hanya alasannya ingin mengejar sasaran bahan ujian, atau hanya ingin ikut dalam perlombaan. Atau alasannya hal yang lain dalam menghafal.


Maka dari itu, perbaiki niat terlebih dahulu sebelum kita hendak menghafal Al Qur’an, bila sudah membenarkan niat. Baru kita mencar ilmu membaca Al-Qur’an memperbaiki makhorijul huruf, bila sudah lancar gres kita memulai menghafal Al-Qur’an.


Sebelum menghafal kita juga harus mencari metode menghafal alquran, yang gampang di gunakan dalam menghafal alquran yang sanggup kita terapkan. Dalam menghafal alquran dengan cepat dan tidak gampang lupa, Banyak sekali metode menghafal AlQuran, yang sanggup memudahkan kita dalam menghafal alquran.


Salah satunya berdasarkan saya yang sudah saya pelajari dalam menghafal al-qur’an, yaitu memakai metode Talaqqi. Nah sebelum masuk pembahasan, mengenai metode ini, menghafal al qur’an memakai metode talaqqi, sebelum itu kita fahami terlebih dahulu mengenai.


 


Pengertian Metode Talaqqi


 untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur √ Metode Menghafal Alquran Dengan Praktis “Metode Talaqqi”





style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-5072032675768050"
data-ad-slot="7868733699">




KinerjaAktif.com


Apa itu Metode Talaqqi, metode talaqqi ialah sebuah cara mencar ilmu dan mengajar Al-Qur’an yang telah Rosulullah contohkan. Kepada para sobat beliau, dan kemudian oleh para sobat dan diteruskan ke generasi selanjutnya.


Metode ini sangat terbukti, paling gampang dalam mengajarkan bacaan Al-Qur’an dan untuk memudahkan dalam menghafal Al-Qur’an dan memperbaiki bacaan al-qur’an.


Sangat gampang di terapakan kepada semua kalangan, baik sebagai metode menghafal alquran untuk anak, atau juga sanggup di terapkan untuk metode menghafal alquran untuk dewasa. Dalam mencar ilmu memperbaiki bacaan dan memperbaiki hafalan al-quran.


 


Pengertian Talaqqi Dalam Segi Bahasa


 untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur √ Metode Menghafal Alquran Dengan Praktis “Metode Talaqqi”

abiummi.com


Talaqqi dari segi bahasa diambil dari perkataan yang merupakan mencar ilmu secara eksklusif berhadapan dengan guru langsung. Sering juga di sebut sebagai. Mustafahah yang berarti mencar ilmu dari verbal ke mulut


atau makna lebih mudahnya mencar ilmu Al Qur’an, dengan memperhatikan gerak bibir guru. Untuk mendapatkan pengucapan makhorijul aksara dengan benar dari guru yang mengajar.


Berdasarkan sumber-sumber dari Al-Qur’an dan Al-Sunnah telah di jelaskan dan ditunjukan, bahwa metode Talaqqi dan Musyafahah. Telah diamalkan dalam pengajaran dan pembelajaran al-qur’an semenjak dari awal penurunan wahyu kepada Rosulullah SAW.


 


Metode Talaqqi Nabi Muhammad SAW


 untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur √ Metode Menghafal Alquran Dengan Praktis “Metode Talaqqi”

satujam.com


Nabi muhammad SAW, dikala mendapatkan wahyu dia buta huruf, tidak sanggup membaca, dan jibril menyuruh nabi muhammad untuk membaca sebagaimana wahyu pertama yang turun dalam ayat al-qur’an surat al-alaq ayat 1 yang berbunyi.


اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ


“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” (QS:Al-‘Alaq | Ayat: 1).


Dari sekian banyak kalimat, Allah pilih “Iqra” sebagai kalimat pertama yang Dia turunkan. Padahal Rasulullah ﷺ tidak sanggup baca dan tulis.


Kita semua tau, bahwa Al-Qur’an di sampaikan kepada Nabi Muhammad, salah satunya melalui jalur talaqqi. dari malaikat Jibril, bahkan setiap tahun Nabi mengulang hafalan Al-Qur’an, yang telah di hafal dia di depan Malaikat Jibril. Simak vidio dibawah biar lebih faham.


Penjelasan Metode TALLAQI




Memulai Metode Talaqqi


 untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur √ Metode Menghafal Alquran Dengan Praktis “Metode Talaqqi”

katawarta.com


Cara memulai mencar ilmu metode Talaqqi, yaitu mencar ilmu antara guru dan murid, mencar ilmu secara eksklusif face to face berhadapan di depan guru secara langsung.


yang mana sang guru membacakan ayat dengan di penggal mulai dari perkata, di ulang beberapa kali hingga hafal. Dan di lanjut ke kata selanjutnya, gres di sambung ke ayat beriutnya, hingga  kemudian kami mengikuti per ayat dan hingga satu lembar, itu di lakukan berulang kali, dan kami mengikutinya.


Ada yang unik dari metode ini ialah dihentikan membawa mushaf atau membaca ketika proses talaqqi berlangsung.


Jadi kita memang harus konsentrasi mendengar ayat demi ayat yang dibacakan oleh sang guru, yang mulai kami hafal, sehingga dalam metode talaqqi yang saya pelajari harus fokus terhadap ayat yang di bacakan oleh guru.


 


Metode Menghafal Alquran Lebih Kuat dan Tahan Lama


 untuk seorang yang ingin menghafal Al Qur √ Metode Menghafal Alquran Dengan Praktis “Metode Talaqqi”

Reportaseterkini.net


Karena dalam menghafal memakai metode talaqqi ini, dimana cara menghafalnya dengan cara di dengar berulang-ulang. dan di tirukan berulang ulang. akan memudahkan kami dalam meniru, dan mengingat.


Sehingga dalam segi tahan usang hafalan dan makhorijul huruf.  yang telah guru sampaikan ayat per ayat. Dapat kami tirukan baik nada dan panjang pendek ayat yang telah di sampaikan, dan kami sanggup eksklusif praktekan dengan daya konsentrasi yang lebih kuat. Karena sering di ulang-ulang.




Sumber https://infoana.comm