Wednesday, February 28, 2018

√ Pengertian Transmigrasi Adalah

Assalammualaikum, Selamat tiba di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas wacana pelajaran Geografi yaitu Tentang “Transmigrasi“. Berikut dibawah ini penjelasannya:


 Disini Ibu Guru akan membahas wacana pelajaran  √ Pengertian Transmigrasi adalah



Pengertian Transmigrasi


Transmigrasi yaitu suatu jadwal yang dibentuk untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat (kota) ke daerah yang tidak terlalu padat (desa) di dalam daerah Indonesia.




Tujuan Transmigrasi


Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari transmigrasi, antara lain:



  1. Mengembangkan tarif hidup transmigran.

  2. Pemerataan penduduk di daerah tertentu.

  3. Sumber daya tenaga di daerah yang kaya sumber daya alam (dikelola).

  4. Mengembangkan atau memperkuat keamanan nasional.

  5. Mengembangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

  6. Membuka peluang ekonomi.

  7. Membuka lapangan kerja (hampir sama dengan potensi ekonomi).




Jenis-Jenis Transmigrasi


Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis dari transmigrasi, antara lain:






  • Transmigrasi Umum




Transmigrasi umum merupakan jenis transmigrasi yang berlaku pada orang-orang yang melaksanakan perpindahan ke suatu daerah atau tempat di wilayah tertentu yang biayanya semua ditanggung oleh pemerintah. Para transmigran akan dibawa dalam rombongan ke tempat atau daerah yang baru.






  • Transmigrasi Spontan




Transmigrasi impulsif merupakan jenis transmigrasi yang merupakan bentuk transmigrasi yang dilakukan oleh orang-orang yang ingin menjadi transmigran atas kemauan sendiri dan dengan biaya perjalanan sendiri.






  • Transmigarsi Sektoral




Transmigrasi sektoral merupakan jenis transmigrasi yang dilakukan oleh para transmigran yang biayanya dan banyak sekali keperluan perpindahan ditanggung tolong-menolong oleh daerah yang dituju dan daerah asalnya.






  • Transmigrasi Swakarsa




Transmigrasi swakarsa merupakan transmigrasi yang dilakukan dengan sistem yang diselenggarakan dan segala sesuatu diatur oleh Departemen Transmigrasi dan kemudian para transmigran akan diberikan tanah untuk dikelola atau dipergunakan.






  • Transmigrasi Khusus




Transmigrasi khusus merupakan transmigrasi yang diselenggarakan secara khusus lantaran adanya pembangunan atau pelaksanaan proyek tertentu.






  • Transmigrasi Ruralisasi




Transmigrasi ruralisasi merupakan transmigrasi yang terjadi lantaran disebabkan oleh kembalinya para pelaku urbanisasi ke tempat atau daerah asal mereka.






  • Transmigrasi Forensen




Transmigrasi forensen merupakan transmigrasi yang dilakukan oleh mereka yang tinggal di desa yang kemudian bekerja di kota atau bekerja pulang dan pergi.






  • Transmigrasi Keluarga




Transmigrasi keluarga merupakan suatu acara perpindahan yang dilakukan oleh para transmigran yang semua biaya ditanggung oleh keluarga para transmigran.






  • Transmigrasi Bedol Desa




Transmigrasi bedol desa merupakan metode transmigrasi yang melibatkan seluruh penduduk serta aparaturnya dari satu atau lebih desa dikarenakan adanya rencana proyek tertentu oleh pemerintah.






  • Transmigrasi Lokal




Transmigrasi lokal merupakan metode transmigrasi yang para transmigran melaksanakan perpindahan dari satu provinsi ke provinsi lainnya yang berbeda. Masalah pembiayaan, para transmigran lokal menerima tangguan biaya dari Departemen Transmigrasi.






  • Transmigrasi Bekas msdhdfang




Transmigrasi bekas p0juang merupakan jenis transmigrasi para bekas p0juang ibarat mantan anggota ABRI yang pada dikala tertentu sudah pensiun.




Manfaat Transmigrasi


Meningkatkan kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitarnya, peningkatan dan pemerataan pembangunan daerah, serta memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.


Penyelenggaraan transmigrasi memiliki sasaran untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitas masyarakat transmigrasi, membangun kemandirian, dan mewujudkan integrasi di permukiman transmigrasi sehingga ekonomi dan sosial budaya bisa tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.




Dampak Transmigrasi


Berikut ini terdapat beberapa bagain dari efek transmigrasi, antara lain:




1. Dampak Negatif Transmigrasi


Berikut ini terdapat beberapa efek negatif transmigrasi, yakni:



  1. Taraf hidup transmigran menurun. Hal berikut bisa terjadi lantaran tempat tujuan memiliki potensi pertanian yang rendah. Dan apabila transmigrasn berasal dari daerah nonpertanian dan tidak bisa bercocok tanam.

  2. Mempercepat penebangan hutan. Bila transmigran banyak, maka otomatis pohon-pohon disekitar akan ditebang dan menjadi tempat hunian gres bagi para transmigran.

  3. Perseteruan antarsuku. Terkadang perseteruan terjadi antara para transmigran dengan penduduk orisinil wilayah yang dituju.

  4. Menghabiskan anggaran negara dalam jumlah besar. Hal ini terjadi bila transmigrasi umum, lantaran memang membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk melaksanakan perpindahan penduduk.

  5. Transmigran merasa tidak betah tinggal di daerah tujuan transmigrasi.

  6. Penduduk lokal merasa terpinggirkan dengan adanya para transmigran.




2. Dampak Positif Transmigrasi


Berikut ini terdapat beberapa efek konkret transmigrasi, yakni:



  • Lahan kosong bisa dimanfaatkan. Salah satu syarat daerah transmigrasi tujuan yaitu melimpahnya lahan kosong. Lahan ini dimanfaatkan untuk transmigran secara baik, optimal dan bisa juga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

  • Kehidupan transmigran menjadi lebih baik. Lapangan kerja yang luas menciptakan transmigran memiliki penghasilan yang layan dan bisa hidup lebih baik daripada daerah asalnya.

  • Meningkatkan produksi pertanian. Seperti yang kita bilang tadi pada poin pertama, jikalau lahan kosong dimanfaatkan dengan baik makan akan meningkatkan produksi pertanian di daerah transmigrasi.

  • Mengurangi jumlah pengangguran.  Lapangan pekerjaan di daerah yang dituju cukup luas, jadi akan mengurangi jumlah pengangguran para transmigran.

  • Mempercepat pemerataan penduduk

  • Meningkatkan persatuan dan kesatuan.




Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Pengertian Transmigrasi, Tujuan, Jenis, Manfaat dan Dampak


Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!




Baca Artikel Lainnya:




Sumber aciknadzirah.blogspot.com