Sunday, February 18, 2018

√ Wifi Tidak Terdeteksi Di Laptop? Berikut Lantaran Dan Cara Mengatasinya

 Jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang satu ini sudah banyak dikenal orang dan mem √ WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop - Jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang satu ini sudah banyak dikenal orang dan memang lebih disukai dibandingkan jaringan kabel. Bagaimana tidak, teknologi wifi ini dapat mempermudah dalam menggunakannya dan memiliki kecepatan internet yang sama saja dengan jaringan kabel.

Laptop ialah salah satu perangkat yang ketika ini niscaya sudah dapat mendeteksi atau menghubungkan ke wifi, hal itu berkat pertolongan alat embel-embel yang ada di motherboard. Akan tetapi ada beberapa laptop yang tidak dapat mendeteksi wifi.

Masalah wifi tidak terdeteksi di laptop menyerupai itu tentu menjadi dilema besar, terutama bagi orang yang sangat butuh dengan internet. Karena salah satu kelebihan laptop yaitu dapat mendeteksi dan terhubung ke wifi tanpa kita membeli alat embel-embel sendiri, dalam artian sudah bawaan pabrik.

Dengan adanya fitur tersebutlah orang lebih gampang membawa laptop kesana - sini tanpa kehilangan jaringan internet. Namun apabila wifi sudah tidak dapat ditemukan tentu akan sangat ribet, apalagi harus memasang alat embel-embel lagi sebagai gantinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi Laptop

Pada kesempatan kali ini saya ingin menunjukkan informasi wacana penyebab dan cara mengatasi dilema wifi pada laptop menyerupai itu yang mana dapat mengakibatkan laptop tidak dapat terhubung wifi. berikut penjelasannya.

1. Pastikan WiFi Tidak di Hide SSID

Hal pertama ketika laptop tidka dapat mendeteksi wifi ialah memastikan bahwa kerusakan ada di laptop atau memang ada kesalahan kecil di modem wifi tersebut. Karena dapat saja wifi tidak ditemukan menyerupai itu lantaran memang fitur Hide SSID sedang dalam keadaan aktif.

Sederhanya fitur tersebut menyembunyikan nama wifi biar terhindar dari pencurian. Makara silahkan untuk memastikan bahwa wifi tidak disembunyikan.

Selengkapnya : Cara Hide SSID WiFi di Semua Jenis Modem.

Di artikel tersebut menjelaskan cara menyembunyikan wifi. Adapun biar wifi terdeteksi tinggal matikan saja fitur tersebut.

2. Pastikan Bahwa WiFi di Laptop Sudah Menyala

 Jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang satu ini sudah banyak dikenal orang dan mem √ WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini memang semua laptop sudah tersedia fitur wifi, akan tetapi fitur tersebut tidak menyala secara otomatis di semua brand laptop. Dalam artian ada beberapa brand dan seri laptop yang harus dinyalakan terlebih dahulu fiturnya biar dapat mendeteksi wifi.

Cara menyalakan wifi di semua brand laptop niscaya berbeda - beda. Sederhanya lihat icon wifi di keyboard dan tekan tombol tersebut atau ada juga yang diawali dengan menekan tombol (Fn + WiFi) dalam mengaktifkannya.

3. Tombol WiFi Sudah Rusak

Kerusakan pada keyboard ialah hal yang wajar, dimana biasanya tergantung dari pemakaian dan kualitas keyboard tersebut. Ketika kau mencoba memakai cara kedua diatas tapi wifi masih tidak terdeteksi, dapat saja dilema nya ada di tombol wifi yang memang sudah rusak.

Tapi hening saja lantaran kau masih dapat mengaktifkannya melalui Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings. Di belahan ini kau akan melihat beberapa adapter yang ada, tapi fokus ke adapter wifi. Kemudian klik kanan pada adapter tersebut dan pilih Enable.

Contohnya lihat gambar di bawah ini :

 Jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang satu ini sudah banyak dikenal orang dan mem √ WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya

4. Pastikan Driver Sudah Terinstall

Setiap komponen yang menancap ke motherboard memerlukan driver biar komponen tersebut dapat berjalan sesuai fungsinya masing - masing. Makara dapat dibilang bahwa driver tersebut ialah satuan perintah yang diberikan ke setiap komponen.

Jangankan tidak di install driver, driver yang tidak cocok saja dapat mengakibatkan komponen tidak bekerja.

Silahkan masuk lagi ke Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager. Kemudian klik pada Network adapters dan pastikan bahwa tidak ada tanda merah di adapter wifi. Contohnya menyerupai gambar di bawah ini :

 Jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang satu ini sudah banyak dikenal orang dan mem √ WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya

Apabila ada tanda merah itu artinya driver belum terinstall atau tidak bekerja. Maka solusinya cari driver wifi yang cocok dengan brand dan seri laptop yang kau gunakan biar laptop dapat mendeteksi wifi kembali.

5. Pastikan Tidak Ada Error Sistem

Seharusnya dengan melaksanakan salah satu dari cara keempat diatas sudah dapat mengatasi wifi tidak terdeteksi di laptop dan sudah dapat connect hotspot kembali. Akan tetapi dapat saja dilema ada pada sistem operasi yang kau gunakan.

Sistem operasi disini ialah windows yang dipakai dan biasanya error lantaran serangan virus atau partisi sistem yang sudah penuh. Apabila masih ingin tau laptop tidak dapat connect hotspot, silahkan lakukan install ulang windows dan install juga semua driver dengan versi terbaru.

6. Komponen Sudah Rusak

Tidak ada alasan lain apabila sudah melaksanakan semua cara memperbaiki wifi laptop yang tidak dapat connect diatas. Akan tetapi laptop masih tidak dapat mendeteksi wifi, maka kemungkinan besra disebabkan oleh komponen atau adapter wifi yang sudah rusak.

Saya sarankan untuk membawa laptop ke kawasan service biar dapat dilakukan investigasi lebih lanjut dan mengganti dengan adapter wifi yang baru. Tapi terang siapkan budget kurang lebih Rp. 500.000 untuk memperbaiki dilema wifi yang tidak terdeteksi di laptop.

Solusi Lain yang Lebih Murah

Dalam laptop, adapter wifi biasanya berbentuk M.2 dalam artian berukuran kecil dan melekat ke motherboard. Memang jenis M.2 tersebut sangat efisien dalam urusan kawasan dan juga tidak terlihat lantaran memang berada di motherboard.

Akan tetapi apabila adapter tersebut rusak dan ingin mengganti kembali dengan adapter menyerupai itu juga, kau harus menyiapkan budget yang tidak mengecewakan besar. Untuk info harga silahkan searching "harga m.2 wifi laptop".

Ada solusi alternatif apabila ingin irit budget, yaitu memakai "USB Wireless". Karena dapat kau beli mulai dari harga Rp. 20.000. Tapi kelemahannya tidak terlalu tahan usang dan terkadang orang lupa menyimpannya lantaran memang berbentuk usb kecil, menyerupai gambar dibawah ini :

 Jenis jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang satu ini sudah banyak dikenal orang dan mem √ WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop? Berikut Sebab dan Cara Mengatasinya

Penutup

Cukup sekian untuk artikel kali ini dan itulah kenapa wifi tidak terdeteksi di laptop yang berakibat laptop tidak dapat connect hotspot apapun. Silahkan gunakan cara pertama dan lanjutkan ke cara selanjutnya apabila masih belum dapat memperbaiki laptop yang tidak dapat connect wifi.

Sumber http://www.siddiqrn.net/