Thursday, March 1, 2018

√ Pengertian Garis Bujur Dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap


Pengertian Garis Bujur dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap


Assalammualaikum, Selamat tiba di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas perihal pelajaran Geografi yaitu Tentang “Garis Bujur dan Garis Lintang“. Berikut dibawah ini penjelasannya:


 Pengertian Garis Bujur dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap √ Pengertian Garis Bujur dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap


Jika kita menunjukkan suatu lokasi, kita menunjukkan dengan sebuah kordinat dimana kordinat tersebut perwakilah dari garis lintang ( Latitude) dan garis bujur (Longtitude).


Apabila anda seorang developer yang sering berinteraksi dengan Google Maps, tentunya sudah tidak absurd yang namanya Garis Lintang ( Latitude) dan Garis Bujur (Longtitude). Lalu kira-kira tahukan anda pengertian dari kedua kata tersebut (Garis Lintang dan Garis Bujur) ?




Pengertian Garis Bujur


Garis Bujur merupakan garis imajiner yang berbentuk garis lurus yang mempertautkan bumi dari kutub utara sampai kutub selatan.  Karena garis bujur mengikuti bentuk bumi yang bulat, maka garis bujur mempunyai besaran 360 derajat.


Garis-garis bujur digunakan untuk memilih waktu dan tanggal di seluruh bumi.


Apabila pada Garis Lintang, tempat yang dilalui garis khatulistiwa (equator) dianggap sebagai nol derajat, untuk Garis Bujur, tempat yang dianggap sebagai nol derajat ialah garis dari kutub utara ke kutub selatan yang sempurna melintasi kota Greenwich di Inggris.


Jadi, garis bujur yang berada di sebelah barat Greenwich disebut Bujur Barat dan garis yang berada disebelah timur disebut Bujur Timur. Jarak kedua garis bujur itu dari Greenwich sampai pada batas 180º (seratus delapan puluh derajat). Pada jarak itu, Bujur Barat dan Bujur Timur kembali bertemu. Garis bujur inilah yang pada perkembangannya dijadikan sebagai patokan dalam memilih waktu di aneka macam belahan dunia.




Fungsi Garis Bujur


Garis bujur disamping bisas digunakan menjadi penunjukan sebuah kordinat lokasi bersama dengan garis lintang, garis bujur sanggup juga digunakan untuk menunjukkan pembagian zona waktu.




Pengertian Garis Lintang


Garis lintang merupakan garis maya yang melingkar bumi ditarik dari arah barat sampai timur atau garis khayal yang digunakan untuk memilih lokasi di bumi terhadap garis khatulistiwa.


Garis lintang yang berada di belahan bumi utara disebut garis lintang utara besarnya dari 0° hingg 90° LU, semakin ke Utara panjangnya semakin kecil bahkan pada 90° LU hanya berupa titik yaitu titik Kutub Utara.


Garis lintang yang berada di belahan bumi selatan disebut garis lintang selatan besarnya dari 0° sampai 90° LS, semakin ke selatan panjangnya semakin kecil bahkan pada 90° LS hanya berupa titik yaitu titik Kutub Selatan.


Garis lintang 0 derajat disebut juga dengan garis khatulistiwa atau garis ekuator dimana membagi bumi menjadi dua bab yang sama besar antara belahan bumi bab selatan dengan utara.




Fungsi Garis Lintang


Disamping berfungsi dalam menunjukkan sebuah kordinat lokasi bersama dengan garis bujur, fungsi lain dari garis lintang sanggup digunakan sebagai penanda dalam pembagian zona iklim di muka bumi.


Seperti yang kita ketahui bahwa tempat tropis menerima paparan matahari sepanjang waktu saat siang haris mempunyai rentang garis lintang di antara 23 ½ derajat LU sampai 23 ½ derajat LS.


Oleh lantaran itu, tempat tropis hanya mempunyai dua musim, yaitu ekspresi dominan panas dan ekspresi dominan hujan.


Untuk daerah-daerah yang terletak antara 23 ½ derajat LU dan 66 ½ derajat LU, dan antara 23 ½ derajat LS dan 66 ½ derajat LS disebut sebagai tempat subtropis dan tempat tersebut mempunyai 4 musim, antara laian;



  1. Musim panas

  2. Musim dingin

  3. Musim gugur

  4. Musim semi


Jika kita tinggal di tempat kutub utara atau kutub selatan, kita hanya akan menemukan satu kali siang dan satu kali malam dalam setahun (365 hari).


 


Demikian Penjelasan Pelajaran IPS-Geografi Tentang Pengertian Garis Bujur dan Garis Lintang Serta Fungsi Lengkap


Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!


 


Baca Artikel Lainnya:




Sumber aciknadzirah.blogspot.com